Uva Ursi: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Jun 25, 2019 Update terakhir: Jan 19, 2020 Tinjau pada Sep 17, 2019 Waktu baca: 2 menit

Uva ursi adalah tanaman semak yang menghasilkan buah berwarna merah dan berkembang di hutan alpine di berbagai daerah (Amerika Utara, Eropa, Semenanjung Iberia, Siberia, dan Himalaya). Uva ursi tumbuh pada tempat-tempat di mana tanaman lain tidak dapat tumbuh, seperti di dinding-dinding lembah.

Uva ursi digunakan untuk gangguan saluran kemih, termasuk infeksi ginjal, kandung kemih, dan uretra; pembengkakan (radang) saluran kemih; peningkatan buang air kecil; nyeri ketika buang air kecil; dan urin yang mengandung asam urat berlebih. Uva ursi juga digunakan untuk sembelit dan bronkitis.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Uva ursi, hop, dan daun peppermint juga digunakan sebagai kombinasi untuk mengobati nyeribuang air kecil. Kandungan yang dimiliki tanaman ini antara lain arbutin dan hydroquinone. Tanaman ini juga mengandung tanin yang membantu mengecilkan dan mengencangkan selaput lendir di tubuh.

Mengenai Uva Ursi

  • Golongan: Arctostaphylos uva-ursi (L.), dari famili Ericaceae, obat herbal
  • Kemasan: tablet, kapsul
  • Kandungan:arbutin, hydroquinone, tanin

Manfaat penggunaan Uva Ursi

Efek Samping penggunaan Uva Ursi

Uva ursi aman bagi kebanyakan orang dewasa jika diminum dalam jangka pendek (hingga satu bulan). Penggunaan uva ursi dapat menyebabkan mual, muntah, gangguan lambung, dan perubahan warna urin menjadi coklat kehijauan.

Namun, uva ursi tidak aman bila diminum dalam dosis tinggi atau jangka panjang. Efek yang dapat terjadi adalah kerusakan hati, gangguan penglihatan, masalah pernapasan, kejang, hingga kematian.

Dosis

Dosis penggunaan uva ursi yang tepat tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, riwayat kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. 

Pada saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis yang tepat untuk uva ursi.  

Untuk infeksi saluran kemih, umumnya dosis penggunaan hingga 10 gram daun uva ursi setiap hari, setara dengan arbutin 400 hingga 840 mg. Pastikan untuk mengikuti petunjuk pada label produk dan konsultasikan dengan apoteker atau dokter Anda sebelum menggunakan uva ursi.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Interaksi

Uva Ursi memiliki kontraindikasi bagi mereka yang memiliki kondisi medis tertentu atau ketika menggunakan jenis obat tertentu, diantaranya:

  1. Orang dengan gangguan ginjal (uva ursi dapat memperburuk masalah ginjal)
  2. Orang yang sedang hamil atau menyusui
  3. Orang yang memiliki tekanan darah tinggi (uva ursi mengubah kadar cairan dalam tubuh yang harus dipantau pada mereka yang memiliki tekanan darah tinggi)
  4. Orang dengan penyakit hati (uva ursi dapat memperburuk gejala penyakit hati)
  5. Orang dengan penipisan retina
  6. Orang yang menggunakan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) 
  7. Orang yang mengonsumsi suplemen zat besi (penggunaharus mengonsumsinya minimal 2 jam sebelum atau 2 jam setelah penggunaan uva ursi)
  8. Interaksi dengan Lithium

Uva ursi memiliki efek diuretik. Penggunaan uva ursi dapat mengurangi  kemampuan tubuh memproses lithium. Hal ini dapat meningkatkan jumlah lithium dalam tubuh dan mengakibatkan efek samping yang serius. 

Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan produk ini jika Anda menggunakan lithium.

Perhatian

  • Belum jelas apakah penggunaan jangka panjang uva ursi aman, sebaiknya dihindari.
  • Penggunakan uva ursi selama kehamilan dapat dikatakan aman. Belum diketahui tentang keamanan menggunakan uva ursi selama menyusui. Konsultasikan dengan dokter jika Anda sedang hamil atau menyusui.

 Uva ursi mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan gangguan liver   yang parah. Jangan berikan uva ursi kepada anak-anak.

  • Uva ursi mengandung bahan kimia yang dapat mengencerkan retina di mata. Ini bisa memperburuk kondisi orang-orang yang retina-nya sudah terlalu tipis. Hindari penggunaan jika Anda memiliki kondisi ini.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Uva ursi Supplement — Health Benefits, Dosage, Side Effects. Examine.com. (https://examine.com/supplements/uva-ursi/)
Uva Ursi Uses, Benefits & Dosage Herbal Database. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/uva-ursi.html)
Uva-ursi extract and ibuprofen as alternative treatments of adult female urinary tract infection (ATAFUTI): study protocol for a randomised controlled trial. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5591533/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app