Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR AHMAD MUHLISIN
Makanan dan Diet Sehat

Ragam Manfaat Buah Plum Merah Bagi Kesehatan

Update terakhir: Jul 6, 2019 Tinjau pada Jul 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.511.025 orang

Ragam Manfaat Buah Plum Merah Bagi Kesehatan

Ada begitu banyak manfaat buah plum merah yang selama ini mungkin belum diketahui. Mulai dari menjaga kesehatan pencernaan, jantung hingga fungsi kognitif. Untuk lebih memahami, mari simak berbagai manfaat buah plum merah berikut ini.

Plum adalah buah yang termasuk dalam genus Prunus. Bentuknya bulat atua oval, kurang lebih seukuran tomat. Rasanya berkisar dari manis hingga sedikit asam. Buah plum merah sendiri menjadi varietas yang paling umum dan populer di berbagai negara.

Di Indonesia, buah plum sudah tidak begitu sulit dijumpai. Biasanya tersedia di sejumlah pasar swalayan. Bahkan di beberapa kota sudah mulai ada yang membudidayakannya. Maka tak mengherankan bila buah plum tak lagi menjadi komoditi yang langka.

Tak hanya menawarkan rasa yang nikmat, buah plum khususnya plum merah ternyata memiliki beragam manfaat besar bagi kesehatan. Kandungan kalorinya pun terbilang rendah serta tidak mengandung lemak jenuh sehingga aman dikonsumsi siapapun, terlebih penderita diabetes.

Berikut berbagai manfaat buah plum merah selengkapnya:

1. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Bagi yang memiliki masalah pencernaan seperti sembelit atau konstipasi maka cobalah untuk mengonsumsi buah plum merah. Pasalnya, plum merah merupakan sumber serat makanan yang baik. Di dalamnya terdapat serat larut dan tidak larut yang dapat membantu mempromosikan regulasi usus dan gula darah yang stabil.

2.Menjaga Kesehatan Jantung

Flavonoid dan senyawa fenolik seperti antosianin, asam klorogenat, kuersetin dan katekin yang terkandung dalam buah plum merah memiliki efek anti-inflamasi pada sel-sel tubuh yang berbeda. Ditambah lagi dengan kehadiran vitamin K didalamnya yang telah terbukti dapat membantu mencegah kalsifikasi arteri dan tekanan darah tinggi.

3. Menurunkan Risiko Diabetes

Buah plum merah memiliki nilai indeks glikemik yang rendah dan senyawa flavonoid yang bermanfaat dalam melindungi tubuh terhadap resistensi insulin. Serat larut didalamnya pun diketahui dapat membantu menormalkan kadar gula darah dan berfungsi sebagai obat alami diabetes.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam plum merah bermanfaat bagi individu dengan sistem kekebalan tubuh yang melemah akibat stres. Mengingat stres seakan telah menjadi kondisi yang umum di masyarakat kita, maka asupan makanan tinggi vitamin C menjadi sangat dibutuhkan.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Annals of Nutrition and Metabolism, diketahui bahwa vitamin C ternyata memiliki kontribusi besar dalam menjaga integritas redoks sel yang pada akhirnya dapat melindungi tubuh terhadap spesies oksigen reaktif yang dihasilkan selama ledakan pernapasan dan respon inflamasi.

Hasil studi lainnya pun menemukan bahwa asupan vitamin C dan seng dalam jumlah cukup terbukti dapat mengurangi gejala dan mempercepat proses penyembuhan dari berbagai infeksi, termasuk infeksi saluran pernapasan, pneumonia, malaria dan diare infeksi, terutama pada anak-anak di negara berkembang.

5. Menjaga Tulang Tetap Kuat dan Padat

Di dalam buah plum merah terkandung polifenol, kalium dan potasium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Polifenol dan kalium bermanfaat dalam meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang. Sementara potasium yang ditemukan dalam plum merah berkhasiat dalam melindungi tulang agar tidak mudah lemah dan rentan terhadap patah tulang.

6. Sumber Antioksidan yang Baik

Buah plum merah termasuk salah sumber makanan antioksidan tinggi yang dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh tertentu akibat proses oksidasi. Beberapa sumber antioksidan tersebut diantaranya yakni, vitamin C dan fitonutrisi seperti lutein, kriptoxantin, zeaxanthin, asam neoklorogenik dan asam klorogenat.

7. Menurunkan Kolesterol

Bagi yang bermasalah dengan kadar kolesterol tinggi, cobalah untuk merasakan manfaat buah plum merah yang satu ini. Serat larut yang terkandung dalam plum merah diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dengan cara menekan penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Membuatnya menjadi alternatif makanan sehat bagi para pejuang kolesterol tinggi untuk dapat terbebas.

8. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Konsumsi buah plum merah secara teratur sangat bermanfaat dalam membantu mencegah gangguan neurodegeneratif terkait usia seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson. Hal ini lantaran plum merah dibekali dengan banyaknya senyawa fitonutrien yang berperan besar dalam mengurangi peradangan di area neurologis, terutama di area hipokampus yang penting dalam proses belajar dan memori.

Dengan semua manfaat yang ditawarkannya, rasanya sangat disayangkan bila kita melewatkannya begitu saja. Oleh karena itu, nikmatilah kesegaran buah plum setiap hari. Kombinasikan pula dengan berbagai makanan bergizi lainnya guna menunjang kesehatan tubuh keseluruhan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit