Apa Bedanya Eksim dan Infeksi Kulit

Dipublish tanggal: Jul 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apa Bedanya Eksim dan Infeksi Kulit

Apa itu eksim?

Eksim adalah suatu kondisi di mana muncul bercak-bercak pada kulit yang meradang disertai gatal, merah, dan terasa kasar. Lepuhan pad akulit juga sering muncul. 

Eksim adalah istilah untuk suatu kondisi medis yang menyebabkan kulit menjadi meradang atau teriritasi. Jenis eksim yang paling umum dikenal sebagai dermatitis atopik, atau eksim atopik

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

Atopik mengacu pada sekelompok penyakit dengan kecenderungan yang sering diturunkan melalui perkembangan dari kondisi alergi lainnya, seperti asma dan demam.

Eksim juga dapat meningkatkan kemungkinan infeksi Staph dan memiliki efek yang lebih berat dari kondisi mental seseorang. 

Tidak ada obat yang ditemukan untuk dermatitis atopik. Tetapi tindakan perawatan dan perawatan diri dapat menghilangkan rasa gatal dan mencegah infeksi baru.

Kapan Eksim dapat terjadi?

Dermatitis atopik biasanya terjadi pada bayi yang disertai dengan dengan bercak kering dan bersisik muncul di kulit yang terkadang terasa gatal.

Kebanyakan orang menderita dermatitis atopik sebelum usia 5 tahun. Setengah dari populasi orang yang terkena eksim dapat terus muncul hingga masa remaja dan dewasa. 

Jenis Eksim

Dermatitis atopik

Dermatitis atpik biasanya terjadi akibat pengaruh genetik. Dermatitis atopik cenderung dimulai sejak dini pada mereka yang memiliki kecenderungan alergi inhalan, tetapi mungkin tidak memiliki dasar alergi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Secara khas, ruam terjadi pada lipatan pipi, leher, siku dan lutut, serta pergelangan kaki.

Dermatitis iritan

Dermatitis iritan terjadi ketika kulit berulang kali terkena paparan berlebihan dari zar beracun atau alergen

Dermatitis kontak alergi

Setelah terpapar berulang kali pada zat yang sama, alergen, sistem imun kekebalan tubuh aktif  di lokasi pemaparan berikutnya dan menghasilkan dermatitis.

Dermatitis stasis

Dermatitis jenis ini biasanya terjadi pada kaki bagian bawah yang bengkak dari orang-orang yang memiliki sirkulasi buruk di pembuluh darah kaki.

Dermatitis seboroik 

Dermatitis seboroik menghasilkan ruam di kulit kepala, wajah, telinga, dan bagian tengah dada. Pada bayi, biasanya infeksi ini terletak di belakang telinga dan dapat meluas hingga ke seluruh tubuh. 

Apa yang membedakan dengan infeksi kulit?

Terkadang kulit itu sendiri menjadi terinfeksi. Infeksi kulit disebabkan oleh berbagai kuman, dan gejalanya dapat bervariasi dari ringan hingga berat. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Infeksi ringan dapat diobati dengan obat-obatan dan pengobatan di rumah, sedangkan infeksi berat lainnya mungkin memerlukan perhatian medis. 

Apa yang menyebabkan infeksi kulit?

Infeksi kulit sebagian besar disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, serta parasit lainnya. Infeksi kulit 

Infeksi kulit bakteri Infeksi kulit bakteri sering dimulai dari kecil, benjolan merah yang perlahan-lahan bertambah. Beberapa infeksi bakteri ringan dan mudah diobati dengan antibiotik topikal, tetapi infeksi lain memerlukan antibiotik oral. Berbagai jenis infeksi kulit akibat bakteri diantaranya: a. selulitis b. impetigo c. bisul 

Infeksi kulit akibat virus

Infeksi kulit akibat virus. Infeksi ini berkisar dari ringan hingga berat. Berbagai jenis infeksi virus pada kulit diantaranya:

Infeksi kulit jamur

Jenis-jenis infeksi kulit ini disebabkan oleh jamur dan sebagian besar berkembang di area tubuh yang lembab, seperti kaki atau ketiak. Beberapa infeksi jamur tidak menular, dan infeksi ini biasanya tidak mengancam jiwa.

Berbagai jenis infeksi jamur diantaranya:

Infeksi parasit 

Jenis-jenis infeksi kulit ini disebabkan oleh parasit. Infeksi ini dapat menyebar ke luar kulit ke aliran darah dan organ.

Berbagai jenis infeksi kulit parasit diantaranya:

Apa yang membedakan antara eksim dan infeksi kulit?

Informasi di atas menjelaskan bahwa eksim didasari oleh adanya paparan alergen atau sumber alergi yang menimbulkan bercak kemerahan serta lepuh pada kulit. 

Sedangkan infeksi kulit didasari oleh sumber infeksi baik dari bakteri, virus, jamur, serta parasit lainnya yang menimbulakn bentuk ruam dan bercak pada kulit yang berbeda-beda tergantung sumber infeksi. 

Penanganan pada eksim tidak memerlukan obat antibiotik atau antivirus. Pemberian lotion atau krim anti kulit kering cukup membantu kasus eksim ringan dan sedang. 

Sedangkan pada infeksi kulit biasanya memerlukan salep, krim, hingga obat antibiiotik, antijamur, atau antivirus sesuai diagnosis dan sumber infeksi yang terjadi. 

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Thandar Y, et al. (2014). Complementary therapy in atopic eczema: The latest systematic reviews. DOI: (https://doi.org/10.1080/20786190.2014.953864)
Stanway A. (2004). Complications of atopic dermatitis. (http://www.dermnetnz.org/topics/complications-of-atopic-dermatitis/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app