Makanan dan Diet Sehat

Ketahui Cara Untuk Mengatasi Alergi Susu

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 1 menit
Ketahui Cara Untuk Mengatasi Alergi Susu

Alergi susu adalah suatu respons yang tidak normal dari sistem imun tubuh yang melawan susu atau semua produk turunan susu. Hal ini paling sering terjadi pada susu sapi, walau susu hewani lainnya bisa menyebabkan reaksi alergi yang serupa.

Alergi susu memang paling sering terjadi pada anak kecil. Efek atau reaksi alergi bisa terjadi dalam hitungan menit hingga jam setelah mengonsumsi susu atau produk turunannya. Walau sangat jarang terjadi, tapi bukan tidak mungkin kasus alergi bisa menyebabkan reaksi anafilaktik yang cukup membahayakan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Dapatkan Obat Alergi Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 11

Penyebab Alergi Susu

Dua zat yang paling banyak menyebabkan alergi pada susu sapi adalah: casein (biasa ditemukan pada bagian padat dari susu) dan whey (biasa ditemukan pada bagian cair dari susu).

Cara Mengatasi Alergi Susu

Cara penanganan yang terbaik adalah dengan menghindari konsumsi susu untuk sementara. Biasanya kasus alergi susu pun akan berkurang ketika si kecil menginjak usia 3-5 tahun.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Ratini, M. Web MD (2018). Top Foods for Calcium and Vitamin D. (https://www.webmd.com/food-recipes/guide/calcium-vitamin-d-foods)
Ratini, M. Web MD (2017). What Are the Symptoms of Lactose Intolerance? (https://www.webmd.com/digestive-disorders/treatment-lactose-intolerance)
Radcliffe, S. Healthline (2014). Kids Who Drink Milk Alternatives Twice as Likely to Be Vitamin D Deficient. (https://shawnradcliffe.com/writing-portfolio-2014/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app