Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Nicotinamide: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: NOV 16, 2019 Tinjau pada NOV 16, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.448.434 orang

Nicotinamide adalah obat yang mengandung jenis vitamin B3 atau niacin. Penggunaan obat nicotinamide banyak digunakan untuk pengobatan jerawat di wajah yang menumpuk serta gangguan peradangan kulit lainnya. Nicotinamide juga sering disebut sebagai niacinamide yang juga berisikan komponen penting untuk mencegah efek samping akibat kekurangan vitamin B3 di dalam tubuh.

Nicotinamide merupakan golongan dari co-enzim dari Nicotinamide Adenine Dinucleotide atau NAD atau seriing disebut Nadide. NAD merupakan koenzim yang memiliki fungsi sebagai reaksi enzim yang bekerja menyediakan carrier  berbasis elektron. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Komponen yang adala di dalam koenzim NAD ini memiiki fungsi utama untuk menghindari munculnya pellagra yang disebabkan oleh kurangnya kadar vitamin B3 di dalam tubuh.

Mengenai Nicotinamide

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Tablet, sirop, cairan suntik, gel

Kandungan:

Suplemen

Manfaat Dari Nicotinamide

Berikut beberapa manfaat dari obat nicotinamide dalam kehidupan sehari-hari.

Pellagra
Manfaat yang penting dari kandungan nicotinamide sebagai vitamin B3 adalah sebagai pencegahan untuk penyakit pellagra. Pellagra adalah kondisi defisiensi vitamin B3 yang menimbulkan 3 gejala klinis utama antara lain peradangan kulit (dermatitis), berkurangnya daya ingat (demensia), dan gangguan saluran cerna (diare). Pellagra dapat menimbulkan kematian apabila tidak ditangani dengan asupan vitamin B3 yang cukup.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jerawat
Jerawat atau akne vulgaris merupakan peradangan pada kulit akibat peningkatan kelenjar minyak di wajah. Selain faktor sebasea, faktor stres terkadang juga menjadi alasan timbulnya jerawat yang dapat muncul secara ringan hingga berat. Jerawat sendiri dapat berupa komedo, jerawat berisi pus hingga dapat bertambah banyak akibat peradangan yang terus menerus.

Arthritis
Arthritis adalah rasa nyeri yang timbul pada persendian dan tulang yang disebabkan oleh peradangan. Penyakit serupa seperti osteoarthritis banyak menyerang wanita usia lanjut akibat penyempitan dan peradangan sendi sehingga menimbulkan keterbatasan gerakan hingga rasa nyeri saat berjalan. Obat nicotinamide ternyata bermanfaat untuk mengurangi perkembangan sel radang tulang dan sendi sehingga dapat menghambat munculnya arthritis.

Tumor
Beberapa penanganan penyakit tumor yang berat terkadang memerlukan terapi radiasi atau kemoterapi. Menurut hasil penelitian, telah menunjukkan bahwa dengan asupan kadar nicotinamide yang tinggi dapat membantu meningkatkan efektivitas radiasi sehingga dapat mempercepat terapi tumor.

Efek Samping Obat Nicotinamide

Obat atau suplemen yang memiliki kandungan nicotinamide didalamnya juga dapat menimbulkan beberapa efek samping walaupun tidak semua orang mengalaminya. 

Efek samping dapat muncul secara ringan hingga berat sampai memerlukan tindakan medis lebih lanjut walaupun ini jarang terjadi. Berikut efek samping yang perlu dikenali selama pengobatan dengan nicotinamide.

  • Sakit kepala
  • Diare (biasa akibat overdosis atau alergi)
  • Rasa tidak nyaman pada perut
  • Hipotensi ortostatik
  • Gula darah meningkat
  • Gangguan hati
  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Demam
  • Ruam gatal pada kulit
  • Kulit kering

Dosis Obat Nicotinamide

Obat nicotinamide tersedia dalam bentuk tablet dengan dosis 100 mg dan 400 mg, serta topikal atau obat oles berbentuk krim 4% dan gel 4%. Dosis dan aturan pakai obat nicotinamide ini disesuaikan dengan jenis penyakitnya. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Penggunaan obat nicotinamide oral ditujukan pada penderta kekurangan vitamin B3 seperti pada pellagra. Dosis yang diberikan yaitu 100 mg hingga 500 mg dengan dosis maksimal 500 mg dalam satu hari.

Untuk penderita jerawat atau acne vulgaris, pemberian obat oles bermanfaat untuk mengobati dan mencegah peradangan kembali pada jerawat di wajah. Oleskan secukupnya selama 2 kali sehari pada derah jerawat. Dosis dikurangi apabila kulit sudah membaik. 

Interaksi Obat Nicotinamide

Berikut ini adalah beberapa contoh obat yang dapat menimbulkan interaksi merugikan jika digunakan bersama dengan nicotinamide:

  • Obat penghambat enzim HMG-CoA reduktase dapat meningkatkan kadar nicotinamide di dalam darah.
  • Carbamazepine dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk menghancurkan obat di dalam tubuh.
  • Obat pengencer darah seperti aspirin, clopidogrel, warfarin dapat meningkatkan risiko perdarahan.
  • Hindari pemakaian paracetamol, methotrexate, methyldopa, isoniazid atau phenytoin dapat mengganggu fungsi hati.

Perhatian

Selama pengobatan dengan obat nicotinamide, Anda disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter terkait adanya alergi dengan beberapa obat-obatan. Selain itu terdapat beberapa peringatan sebelum atau selama mengonsumsi obat nicotinamide.

  • Obat nicotinamide merupakan jenis obat kategori C sehingga perlu perhatian khusus selama penggunaanya pada ibu hamil dan menyusui
  • Anda tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi alkohol selama mengonsumsi obat nicotinamide
  • Perhatian khusus mengenai dosis obat pada penggunaan nicotinamide pada penderita diabetes melitus, penyakit hati, dan penderita gout atau asam urat
  • Jangan menambahkan dosis apabila dosis sebelumnya terlewatkan. 


Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini