Pembengkakan - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Apr 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 521.882 orang

Apa itu pembengkakan?

Pembengkakan merupakan suatu kondisi dimana bagian tubuh Anda seperti kulit dan organ lainnya tampak membesar. Kondisi ini biasanya merupakan hasil dari suatu peradangan atau penumpukan cairan. Pembengkakan dapat terjadi secara internal, atau dapat mempengaruhi bagian lain seperti kulit dan otot Anda.

Banyak kondisi yang dapat menyebabkan pembengkakan. Ada dua jenis pembengkakan yaitu pembengkakan eksternal dan internal. Pembengkakan eksternal biasanya diakibatkan oleh suatu penyakit, cedera dan gigitan serangga. Pembengkakan internal seringkali merupakan efek samping dari pengobatan atau akibat dari cedera yang serius.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Anda harus segera mencari pertolongan medis jika Anda mengalami pembengkakan yang terjadi secara cepat dan tidak diketahui penyebabnya, terutama jika Anda mengalami kenaikan berat badan dan rasa sakit yang tidak dapat dijelaskan.

Gejala pembengkakan

Terkadang munculnya pembengkakan yang ringan seringkali tidak diketahui. Kondisi ini biasanya tidak selalu menyebabkan munculnya gejala-gejala lain.

Untuk pembengkakan eksternal, membesarnya kulit atau otot biasanya dapat terlihat. Namun, tanda-tanda lain dari pembengkakan termasuk penumpukan cairan di daerah yang bengkak. Pemeriksaan pencitraan seperti CT scan dapat menunjukkan adanya pembesaran pada organ, otot atau tulang. Pemeriksaan ini dapat membantu diagnosis dari pembengkakan internal, yang lebih sulit untuk diidentifikasi.

Jika pembengkakan disebabkan oleh cedera, sengatan hewan, atau penyakit, Anda mungkin akan mengalami berbagai gejala. Gejala-gejala tersebut termasuk:

  • Gatal
  • Muntah
  • Perut kembung
  • Rasa nyeri di daerah yang bengkak

Jika pembengkakan tidak terlihat atau terjadi pembengkakan internal, Anda mungkin akan mengalami gejala-gejala sebagai berikut:

  • Mual
  • Muntah
  • Pusing
  • Demam
  • Kelelahan
  • Insomnia
  • Gejala seperti flu
  • Rasa nyeri

Apa yang menyebabkan pembengkakan?

Peradangan pada tulang, jaringan, atau otot Anda dapat menyebabkan pembengkakan eksternal. Kista dan tumor juga dapat menyebabkan pembengkakan. Meskipun retensi cairan merupakan suatu kondisi pembengkakan internal, kondisi tersebut juga dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan eksternal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Penyebab paling umum untuk pembengkakan eksternal meliputi:

  • Gigitan serangga
  • Ruam
  • Urtikaria
  • Cedera
  • Retensi cairan
  • Kehamilan
  • Haid
  • Perubahan hormon
  • Infeksi

Pembengkakan eksternal biasanya dapat terlokalisasi atau meluas ke bagian tubuh yang lain.

Pembengkakan lokal mengacu pada situasi di mana pembengkakan tersebut hanya terjadi di satu area. Misalnya, seseorang dengan infeksi mata mungkin hanya mengalami pembengkakan di sekitar mata saja. Seseorang yang tersengat serangga mungkin hanya mengalami pembengkakan di area sengatannya.

Pembengkakan yang luas dapat terjadi pada area tubuh yang luas. Kondisi ini biasanya merupakan pertanda dari suatu penyakit yang serius. Biasanya pembengkakan yang luas sering disebabkan oleh retensi cairan atau suatu reaksi alergi. Penyebab lain dari pembengkakan yang luas termasuk:

  • Gagal ginjal
  • Gagal jantung
  • Anaphylaxis (reaksi alergi parah)
  • Gigitan serangga berbisa

Seseorang yang mengalami diabetes atau kanker jenis tertentu juga dapat mengalami pembengkakan yang luas, atau pembengkakan pada ekstremitas, seperti jari tangan dan kaki. Bentuk pembengkakan ini dapat muncul secara berkala.

Di dalam tubuh Anda, pembengkakan seringkali merupakan akibat dari peradangan organ, retensi cairan, atau perut kembung. Kondisi ini dapat terjadi pada orang dengan penyakit kronis seperti sindrom iritasi usus, penyakit Crohn, dan kanker.

Bagaimana mendiagnosis pembengkakan?

Dokter Anda dapat melakukan berbagai pemeriksaan untuk mendiagnosis pembengkakan dan penyebabnya. Pertama, dokter akan memeriksa gejala yang Anda alami dan melakukan pemeriksaan fisik untuk memeriksa nyeri di daerah yang membesar atau bengkak.

Tes pencitraan, seperti ultrasound, dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang penyebab dari pembengkakan tersebut. Atau tes yang lebih khusus, seperti CT scan atau MRI, juga dapat memberikan informasi tentang penyebab dari pembengkakan.

Tes pencitraan mungkin juga dapat memperlihatkan penyumbatan pada pembuluh darah arteri atau vena, peradangan pada jaringan atau otot, dan tulang yang patah.

Pemeriksaan ini dapat menunjukkan apakah Anda mengalami penumpukan cairan atau terdapat masalah pada usus Anda. Dan pemeriksaan darah dan urin juga akan dilakukan untuk menentukan apakah pembengkakan tersebut disebabkan oleh suatu penyakit.

Jika reaksi alergi parah yang menyebabkan pembengkakan, Anda akan diberikan suntikan adrenalin sebelum pemeriksaan dilakukan. Obat ini akan menghentikan reaksi alergi tersebut menjadi memburuk.

Bagaimana mengobati pembengkakan?

Pengobatan Anda akan tergantung pada penyebab pembengkakan. Jika tumor atau abses yang menyebabkan pembengkakan, Anda mungkin perlu melakukan tindakan operasi untuk mengangkatnya.

Jika tumor tersebut tidak dapat diangkat melalui pembedahan karena ukuran atau lokasinya, dokter Anda dapat melakukan pengobatan yang agresif, seperti kemoterapi atau radiasi, untuk mengecilkan ukuran tumor tersebut.

Dokter Anda mungkin juga meresepkan obat-obatan untuk meredakan peradangan atau pembengkakan. Obat Antihistamin yang dijual bebas dapat menghilangkan rasa gatal dan bengkak yang disebabkan oleh ruam atau urtikaria.

Obat steroid topikal juga dapat berguna dalam mengurangi peradangan kulit. Konsultasikan dengan dokter Anda jika obat-obatan tersebut tidak membantu. Dokter Anda mungkin dapat meresepkan obat antihistamin yang lebih kuat.

Bagaimana mencegah pembengkakan?

Jika penyakit kronis yang menyebabkan pembengkakan eksternal atau internal, Anda mungkin dapat mencegah pembengkakan lebih lanjut dengan mengelola penyakit Anda dengan benar atau dengan mengkonsumsi obat-obatan untuk mengobatinya. Obat juga dapat digunakan ketika Anda mengalami pembengkakan internal akibat peradangan.

Dokter Anda mungkin juga menyarankan perubahan gaya hidup untuk mencegah pembengkakan internal. Beberapa tindakan di rumah yang dapat Anda lakukan termasuk menghindari konsumsi garam berlebih atau meninggikan posisi kaki dan lengan Anda ketika berbaring.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit