Gangguan Sensasi - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dipublish tanggal: Apr 14, 2019 Update terakhir: Jan 18, 2020 Waktu baca: 2 menit

Orang-orang mengandalkan indera sentuhan mereka untuk dengan cepat menarik diri dari benda panas atau merasakan perubahan di bawah kaki mereka. Muncul gangguan sensasi jika Anda tidak bisa merasakannya adanya perubahan respon suhu atau raba pada tangan atau kaki Anda.


Sensasi yang terganggu dapat merupakan kondisi yang terjadi setelah cedera atau kondisi kronis yang disebabkan oleh diabetes atau penyakit lain. Sensasi tiba-tiba yang terganggu bisa menjadi darurat medis.

Apa penyebab dari Gangguan Sensasi ?

Jika Anda pernah menyilangkan kaki dan muncul mati rasa saat berdiri, ini merupakan tanda bahwa Anda mengalami gangguan sensasi. Perasaan ini mungkin hilang dalam beberapa menit, sensasi yang rusak terkait dengan kondisi lain yang mungkin diantaranya:

Apa gejala Sensasi Gangguan?

Sensasi yang terganggu dapat menyebabkan tidak adanya perasaan atau sensasi khas yang timbul pada respon di permukaan kulit seperti:

Sensasi yang terganggu dapat menyebabkan cedera dan masalah keseimbangan.

Apa saja penanganan pada Gangguan Sensasi ?

Kehilangan sensasi yang tiba-tiba bisa menjadi keadaan darurat medis karena dapat beresiko munculnya stroke. Tanda-tanda gangguan tersebut diantaranya:

Dokter Anda mungkin mulai mendiagnosis gangguan dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada Anda, termasuk adanya riwayat medis terkait suatu penyakit.Pertanyaan tersebut meliputi:

  • Di mana Anda merasakan sensasinya?
  • Letak sensasi
  • Kapan sensasi paling sering terjadi?
  • Berapa lama sensai tersebut muncul?
  • Apakah ada yang membuat gejala Anda terasa lebih buruk atau lebih baik setelah istirahat, bergerak, atau tidur?

Pemeriksaan fisik sangat penting dilakukan. Dokter Anda akan mengetuk ringan pada kulit Anda untuk menentukan derajat sensasi yang Anda rasakan.

Dokter Anda juga menyarankan Anda melakukan pemeriksaan tergantung letak gejala Anda. Pemeriksaan tersebut antara lain:

  • Computed tomography (CT) atau magnetic resonance imaging (MRI)
  • Studi konduksi saraf, yang mengukur seberapa baik impuls listrik melewati saraf Anda
  • Tes refleks

Perawatan untuk gangguan perasaan tergantung pada identifikasi penyakit oleh dokter. Sebagai contoh, diabetik neuropati adalah penyebab umum dari gangguan sensasi. Perawatan dapat termasuk membantu seseorang mempertahankan kontrol gula darah yang lebih baik dengan memeriksa kadar gula darah.

Dokter mungkin meresepkan obat penghilang rasa sakit untuk mengobati rasa sakit dari sensasi yang tidak normal.

Mempraktikkan perawatan kaki yang hati-hati, termasuk memotong kuku kaki dapat juga membantu.

Dalam beberapa kasus seperti saraf terjepit atau linu panggul, pembedahan dapat membantu meringankan tekanan pada saraf.


21 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
McMahon K, Anand D, Morris-Jones M and Rosenthal MZ (2019) A Path From Childhood Sensory Processing Disorder to Anxiety Disorders: The Mediating Role of Emotion Dysregulation and Adult Sensory Processing Disorder Symptoms. Front. Integr. Neurosci. 13:22. doi: 10.3389/fnint.2019.00022. Frontiers. (https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fnint.2019.00022/full)
Sensory Processing Disorder. Psychology Today. (https://www.psychologytoday.com/intl/basics/sensory-processing-disorder)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app