Infeksi Kulit - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Dipublish tanggal: Mar 3, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Waktu baca: 3 menit

Infeksi kulit atau penyakit kulit merupakan salah satu jenis infeksi yang paling umum dan paling sering diderita oleh setiap manusia di seluruh dunia ini. 

ini umumnya disebabkan karena kulit merupakan bagian terluar dari tubuh manusia dimana sentuhan langsung antara tubuh manusia dengan area atau alam sekitar ialah dengan kulit sebagai pintu utamanya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Maka dengan itu infeksi kulit merupakan hal yang sering terjadi pada setiap manusia tanpa memandang umur dan golongan sosialnya. Di artikel kesehatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai topik infeksi kulit yang suka menyerang manusia.

Infeksi Kulit dan segala serba serbinya

Kulit merupakan bagian terluar tubuh manusia yang merupakan akses utama tubuh manusia berhubungan dengan dunia luarnya selain itu kulit juga merupakan organ terluas yang ada pada seluruh tubuh manusia dimana kulit merupakan perlindungan utama tubuh manusia terhadap sentuhan lingkungan sekitarnya. 

Penyakit atau infeksi yang terjadi pada kulit manusia umumnya diakibatkan oleh adanya virus, kuman, bakteri atau parasit maupun jamur yang berusaha masuk ke dalam tubuh manusia untuk menyerang tubuh namun dapat terhadang oleh kulit.

Infeksi kulit yang banyak sekali terjadi biasanya penyebab utamanya ialah karena adanya virus yang ingin masuk ke dalam tubuh manusia seperti virus Varicella, virus Poxvirus, virus Measles dan virus Coxsakie. 

Virus virus tersebut biasanya akan menyebabkan si penderita mengalami beberapa penyakit atau infeksi kulit seperti penyakit cacar air, cacar ular atau herpes zooster, penyakit campak, penyakit flu singapura hingga penyakit moluskum kontagiosum

Infeksi kulit yang disebabkan oleh adanya virus juga biasanya merupakan jenis infeksi kulit yang menular sehingga penting untuk kamu agar tidak mendekati para pasien dengan keadaan infeksi kulit yang dapat menyebabkan kamu juga ikut tertular. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kulit via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 6

Atau bila kamu yang sedang menderita penyakit kulit ini, baiknya kamu juga tidak keluar rumah dan berdekatan dengan orang lain agar tidak menularkan penyakit kulit ke orang lain.

Selain virus, parasit juga dapat menyebabkan kulit seseorang terkena infeksi ataupun penyakit seperti cacing tambang, kutu atau pediculus humanus capitis, scabies atau sarcoptes scabiei. 

Bila parasit tersebut berhasil masuk ke dalam tubuh manusia maka otomatis orang tersebut akan mengalami infeksi kulit. 

Bakteri juga dapat merupakan salah satu penyebab terjadinya infeksi pada kulit seperti bisul, bakteri mycobacterium tuberculosis yang menyebabkan penyakit TBC kulit atau myctobacterium leprae yang menyebabkan penyakit kusta

Bakteri akan mudah masuk ke dalam kulit manusia apabila terdapat luka terbuka yang tidak segera diobati dan dibersihkan. 

Sementara itu selain virus, bakteri dan parasit, masih ada jamur yang dapat menyebabkan terjadinnya infeksi pada kulit manusia seperti jamur dermatofita, malasezzia furfur dan cacida yang dapat menyebabkan panu dan kurap serta gatal pada kulit manusia. 

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Cefspan 100mg cap 1

Selain itu jamur pun dapat timbul dan tumbuh pada kulit bila keadaan kulit manusia yang terlalu lembab sehingga mendukung perkembangbiakan jamur pada kulit manusia seperti memakai kaos kaki atau sepatu yang basah atau memakai baju yang tidak menyerap keringat sehingga kulit menjadi lembab.

Pengobatan pada setiap penyakit infeksi kulit sendiripun bermacam macam tergantung dari apa yang menyebabkan seseorang tersebut terkena infeksi kulit. 

Infeksi kulit yang bersifat ringan seperti panu, kudis, kurap dan semacamnya umumnya dapat diobati dengan berbagai macam obat obatan krim maupun salep anti panu, kudis, kurap yang bisa dibeli secara umum di pasar, apotek dan mini market terdekat. 

Sementara untuk infeksi kulit yang lebih berat seperti campak ataupun cacar ular, si penderita harus berkonsultasi ke dokter kulit terdekat untuk mendapatkan pengobatan baik berupa krim atau salep serta pengobatan dari dalam berupa obat obatan minum untuk mempercepat proses penyembuhan infeksi kulit itu sendiri. 

Untuk menghindari diri kamu dari serangan infeksi kulit, hendaklah kamu:

  • Menjaga kesehatan dan kebersihan kulitmu setiap saat baik dengan mandi teratur setiap pagi dan sore hari
  • Cuci tangan dan kaki setelah berpergian
  • Tidak berbagi handuk atau peralatan pribadi lainnya dengan orang yang memiliki penyakit kulit serta bila kulit terluka
  • Segera bersihkan luka dengan air mengalir.

 

 


37 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app