Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Kenali Penyakit Liver Dari Penyebab, Gejala dan, Pengobatannya

Update terakhir: SEP 13, 2019 Tinjau pada SEP 13, 2019 Waktu baca: 5 menit
Telah dibaca 937.754 orang

Apa Itu Sakit Liver?

Liver adalah bahasa inggris dari hati. Ketika orang awam mengatakan sakit liver, berarti mereka merujuk pada adanya gangguan pada fungsi hati. Hati tidak hanya bertindak sebagai filter untuk darah, tetapi juga menghasilkan hormon, menyimpan energi, dan membuat senyawa yang dikenal dengan sebutan enzim yang memungkinkan usus mencerna makanan. Peran hati sangat penting untuk tubuh manusia dalam menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Ada 2 persepsi yang salah ada pada masyarakat:

  • Yang pertama mungkin Anda berpikir bahwa jika penyebab terjadinya penyakit liver hanya 1, begitu pula dengan pengobatannya. Hal ini tentu salah besar, karena penyakit liver bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, dari infeksi virus hepatitis hingga kanker hati.
  • Yang kedua kebanyakan orang berpikir ada masalah dengan organ yang satu ini, gejalanya akan langsung terasa. Sayangnya, gejala penyakit liver tidak muncul pada tahap awal. Hepatitis C misalnya, adalah suatu penyakit hati yang disebabkan oleh virus hepatitis tipe C. Banyak orang terinfeksi virus hepatitis C, tapi mereka tidak menyadarinya, karena tidak ada gejala apapun yang muncul. Pada saat tanda-tanda atau gejala muncul, entah karena hepatitis atau perlemakan hati, kemungkinan kerusakan hati sudah sampai pada tahap sirosis.

Sirosis sendriri adalah suatu istilah yang menggambarkan suatu kerusakan hati serius yang diakibatkan oleh penyakit hati yang kronis atau kebiasaan mengkonsumsi alkohol jangka panjang. Pasien dengan sirosis hati memiliki risiko tinggi menderita kanker hati dan akhirnya mungkin memerlukan transplantasi.

Perlemakan hati sering disebabkan oleh obesitas. Perlemakan hati atau yang dikenal dengan istilah fatty liver adalah penyebab paling umum yang menyebabkan seseorang sakit liver. Menurutnya, ada sekitar 25 juta orang di dunia menderita perlemakan hati. Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol juga bisa mengganggu kerja hati dan menyebabkan terjadinya perlemakan hati. 

Karena itu, disarankan agar Anda mengurangi kebiasaan mengkonsumsi alkohol, menerapkan pola makan sehat, dan rutin berolahraga. 

Gejala Penyakit Liver

Pemeriksaan rutin ke dokter sangat diperlukan, sehingga jika ada gangguan hati bisa segera terdeteksi dan diobati sejak dini. Selain pemeriksaan rutin, sebaiknya Anda juga waspada jika timbul gejala-gejala khas di bawah ini:

  • Perut sakit dan bengkak
  • Mata dan kulit menguning
  • Nyeri sendi
  • Bercak kulit
  • Gangguan sistem saraf pusat
  • Lemah otot

Sakit, bengkak, atau pegal di area kanan atas perut adalah tanda bahwa terjadinya peradangan pada hati. Hati menempati sebagian besar rongga perut Anda dibagian sebelah kanan. Bengkak bisa disebabkan oleh pembesaran hati itu sendiri maupun adanya pengumpulan cairan di rongga perut karena adanya disfungsi hati yang kronis.

Ketika tubuh menghancurkan sel darah merah, maka ada suatu zat sisa yang diproduksi dari proses ini yang disebut bilirubin. Hati berfungsi untuk meregulasi pembuangan zat sisa ini, Hati yang sehat tidak memiliki masalah membuang bilirubin. Tapi, hati yang memiliki masalah kronik seperti peradangan atau kanker, dapat menyebabkan regulasi bilirubin menjadi berantakan sehingga akhirnya bilirubin tersebar ke seluruhgt;pembuluh darah dan mengubah warna kulit dan mata menjadi kuning. Warna urin dan kotoran gelap keruh juga merupakan tanda-tanda penyakit kuning.

Nyeri sendi, mual, muntah, sering lelah, dan hilangnya nafsu makan adalah gejala saling terkait dari penyakit hepatitis autoimun. Hepatitis autoimun adalah suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang sel dan jaringan hati Anda sendiri, demikian menurut National Institutes of Health. Karena hati Anda tidak bisa membersihkan darah dengan sebagaimana mestinya, Anda bisa memiliki masalah pembekuan darah di dekat permukaan kulit. Hal ini bisa menimbulkan "angioma spider," atau noda kulit besar yang menyerupai laba-laba atau tanda bintang. Umumnya, angioma spider muncul di dada.

Hati yang tidak berfungsi baik akan menyebabkan penumpukan zat tembaga dan bilirubin dalam darah dan memiliki kemungkinan sampai ke otak. Hal ini bisa menyebabkan kebingungan yang mirip dengan gejala alzheimer. Umumnya, gejala kebingungan timbul jika penyakit hati sudah ada pada stadium lanjut.

"Perut membesar, pergelangan kaki bengkak, ditambah kaki dan lengan menjadi lemah, mungkin merupakan hasil dari ketidakseimbangan cairan yang disebabkan oleh penyakit hati kronik. Kelemahan otot ini juga dapat muncul di atas pipi dan di sekitar pelipis. Kerusakan otot ini juga timbul jika penyakit hati sudah sampai pada tahap stadium lanjut

Penyebab Penyakit Liver dan Penanganannya

Ada banyak penyebab dan beberapa yang utama menyebabkan penyakit hati, pengobatannya pun disesuaikan dengan apa yang menyebabkan sakit liver tersebut. Berikut akan dibahas secara singkat mengenai penyebab penyakit liver dan pengobatannya.

1. Infeksi

Parasit dan virus dapat menginfeksi hati, menyebabkan peradangan dan mengurangi fungsi hati. Virus yang menyebabkan kerusakan hati dapat menyebar melalui darah atau urin, makanan atau air yang terkontaminasi, atau bersentuhan dekat dengan orang yang terinfeksi. Jenis yang paling umum dari infeksi hati adalah virus hepatitis, termasuk:

  • Hepatitis A
  • Hepatitis B
  • Hepatitis C

PENGOBATAN : Untuk pengobatan sakit liver akibat infeksi yang kronis, segera konsultasikan dengan dokter Anda. Dokter akan memberikan pengobatan Anti-Virus dengan regime standard dan berdasarkan tipe virus yang menginfeksi Anda.

2. Kelainan sistem kekebalan tubuh

Penyakit di mana sistem kekebalan tubuh menyerang bagian-bagian tertentu dari tubuh (autoimun) dapat mempengaruhi hati Anda. Contoh penyakit hati autoimun meliputi:

  • Autoimmune hepatitis
  • Primary biliary cirrhosis
  • Primary sclerosing cholangitis

PENGOBATAN : Untuk pengobatan sakit liver akibat penyakit autoimun, segera konsultasikan dengan dokter Anda. Dokter akan memberikan pengobatan berupa penekanan sistem kekebalan tubuh. Pengobatan ini memerlukan perawatan khusus, karena saat menjalani perawatan, tubuh Anda akan rentan terhadap infeksi lainnya.

3. Genetika

Ada gen abnormal yang diturunkan dari salah satu atau kedua orang tua Anda dapat menyebabkan berbagai zat untuk menumpuk dalam hati Anda, yang mengakibatkan kerusakan hati. Penyakit hati genetik meliputi:

  • Hemochromatosis
  • Hyperoxaluria dan oxalosis
  • Penyakit Wilson

PENGOBATAN : Untuk pengobatan sakit liver akibat bawaan genetik, segera konsultasikan dengan dokter Anda, umumnya penyakit liver karena hal ini kurang bisa disembuhkan secara optimal, konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengurangi gejala yang muncul.

4. Kanker

Berkaitan erat dengan gen dan pola hidup yang tidak sehat, kanker hati bisa menjadi salah satu ancaman yang menyebabkan penyakit liver.

PENGOBATAN : Untuk pengobatan sakit liver akibat kanker hati, bisa diobati dengan kemoterapi maupun liver transplan jika sebagian besar organ hati sudah rusak.

5. Lainnya

Tambahan, penyebab umum dari penyakit hati termasuk:

  • Penyalahgunaan alkohol kronis
  • Lemak terakumulasi dalam hati (penyakit hati berlemak nonalkohol)

Walaupun penggunaan alcohol adalah merupakan faktor utama terjadinya fatty liver, namun pada orang obesitas, penumpukan lemak di hati juga beresiko menimbulkan resiko sakit liver yang serius

PENGOBATAN : Untuk pengobatan sakit liver akibat penumpukan lemak, bisa dilakukan dengan perubahan gaya hidup. Kurangi makanan-makanan berlemak, makanan mengandung tinggi gula dan tentu saja mengurangi asupan alkohol.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit