Komedo Putih - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Mar 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 439.967 orang

Komedo, tentunya bukan hal yang asing lagi untuk dibicarakan baik oleh kaum wanita maupun kaum pria. Ya, kehadiran komedo di kulit wajah kita tentunya sudah seperti layaknya kehadiran jerawat di wajah yang sifatnya sangat umum dan kebanyakan ditemukan di area hidung setiap individu.  

Walaupun bukan merupakan gangguang yang bisa menimbulkan rasa sakit, namun hadirnya komedo pada area wajah seseorang tentunya membawa rasa tidak nyaman dan kurang pede apalagi buat para kaum wanita.

Lalu tahukah kamu apa itu komedo putih ? Bukankah selama ini komedo yang ada pada area wajah kita hanyalah komedo yang berwarna hitam saja ? Nah untuk menambah ilmu pengetahuanmu seputar komedo putih, yuk simak artikel satu ini.

Apa itu Komedo Putih ?

Komedo putih sebenarnya merupakan salah satu dari jenis jerawat yang terbentuk saat minya, bakteri, folikel rambut halus dan sel sel kulit mati di wajah terperangkap di pori pori kulit wajah. Komedo putih sering juga disebut komedo tertutup atau biasa juga disebut dengan nama Whitehead. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Kehadiran komedo di setiap kulit wajah seseorang memang bukan suatu hal yang aneh dan asing lagi terutama di kulit wajah seseorang dengan tipe kulit yang berminyak karena komedo tersebut juga bisa tercipta karena kelenjar minyak terlalu banyak memproduksi minyak di dalam kulit sehingga menyebabkan pori pori pada kulit wajah tersumbat dan menimbulkan komedo.

Dalam hal kehadiran komedo, siapapun bisa terkena gangguan wajah satu ini, ya, kaum pria maupun wanita sama sama bisa merasakan kehadiran komedo pada wajahnya bila terlalu banyak minyak di wajah yang membuat pori pori kulit nya tersumbat.

Komedo juga hadir tanpa memandang usia dimana remaja, dewasa hingga orang tua bisa juga mengalami kulit berkomedo.  Semua ini tergantung dari pola hidup dan kebiasaan sehari hari terutama dalam merawat kebersihan kulit di area wajah. 

Komedo sendiri sebenarnya bisa hadir di seluruh bagian wajah seseorang, namun kebanyakan komedo hadir dan tumbuh subur di Zona T wajah seseorang, atau bisa juga disebut di area hidung, dagu, dan kening.

Penyebab hadirnya Komedo Putih               

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa komedo terbentuk akibat minyak yang diproduksi terlalu banyak sehingga menyebabkan proses penyumbatan pada pori pori kulit seseorang. Selain faktor utama tersebut, berikut ini ialah faktor faktor penyebab munculnya komedo putih pada kulit seseorang seperti :

  • Perubahan hormon
    Perubahan hormon biasanya dipengaruhi oleh usia seseorang dimana pastinya setiap individu akan mengalami masa pubertas, masa kehamilan, menstruasi, menopause dan sebagainya.

    Siklus kehidupan inilah yang banyak menyebabkan hormon pada diri seseorang berubah sehingga menyebabkan kenaikan dalam proses produksi minyak di area kulit yang akan menyebabkan penyumbatan pada pori pori kulit seseorang.

    Selain siklus kehidupan tersebut, masih ada faktor seperti mengkonsumsi pil KB serta faktor genetik yang juga mendukung perubahan hormon bisa terjadi dalam diri seseorang. 

  • Kulit wajah yang dasarnya memang sudah berminyak
    Terdapat 3 tipe kulit yang paling banyak dimiliki oleh seluru individu manusia di dunia ini yaitu kulit berminyak, kulit kering dan kulit normal. Tentunya seseorang dengan kulit wajah berminyak akan lebih cenderung mudah untuk memilki komedo yang lebih banyak dibanding mereka dengan tipe kulit wajah kering ataupun normal.

  • Kulit wajah sering terkena kontak dengan berbagai bahan kimia sepertii isopropyl myristate, propylene glycol, dan beberapa pewarna komestik

  • Adanya trauma pada area kulit yang disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti suka memencet jerawat, mencuci muka secara berlebihan dan kasar, suka melakukan peeling dan laser

  • Kebiasaan merokok, mengkonsumsi alkohol dan begadang

  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar gula dan lemak tinggi serta banyak mengandung susu seperti kue

  • Terlalu banyak menggunakan makeup dan tidak membersihkan make up dengan bersih

Pengobatan Komedo Putih

Untuk komedo sendiri, kamu dapat mengobati komedo dengan beberapa cara yang mudah seperti dengan menggunakan putih telur. Kamu hanya perlu mencuci kulit wajahmu dengan bersih, lalu gunakan kocokan putih telur, balurkan ke area wajahmu, tunggu sekitar 15-20 menit hingga kulit wajahmu terasa kaku dan tertarik keras.

Setelah itu bersihkan, kamu bisa lakukan ini 1 minggu 1 kali untuk hasil yang maksimal. Namun bila kamu ingin hasil yang lebih instan, kamu bisa menggunakan obat kulit berjerawat yang mengandung bahan Benzoyl Peroxide yang bisa mengontrol minyak berlebih dalam pori pori.

Selain itu kamu bisa pergi berkonsultasi dengan dokter kulitmu untuk mendapatkan treatment instan seperti chemical peeling, ekstraksi komedo dan lainnya sehingga kamu dapat menghilangkan komedo putihmu secara instan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit