Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Wintergreen: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: NOV 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 893.271 orang

Minyak Wintergreen secara tradisional diekstrak dari daun tanaman wintergreen. Proses produksi minyak tersebut melalui fermentasi bahan alami dari tanaman. Ini dilanjutkan dengan penyulingan untuk mendapatkan produk yang lebih murni. Produk akhir hampir mencakup seluruhnya terdiri dari metil salisilat, bahan aktif dari minyak wintergreen. Produksi alami minyak wintergreen mengalami penurunan karena berkembangnya pembuatan metil salisilat sintetis. Dalam beberapa produk, metil salisilat sintetis dapat muncul sebagai salah satu dari beberapa jenis minyak, termasuk minyak wintergreen, minyak gaultheria, atau minyak teaberry.

Minyak wintergreen adalah sangat populer dan terkenal di hampir seluruh dunia dan dipercaya orang-orang untuk menyembuhkan orang yang menderita rematik, radang sendi, asam urat, dan rasa sakit pada tulang dan sendi mereka karena sejumlah alasan. Minyak ini sudah tersedia dan dapat ditemukan di berbagai toko. Wintergreen adalah nama satu jenis tanaman asli dari Amerika Utara dan diyakini telah ditemukan oleh penduduk asli Amerika untuk menghilangkan rasa sakit pada otot dan persendian.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Minyak wintergreen yang diencerkan dapat dioleskan atau melalui vaporizer. Cara tersebut saat ini sudah populer karena sifat penghilang rasa sakit dari minyak yang dapat membantu masalah otot atau tulang. Bahkan, metil salisilat biasanya ditambahkan sebagai pereda nyeri topikal Minyak wintergreen juga digunakan secara aromaterapi (disebarkan, diuapkan atau ditambahkan ke mangkuk air panas), sehingga minyak wintergreen dapat membantu memberikan rasa rileks dan kenyamanan pada ruangan.

Manfaat minyak wintergreen

Sebagai penghilang nyeri
minyak yang dioleskan di kulit mudah diserap melalui kulit dan adanya kandungan metil salisilat menginduksi efek anestesi pada saraf pada daerah yang nyeri. Obat ini juga meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan sirkulasi darah berlebih pada area tubuh.

Mengurangi Kram otot
Efek relaksasi dan stimulasi dari minyak wintergeen dapat mengurangi kram pada sistem pernapasan, otot, pencernaan, dan kandungannya dipercaya mengurangi masalah pernapasan, asma, batuk spasmodik, kram otot, gangguan pencernaan, diare kejang, kejang, dan berbagai penderitaan gugup.

Sebagai relaksasi
Pemberian aromaterapi dengan minyak wintergreen dapat menghilangkan rasa sakit dan menginduksi relaksasi. Wintergreen merupakan kombinasi antara analgesik dan relaksasi. Minyak esensial Wintergreen akan menghilangkan rasa sakit dan menghilangkan stres dan ketegangan. Cara ini sangat berguna untuk mendapatkan tidur yang nyenyak di akhir hari atau bagi orang yang sulit untuk tidur karena rasa sakit atau stres.

Membantu sistem saluran kemih
Sifat diuretik minyak wintergreen berasal dari kualitas rangsangan pada organ-organ dalam sistem kemih dan penyaringan air oleh ginjal, sehingga meningkatkan frekuensi dan kuantitas urin. Ini sangat membantu karena mempercepat pembuangan racun seperti asam urat dan melindungi dari penyakit seperti rematik, radang sendi, dan lainnya yang disebabkan oleh akumulasi racun. Pembeerian wintergreen juga menghilangkan kelebihan air, lemak, dan garam dari tubuh, sehingga membantu menyembuhkan edema, dan hipertensi.

Efek samping dan perhatian khusus pada penggunaan wintergreen

Metil salisilat merupakan bahan aktif yang terkandung dalam minyak wintergreen yang memiliki sifat beracun pada beberapa kondisi, maka harus selalu berhati-hati saat menggunakan minyak wintergreen. Perawatan khusus harus diperhatikan pada pemberiannya untuk anak-anak. Minyak Wintergreen tidak boleh digunakan untuk anak-anak dan harus selalu ditutup rapat dalam botol pengaman serta jauh dari jangkauan anak-anak.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Metil salisilat sangatlah berbahaya apabila dicerna dalam jumah banyak  atau diaplikasikan melalui kulit dari waktu ke waktu. Metil salisilat dan minyak wintergreen dapat meningkatkan efek antikoagulan dan obat pengencer darah.

Tanda dan gejala keracunan metil salisilat antara lain:

    • mual atau muntah
    • pernapasan cepat (hiperventilasi)
    • berkeringat
    • dering di telinga (tinnitus)
    • otot berkedut
    • kejang
    • koma

    Kandungan Metil salisilat dalam minyak wintergreen dapat menyebabkan reaksi alergi tertentu, seperti gatal-gatal, kesulitan bernapas dan pembengkakan pada wajah, lidah, bibir atau tenggorokan. Kondisi ini juga dapat menyebabkan rasa sakit, terbakar parah dan kulit melepuh.  Lakukan tes tempel kulit terlebih dahulu jika memeriksa apakah Anda sensitif terhadap metil salisilat. Selain itu, konsultasikan dengan dokter untuk menyingkirkan kemungkinan komplikasi.

    Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
    (1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

    Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

    Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


    Lampirkan file (foto atau video)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    * Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
    Submit

    Pesan Pengiriman Obat Ini

    Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

    Chat di WhatsApp
    Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini