Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR. SCIENTIA INUKIRANA

Vitamin B3: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mar 11, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Tinjau pada Mar 22, 2019 Waktu baca: 2 menit

Vitamin B3 (Niasin atau asam nikotinat) sangat penting untuk kesehatan tubuh, sistem saraf, dan dalam melepaskan energi dari makanan yang dikonsumsi. Vitamin B3 (niasin) dapat bersumber dari banyak makanan, seperti daging, ikan (tuna dan salmon), telur, jamur, hati, sayuran hijau, susu, dan kentang. 

Saat ini Niasin digunakan untuk pengobatan hiperlipidemia dan penyakit jantung. Sebagai pengobatan, niasin dapat menangani kolesterol dan menurunkan risiko kardiovaskular. Sebagai penanganan kolesterol, niasin dapat meningkatkan level dari kolesterol HDL yang dikenal sebagai kolesterol baik dan menurunkan trigliserida

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Berfungsi melindungi sistem pencernaan & memperbaiki fungsi normal saluran pencernaan saat diare, konstipasi, dan penggunaan antibiotika jangka panjang pada bayi, anak-anak ataupun dewasa. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Niasin juga dapat menurunkan kadar dari kolesterol LDL yang dikenal juga sebagai kolesterol jahat. Fungsi suplemen vitamin B3 (niasin) sebagai pengobatan kolesterol sesuai dengan dosis terapi.

Penggunaa niacin berlebihan dapat menyebabkan wajah kemerahan, gangguan hati, masalah pencernaan, atau intoleransi glukosa. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan untuk melebihi dosis yang dianjurkan. 

Disisi lain, kekurangan vitamin B3 dalam tubuh dapat menyebabkan gejala, seperti demensia, diare, peradangan kulit. Niasin sebaiknya dikonsumsi sesudah makan untuk mengurangi risiko efek samping sakit perut dan dapat diminum oleh anak-anak dan dewasa. 

Vitamin B3 (niasin) berada dalam bentuk sediaan tablet, kapsul, dan obat suntik. Namun, obat ini tersedia hanya dalam bentuk kombinasi dengan vitamin dan mineral lain.

Cara kerja Vitamin B3? 

Vitamin B3 (Niasin) dapat menurunakan esterifikasi trigliserida hati, menurunkan kadar serum apolipoprotein B-100 (apo B), komponen protein utama dari (protein dengan massa jenis rendah ) VLDL, menurunkan fraksi lemak jahat (LDL dan trigliserida), sebagai agen antiradang di pembuluh darah serta berikatan dengan sel lemak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Manfaat dan Efek Samping                               

Vitamin B3 (Niasin) bermanfaat untuk menangani kolesterol, menurunkan risiko kardiovaskular, menurunkan aterosklerosis, menurunkan risiko serangan jantung, dan niasin di FDA disetujui untuk mengobati pellagra (kondisi yang sangat jarang akibat defisiensi niasin). 

Efek samping yang umum terjadi dikarenakan konsumsi vitamin B3 (niasin), seperti: muka merah(flushing), diare, sakit kepala, sakit perut, kulit menjadi berwarna merah, dan berkurangnya tekanan darah secara drastis saat berdiri (hipotensi ortostatik). 

Apabila anda merasa efek samping tersebut dan tidak kunjung mereda, segeralah temui dokter dan tenaga medis terdekat.

Dosis Vitamin B3? 

Dosis harian yang direkomendasikan oleh vitamin B3 (niasin) adalah

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Berfungsi melindungi sistem pencernaan & memperbaiki fungsi normal saluran pencernaan saat diare, konstipasi, dan penggunaan antibiotika jangka panjang pada bayi, anak-anak ataupun dewasa. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

  • Sebagai suplemen Recommended Diatery Allowance (RDA)
  • Sebagai suplemen menurut OTC
  • Pengobatan hiperlipidemia
  • Laki-laki ≥ 19 tahun 16mg/hari
  • Wanita ≥ 19 tahun 14mg/hari
  • Wanita hamil 18 mg/hari
  • Ibu menyusui 17 mg/hari

50mg dua kali sehari

-penurunan lemak secara cepat : 250mg sekali sehari selama 2-4minggu maksimal 6gram/hari

- penurunan lemak perlahan : 500mg/hari

Peringatan terhadap Vitamin B3? 

Hati-hati penggunaan vitamin B3 bagi penderita gangguan ginjal, hati, tekanan darah rendah, tukak peptik, reumatik, asam urat, gangguan pada kantung empedu, dan diabetes.

Interaksi dengan obat lain

Interaksi dapat terjadi apabila vitamin B3 (niasin) diberikan bersamaan dengan obat-obatan, seperti heparin dan warfarin karena dapat meningkatkan risiko mengalami pendarahan.

Penyimpanan Vitamin B3?

Vitamin B3 (niasin) dapat disimpan pada tempat kering, terhindar dari sinar matahari langsung, dan kelembapan.

 


11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Niacin. Linus Pauling Institute. (https://lpi.oregonstate.edu/mic/vitamins/niacin)
Complementary and Alternative Medicine. Penn State Hershey Medical Center. (http://pennstatehershey.adam.com/content.aspx?productid=107&pid=33&gid=000335)
vitamin B3, Niacor (niacin) dosing, indications, interactions, adverse effects, and more. Medscape. (https://reference.medscape.com/drug/vitamin-b3-niacor-niacin-344422)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp