Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA

Kebingungan - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Aug 13, 2019 Tinjau pada Agu 11, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.201.351 orang

Apa yang Menyebabkan Kebingungan ?

Kebingungan adalah gejala yang membuat Anda merasa seolah tidak bisa berpikir jernih. Anda mungkin merasa bingung dan tidak bisa fokus atau sulit membuat keputusan. Kebingungan juga disebut sebagai disorientasi. Dalam keadaan yang ekstrim, kebingungan disebut delirium.

Jika Anda atau seseorang yang Anda sayangi mengalami kebingungan untuk jangka waktu yang lama, demensia mungkin alasannya. Demensia adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh penurunan fungsi otak yang mengakibatkan hilangnya kemampuan Anda untuk melakukan fungsi sehari-hari. Demensia juga mempengaruhi penilaian dan perilaku.

Apa Tanda-Tanda Kebingungan?

Dengan mengetahui tanda dan gejala orang yang mengalami kebingungan sejak awal, dapat membantu Anda atau orang yang Anda cintai mendapatkan perawatan segera. Beberapa tanda kebingungan adalah:

  • Sering mengucapkan kata-kata kasar atau jeda lama saat berbicara
  • Sering mengucapkan kata-kata yang tidak nyambung
  • Tidak mengetahui tentang lokasi atau waktu dimana mereka berada
  • Melupakan sesuatu yang saat itu sedang dilakukan
  • Perubahan emosi yang tiba-tiba, seperti marah tiba-tiba
  • Mulai tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari

Jika Anda yang mengalami tanda-tanda kebingungan, mungkin ada baiknya untuk menelepon teman atau orang terkasih untuk meminta bantuan. Jika Anda bingung, Anda mungkin perlu bantuan dengan hal-hal yang dapat Anda lakukan sendiri sebelumnya.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Pergi ke Dokter?

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mulai menunjukkan tanda-tanda kebingungan, segera pergi ke dokter. Kebingungan dapat memiliki banyak penyebab, termasuk cedera, infeksi, penggunaan narkoba, dan obat-obatan. Penting untuk mengetahui apa penyebab kebingungan tersebut sehingga dapat diobati.

Dokter Anda akan meminta Anda atau orang yang Anda cintai untuk menunjukkan kapan gejala yang menunjukan tanda-tanda kebingungan muncul dan kapan Anda terakhir menunjukkan pemikiran dan perilaku "normal".

Mampu menggambarkan karakteristik dan durasi kebingungan akan membantu dokter Anda mendiagnosis penyebabnya.

Orang yang menderita kebingungan kadang-kadang dapat bertindak agresif atau tidak terduga. Seseorang yang mengalami kebingungan harus diawasi dengan ketat dan dilindungi agar tidak merugikan diri sendiri atau orang lain.

Jika mereka menunjukan tanda-tanda kebingungan yang ekstrim atau mencapai titik delirium, dokter Anda dapat merekomendasikan Anda untuk menjalani perawatan di rumah sakit.

Jika kebingungan terjadi akibat cedera kepala atau trauma, kebingungan mungkin disebabkan oleh gegar otak, jika hal ini terjadi, segera hubungi pusat penyedia layanan kesehatan di kota Anda, atau langsung pergi ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat. Sangat penting untuk menghubungi dokter jika Anda mengalami kebingungan disertai dengan gejala-gejala berikut:

  • pusing
  • detak jantung yang cepat
  • kulit lembab
  • demam
  • sakit kepala
  • gemetaran
  • pernapasan tidak teratur
  • Penurunan kesadaran

Apa yang mendasari Penyebab Kebingungan?

Ada sejumlah faktor yang dapat menyebabkan kebingungan, dari masalah kesehatan yang serius hingga kekurangan vitamin. Keracunan alkohol adalah penyebab umum yang dapat menyebabkan kebingungan. Penyebab lainnya meliputi:

Gegar otak

Gegar otak adalah cedera otak yang terjadi akibat trauma kepala. Gegar otak dapat mengubah tingkat kewaspadaan seseorang serta penilaian, koordinasi, dan ucapannya.

Anda mungkin pingsan jika mengalami gegar otak, tetapi seseorang yang mengalami gegar otak juga mungkin tidak menyadari jika mereka memiliki kondisi tersebut. Anda mungkin tidak mengalami tanda-tanda kebingungan akibat gegar otak sampai beberapa hari setelah cedera.

Dehidrasi

Tubuh Anda kehilangan cairan setiap hari melalui keringat, buang air kecil, dan fungsi tubuh lainnya. Jika Anda tidak cukup minum air, pada akhirnya Anda bisa mengalami dehidrasi.

Dehidrasi dapat mempengaruhi jumlah elektrolit (mineral) yang terkandung dalam tubuh Anda, sehingga dapat menyebabkan masalah pada tubuh Anda untuk dapat berfungsi dengan baik.

Obat-obatan

Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan kebingungan. Tidak meminum obat sesuai resep juga dapat menyebabkan kebingungan, karena dapat efek penarikan yang mungkin terjadi jika Anda menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba.

Kebingungan adalah tanda paling umum dari komplikasi medis yang berhubungan dengan perawatan kanker. Kemoterapi, yang menggunakan bahan kimia untuk membunuh sel kanker, sering mempengaruhi sel sehat bersamaan dengan pengaruhnya terhadap sel kanker.

Kemoterapi dapat menyebabkan kerusakan pada saraf Anda, yang dapat mempengaruhi fungsi otak Anda dan menyebabkan kebingungan.

Penyebab Lainnya

Kebingungan dapat disebabkan oleh sejumlah faktor yang berbeda. Penyebab lainnya termasuk:

  • demam
  • infeksi
  • gula darah rendah
  • kurang tidur
  • kekurangan oksigen
  • penurunan suhu tubuh yang cepat
  • depresi
  • Usia tua
  • Dementia dan penyakit alzheimer
  • Sumbatan pada pembuluh darah otak (stroke)

Apa Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Menangani Kebingungan?

Untuk kasus kebingungan ringan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan gizi, dehidrasi, atau kurang tidur, Anda bisa mengatasinya dengan perawatan suportif di rumah.

Jika penyebab kebingungan Anda adalah kadar gula darah rendah, minum minuman manis atau makan sedikit permen mungkin juga dapat meredakan gejala Anda. Jika kebingungan Anda disebabkan oleh dehidrasi, minum air putih atau minuman elektrolit lainnya sehingga dapat membantu meringankan gejala Anda.

Namun, kebingungan akibat cedera kepala membutuhkan perhatian medis segera. Jika kebingungan Anda disebabkan oleh gegar otak, dokter Anda akan memutuskan kapan sebaiknya menghentikan perawatan di rumah sakit. Mereka akan memberi Anda saran tentang bagaimana melakukan gaya hidup sehat untuk mengobati gegar otak Anda, seperti saran mengenai pola makan dan menghindari alkohol selama beberapa waktu.

Anda mungkin tidak tertidur, tetapi Anda harus meminta seseorang mengawasi Anda setiap beberapa jam jika Anda tertidur dalam 12 jam pertama setelah mengalami gegar otak.

Karena ada banyak kondisi serius yang dapat menyebabkan kebingungan, jangan ragu untuk menghubungi dokter jika orang terdekat Anda tiba-tiba menunjukkan tanda-tanda kebingungan.

Saat seseorang menunjukan tanda-tanda kebingungan, hal tersebut bisa sangat mengkhawatirkan. Sampai dokter menentukan penyebab kebingungan yang seseorang tersebut alami, hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah tetap bersama orang itu dan mengamati aktivitas mereka.

Penjelasan Anda mengenai perilaku mereka akan menjadi sumber informasi penting dalam menentukan apa penyebab kebingungan mereka, sehingga dokter dapat menentukan rencana pengobatan selanjutnya.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit