Doctor men
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA ENWA SIWI
Makanan dan Diet Sehat

Sumber Makanan yang Mengandung Zat Besi (Mudah Didapat)

Update terakhir: SEP 13, 2019 Tinjau pada SEP 13, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.538.319 orang

Sumber Makanan yang Mengandung Zat Besi (Mudah Didapat)

Zat besi merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Salah satu fungsi utama zat besi adalah sebagai komponen pembentuk Hemoglobin (Hb) dalam sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh sel-sel tubuh. Selain itu zat besi juga berperan penting dalam fungsi normal daya tahan tubuh.

Karena fungsi zat besi yang penting itu, kekurangan zat besi dapat menyebabkan terhambatnya pasokan hemoglobin dalam darah. Penyakit karena kurangnya hemoglobin (sel darah merah) yang demikian disebut anemia defisiensi besi. Lebih lanjut silakan baca: Akibat Kekurangan Zat Besi

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

Komposisi zat besi pada seseorang yang normal berkisar antara 3-5gram tergantung pada jenis kelamin, beratbadan dan kadar hemoglobin. Hampir 70% besi terkandung didalam darah dan sisanya disimpan dalam bentuk ferritin.

Kebutuhan harian yang direkomendasikan menurut Ahli GIzi Amerika yaitu 1,8 mg . Namun hanya 10 hingga 30 % yang diserap oleh tubuh.

Oleh karena itu, agar kita tidak kekurangan darah dan kebutuhan zat besi kita terpenuhi, maka konsumsilah makanan-makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti bayam, kangkung, daging sapi, kentang, dan lain-lain.

Berikut ini adalah makanan sumber zat besi yang bisa Anda dapatkan dengan mudah:

 

 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

 

 

 

 

Daging merah

Daging merah merupakan bahan makanan hewani yang lezat. Contohnya daging sapi. Tahukah Anda, dalam 100 gram daging sapi segar mengandung 187 kkal energi, 6,63gram lemak, 29,81 protein; dan 1,98 mg zat besi (11% dari kebutuhan harian), selain itu juga kaya akan protein, lebih lanjut silakan baca: Sumber Protein Tinggi

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

Kuning telur

Telur yang merupakan sumber makanan yang mudah didapat ini, kaya akan semua mineral, termasuk besi, dan vitamin B. Telur mengandung Zat besi yang banyak pada kuningnya. Kandungan zat besi pada satu butir kuning telur sekitar 1,08 mg (6 % dari kebutuhan harian).

Ikan

Ikan terkenal dengan kandungannya yang kaya akan omega-3 dan 6. Ikan baronang diketahui mengandung zat besi sebanyak 3,8 mg per 100 gram. Selain itu ikan sarden juga mengandung 1,98 mg (11% dari kebutuhan harian) zat besi per 100 gram.

Sayuran berdaun gelap atau hijau

Sayuran apapun yang berdaun hijau, terutama bayam, daun singkong, kangkung, dan sawi mengandung zat besi yang banyak. Sebuah sumber alternatif zat besi bagi mereka yang menghindari makanan produk hewani (vegetarian).

Kacang-kacangan, kacang polong, dan kacang kedelai

Kacang tanah, kacang polong, dan kacang kedelai merupakan jenis kacang yang mudah kita dapat dan mudah diolah. Tahukah Anda, dalam 100 gram kacang kedelai mengandung 10 mg zat besi. Sedangkan dalam 100 gram kacang polong mengandung 1,08 mg (6 % dari kebutuhan harian)  zat besi.

Buah kering (plum, kismis)

Buah kering seperti kismis, plum ternyata banyak mengandung zat besi. Dalam ½ cangkir kismis terdapat 1,9 mg zat besi dan dalam 1 cangkir plum terdapat 1 mg zat besi.

Tidak hanya enak, makanan ini juga mengandung zat besi yang banyak

Sumber makanan yang kaya zat besi lainnya:

  • Sereal dan biji-bijian yang diperkaya zat besi (periksa label produk)
  • Moluska (tiram, kerang, kerang)
  • Jeroan ayam seperti hati dan ampela

Jika Anda makan sumber makanan yang zat besi tinggi, maka makanlah bersama dengan makanan yang mengandung banyak vitamin C, karena vitamin C akan membantu penyerapan zat besi bagi tubuh kita.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit