Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Bekas Luka

Cara Mengobati Kulit Melepuh

Dipublish tanggal: Sep 30, 2019 Update terakhir: Jan 20, 2020 Waktu baca: 2 menit

Apa itu lepuhan?

Lepuh adalah kantong kecil berisi cairan yang biasanya terbentuk di lapisan atas kulit setelah terjadi  kerusakan. Lepuh di kulit dapat berkembang di mana saja pada tubuh tetapi paling umum pada tangan dan kaki.

Apa yang menyebabkan luka lepuh?

Cairan terkumpul di bawah kulit yang rusak, menutupi jaringan di bawahnya guna melindungi jaringan dari kerusakan lebih lanjut dan memungkinkannya untuk sembuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Thiamycin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada saluran pernafasan, infeksi saluran pencernaan, dan infeksi saluran kemih. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Kebanyakan luka lepuh diisi dengan cairan bening (serum), tetapi dapat diisi dengan darah (lepuh darah) atau nanah jika menjadi meradang atau terinfeksi. Beberapa penyebab luka lepuhan pada kulit diantaranya:

Gesekan

Setiap gesekan atau gesekan yang berulang dapat menyebabkan lecet.

Lepuh ini biasanya akan muncul di tangan atau kaki, biasanya saat menggunakan sepatu. karena ini adalah area yang paling sering mengalami abrasi berulang, baik berjalan, berlari atau berolahraga.

Bahan kimia

Kulit kadang-kadang bisa melepuh karena bahan kimia tertentu. Kondisi ini dikenal sebagai dermatitis kontak.

Kondisi Ini dapat mempengaruhi beberapa individu yang melakukan kontak dengan bahan iritan yang berikut:

  1. kosmetik
  2. deterjen
  3. pelarut
  4. nikel sulfat
  5. gigitan serangga dan sengatan

Penyakit

Beberapa bentuk dan jenis penyakit yang menyebabkan kulit melepuh diantaranya:

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Cefspan merupakan antibiotik untuk mengatasi infeksi pada saluran pernafasan atas, infeksi saluran kemih dan kelamin, kulit & jaringan lunak. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Cefspan 100mg cap 1
  1. Campak
  2. Herpes
  3. Impetigo bulosa
  4. Eksim
  5. Pempigus bulosa

Suhu ekstrim

Luka bakar yang ringan biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari dimana sinar ultraviolet secara perlahan membakar permukaan kulit luar. 

Tabir surya dapat membantu mencegah luka bakar ringan saat di bawah sinar matahari. Jaga agar kulit Anda tertutup oleh pakaian untuk menghindari lepuh dari sengatan matahari. 

Pelembab dan losion juga dapat membantu meringankan ketidaknyamanan jika Anda terkena sinar matahari.

Luka bakar lainnya yang lebih berat dapat menyebabkan lepuhan berisi cairan bening yang disebabkan oleh susu panas mendadak yang tersentuh oleh kulit. Luka bakar disertai lepuhan disebabkan oleh luka bakar derajat dua. 

Bagaimana cara mengobati kulit melepuh?

Terapi alami

1. Teh hijau

Teh hijau memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu penyembuhan pada luka lepuhan. Seduh Teh dalam air mendidih dicampurkan dengan soda kue lalu biarkan dingin. Oleskan pada daerah lepuhan.

2. Lidah buaya

Jika Anda memiliki lepuh akibat luka bakar ringan atau terbakar sinar matahari, olesangel lidah buaya dapat membantu mengurangi rasa sakit. Untuk bantuan tambahan, simpan di lemari es. Suhu dingin akan membantu menarik panas dari kulit. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Thiamycin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada saluran pernafasan, infeksi saluran pencernaan, dan infeksi saluran kemih. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Selain mengurangi peradangan dan meningkatkan penyembuhan, lidah buaya juga dinilai dapat mengurangi ukuran jaringan parut pada belas luka. 

3. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang dapat membantu membersihkan dan mensterilkan luka. Studi menunjukkan bahwa minyak dapat melawan bakteri, seperti Escherichia coli dan Staphylococcus aureus.

4. Memecahkan lepuhan

Meskipun hal yang terbaik adalah membiarkan lepuh bersih menghilang dengan sendirinya, lepuhan juga dapat dipecahkan dengan bantuan jarum yang sudah disterilkan, terutama jika luka lepuhan sangat besar atau berada tempat yang tidak nyaman. 

Jangan pernah mencoba memecahkan melepuh seperti menekan jerawat.

Terapi medis

Salep antibiotik

Salep antibiotik bekerja untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh luka lepuhan yang telah pecah. Oleskan salep di daerah bekas lepuhan setidaknya tiga kali sehari setelah membersihkan badan. Tutup bekas lepuhan dengan bandage bila perlu.

Sunblock

Sunblock atau tabir surya dengan kadar SPF tinggi dapat membantu mencegah luka bakar akibat sengatan cahaya matahari yang memicu luka melepuh pada permukaan kulit.


2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Blisters: Pictures, Causes, Treatment, and Prevention. Healthline. (https://www.healthline.com/health/blisters)
Blister Treatment: Tips for Getting A Blister To Heal. WebMD. (https://www.webmd.com/first-aid/blisters-treatment)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit