Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA ENWA SIWI

Obat Metil Salisilat - Manfaat, Efek Samping dan, Dosis

Update terakhir: Mar 21, 2019 Tinjau pada Apr 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.084.668 orang

Metil salisilat adalah analgesik yang tersedia sebagai obat yang dijual bebas ( OTC) yang secara sementara meredakan sakit di badan yang minor, baik nyeri otot maupun nyeri sendi yang berhubungan dengan sakit punggung, arthritis, dan peregangan. 

Metil salisilat dapat ditemukan dalam bentuk obat nyeri topikal (seperti krim atau obat oles) yang mengandung methyl salicylate 15ml, menthol 3 gr, thymol 0,5g.  

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Indikasi penggunaan Metil salisilat

Metil salisilat digunakan untuk mengobati rasa sakit minor dan rasa nyeri otot atau sendi seperti arthritis, sakit punggung, dan peregangan. Mentol dan Metil salisilat sering disebut counterirritant, karena keduanya dapat meyebabkan rasa dingin lalu menjadi hangat pada kulit. 

Rasa dingin yang lama kelamaan menjadi hangat ini dapat mengalihkan Anda dari merasa nyeri atau sakit yang menjadi-jadi pada otot, sendi dan tendon. Jangan diberikan pada anak yang berusia kurang dari 2 tahun.  

Bacalah dan pahami label secara hati-hati sebelum memberikan kepada Anak yang berusia 2 hingga 12 tahun.

Efek samping Metil salisilat

Efek samping yang timbul rasa tersengat atau terbakar, kemerahan, kulit kering, irirtasi kulit, pada bagian yang diaplikasikan, mungkin terjadi. Jika efek samping ini tidak kunjung hilang atau memburuk, hubungi dokter atau farmasis Anda segera. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Hentikan penggunaan jika terjadi efek samping yang serius seperti: bengkak, kemerahan yang parah pada daerah yang diaplikasikan.  

Cara menggunakan Metil salisilat

Gunakan Metil salisilat hanya sesuai dengan petunjuk dari label, atau dari resep yang diberikan oleh dokter. Jangan menggunakan dalam jumlah yang besar, terlalu kecil atau lebih lama dari yang direkomendasikan.

Pastikan bahwa kulit Anda bersih dan kering sebelum mengaplikasikan Metil salisilat topikal. Jangan mengaplikasikan Metil salisilat pada luka yang terbuka, luka bakar , kering, pecah-pecah atau mengalami iritasi atau terbukti mengalami alergi

Saat menggunakan Metil salisilat krim topikal, gel, lotion, minyak, obat oles atau semprotan, aplikasikan sedikit dan lapisan tipis ke area yang bermasalah dan gosok secara perlahan hingga benar-benar meresap. 

Untuk menggunakan cairan atau stik, bukalah aplikator dan tekan secukupnya pada kulit Anda untuk mengaplikasikan Metil salisilat. Pijat secara perlahan pada area yang bermasalah hingga benar-benar telah meresap. 

Untuk mengaplikasikan Metil salisilat koyo topikal, lepaskan pelapis dan aplikasikan koyo pada kulit yang terasa nyeri. Tekan ujung-ujungnya secara perlahan agar pas. Buang koyo dan aplikasikan koyo baru dengan mengganti sekali atau dua kali apabila diperlukan. 

Metil salisilat dapat digunakan 4 kali sehari atau sesuai petunjuk kegunaan pada label obat. Cucilah tangan Anda dengan sabun dan air segera setelah mengaplikasikan Metil salisilat topikal atau memegang koyo. 

Jika Anda mengaplikasikan Metil salisilat ke tangan atau jari Anda karena di bagian tersebut terdapat yang sakit, tunggu kira-kira 30 menit sebelum mencuci tangan Anda. Untuk mencegah Metil salisilat merasuk ke dalam jari-jari Anda, Anda dapat menggunakan sarung tangan lateks, sarung jari, bola-bola kapas, atau tisu yang bersih untuk mengaplikasikan obat. 

Metil salisilat dapat menyebabkan rasa terbakar atau rasa dingin saat diaplikasikan. Rasa ini biasanya tidak berat dan akan berkurang seiring berjalannya waktu. Jika rasa terbakar menyebabkan nyeri atau menyebabkan rasa tidak nyaman, cucilah bagian kulit yang diberi Metil salisilat dengan air dingin dan sabun. 

Jangan menutup kulit yang diberi Metil salisilat dengan plester luka atau plester pemanas, yang meningkatkan rasa terbakar. Anda boleh menutupinya dengan kain. Hindarkan Metil salisilat dari mata Anda. 

Jika terkena mata, segera bilas mata dengan air mengalir. Selain itu, jauhkan Metil salisilat dari lensa kontak, gigi palsu, dan barang-barang lain yang kontak langsung dengan area sensitif tubuh Anda. 

Hindari pengaplikasian Metil salisilat setelah mandi atau mencukur. Penggunaan Metil salisilat pada kulit yang areanya baru dicukur dapat menyebabkan iritasi kulit. Segera periksakan ke dokter apabila rasa nyeri tidak kunjung sembuh setelah penggunaan selama 7 hari, atau jika gejala semakin memburuk atau tidak kunjung membaik.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp