Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Hydroquinone: Obat Untuk Mengobati Flek Wajah

Update terakhir: Mar 22, 2019 Tinjau pada Apr 22, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 765.947 orang

Hydroquinone adalah obat pencerah kulit. Hydroquinone adalah obat yang digunakan untuk menangani keluhan keluhan seperti penggelapan bagian tubuh tertentu, flek wajah dan hiperpigmentasi pada kulit. 

Obat ini digunakan untuk penyakit dengan keluhan kulit menghitam di bagian tubuh tertentu seperti melasma (akibat sinar matahari), chloasma (akibat pengaruh hormonal) . Untuk mengetahui lebih jelas mengenai obat hydroquinone, mari simak artikel berikut ini...

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Mengenai Hydroquinone

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Krim (obat oles/topikal)

Kandungan:

Obat pencerah kulit

Manfaat Hydroquinone 

Hydroquinone biasa digunakan sebagai obat pencerah kulit dan termasuk dalam kategori obat yang tidak bebas dijual dan dibeli hanya melalui resep dokter. Obat ini dapat mengatasi berbagai gangguan hiperpigmentasi pada kulit akibat bekas jerawat, bekas luka, paparan sinar matahari, penggunaan pil KB, pengaruh hormon pada ibu hamil dan lainnya. 

Obat ini menghambat suatu enzim penghasil pigmen,yang disebut dengan tyrosinase. Dengan dihambatnya enzim tersebut, penumpukan pigmen (melanosom) di dalam sel dapat dicegah dan dihancurkan. 

Dosis Hydroquinone

Bentuk sediaan Hydroquinone meliputi krim topikal untuk kulit yang digunakan untuk masing masing keluhan yang berbeda beda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Penggunaan atau dosis Hydroquinone sendiri adalah pengolesan 2 – 4 % krim dibagian kulit yang mengalami hiperpigmentasi dua kali dalam sehari. Pengolesan Hydroquinone  disarankan saat kulit sudah bersih atau sudah mandi agar dapat menyerap dengan baik.

Efek Samping Hydroquinone

Efek samping yang dapat ditimbulkan oleh Hydroquinone sendiri adalah

Tentunya tidak semua orang akan mengalami efek samping tersebut diatas, bila Anda merasa khawatir dalam penggunaan obat ini ataupun mengalami salah satu keluhan yang telah disebutkan diatas, konsultasikan keadaan medis Anda kepada tenaga medis atau dokter terdekat.

Ibu hamil dan menyusui

Perlu diketahui bahwa penggunaan Hydroquinone untuk ibu hamil dan menyusui termasuk dalam kagetori C, yaitu studi pada binatang mengindikasikan adanya efek pada janin ataupun belum dilakukannya studi pada manusia, sehingga obat ini dapat digunakan hanya jika dirasakan bahwa manfaatnya akan lebih besar dibandingkan dengan efeknya kepada janin.

Hubungi dan konsultasikan kembali kepada dokter bila Anda ingin mengkonsumsi Hydroquinone dalam keadaan hamil atau menyusui.

Interaksi Hydroquinone

  • Produk kulit yang mengandung alkohol, diketahui dapat memicu iritasi kulit. 
  • Benzoyl peroxide, diketahui dapat memicu noda kulit. 

Peringatan

Dalam menggunakan Hydroquinone ada beberapa hal yang perlu di waspadai, seperti:

  • Walaupun pada umumnya aman, Hydroquinone merupakan sebuah obat dan bukan kosmetik kencantikan sehingga tidak dianjurkan dipakai sebagai kosmetik pencerah kulit. Hal ini tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan iritasi kulit dengan keluhan terbakar, merah serta warna kulit yang menjadi kehitaman untuk selanjutnya (bersifat permanen).
  • Tidak dianjurkan diberikan untuk anak berusia dibawah 12 tahun.
  • Hindari paparan sinar matahari secara langsung saat menggunakan obat ini.
  • Lakukan test uji alergi dengan cara skin test sebelum mengoleskan obat ini lebih banyak karena ditakutkan terjadinya reaksi hipersensitifitas berupa gatal, kemerahan, ruam kulit sampai syok anafilaktik.
  • Hindari penyimpanan obat ini di daerah yang terkena sinar matahari secara langsung. Sebaiknya disimpan dalam suhu 20 – 25˚c.
  • Stop pemakaian bila tidak ada perubahan keluhan dalam 2 bulan.

Overdosis

Belum ada laporan yang lengkap mengenai kejadian overdosis pada pemakaian Hydroquinone karena merupakan obat yang memerlukan resep dokter serta pemantauan secara berkala sehingga jarang terjadi kelebihan dosis serta pemakaian yang tidak benar, 

selain itu dikarenakan bentuk sediannya yang berupa sediaan topikal untuk kulit sehingga belum ada laporan mengenai keluhan overdosis secara sistemik. Bila dicurigai terdapat gejala overdosis pemakaian Hydroquinone, segera cari bantuan medis terdekat agar dilakukan penanganan yang tepat.


Referensi

Bandyopadhyay, D. (2009). Topical Treatment of Melasma. Indian Journal of Dermatology, 54(4), pp. 303-309.

BPOM RI (2016). Siaran Pers/Peringatan Publik. Waspada Kosmetika Mengandung Bahan Berbahaya "Pilih Kosmetika Aman untuk Tampil Cantik".

Drugs (2018). Hydroquinone.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp