Makanan dan Diet Sehat

7 Kandungan Buah Plum Yang Kaya Manfaat

Update terakhir: Mar 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 725.084 orang

7 Kandungan Buah Plum Yang Kaya Manfaat

Tidak diragukan lagi bahwa buah plum memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Di balik manfaat buah plum yang luar biasa tersebut tentu saja didasari oleh berbagai zat yang terkandung di dalamnya. Vitamin, mineral, dan antioksidan siap menyehatkan tubuh penikmatnya.

Buah yang rata-rata seukuran tomat ini memiliki rasa manis dan asam dengan aroma menyenangkan serta daging buah yang lembut. Jika Anda ingin menikmatinya, maka carilah di supermarket, karena buah ini bukan asli Indonesia, melainkan buah import.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Berikut aneka kandungan buah plum yang membuatnya bermanfaat bagi kesehatan tubuh:

1. Kalori Rendah

Plum rendah kalori (46 kalori per 100 g) dan tidak mengandung lemak jenuh, sehingga buah ini sangat cocok bagi yang ingin menurunkan berat badan, pengidap diabetes, dan kolesterol tinggi. Buah ini juga mengandung banyak senyawa yang mempromosikan kesehatan, seperti antioksidan, mineral, dan vitamin.

2. Serat, Sorbitol dan Isatin

Senyawa berkhasiat yang terkandung dalam buah plum diantaranya serat makanan, sorbitol, dan isatin. Ketiganya dapat membantu mengatur fungsi sistem pencernaan sehingga mampu mencegah dan meringankan masalah sembelit.

3. Antioksidan

Kekuatan antioksidan total buah plum yang diukur dalam ORAC (Oxygen radical absorbance capacity) adalah 6259 ?mol TE / 100 g angka yang menakjubkan. Kandungan antioksidan didapatkan dari vitamin dan beberapa zat seperti di bawah ini.

Vitamin C dalam buah plun merupakan antioksidan alami yang kuat. Konsumsi makanan kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistansi terhadap agen infeksi, melawan peradangan dan mengais radikal bebas yang berbahaya.

Buah ini juga memiliki antioksidan flavonoid poly phenolic seperti lutein, cryptoxanthin, dan zeaxanthin dalam jumlah yang signifikan. Senyawa ini membantu bertindak sebagai penghadang radikal bebas yang berasal dari oksigen (ROS, reactive oxygen species) yang sering bertanggung jawab terhadap penuaan dan berbagai proses penyakit.

4. Vitamin A

Plum segar termasuk golongan buah yang kaya akan vitamin A dan ?-karoten. Vitamin A penting untuk penglihatan yang baik, menjaga kesehatan mukosa dan kulit. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya vitamin A seperti ini juga terbukti dapat melindungi tubuh terhadap risiko kanker paru-paru dan rongga mulut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

5. Kaya mineral

Buah plum banyak mengandung mineral seperti kalium, fluorida dan zat besi. Zat besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Sedangkan kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.

6. Vitamin B

Buah plum juga menjadi sumber sederhana dari kelompok vitamin B-kompleks seperti niacin, vitamin B-6, dan asam pantotenat. Vitamin ini bertindak sebagai kofaktor membantu tubuh memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

7. Vitamin K

Kandungan vitamin K dalam buah plum memang tidak banyak, namun vitamin ini sangat penting dalam membantu kerja faktor pembekuan dalam pembuluh darah serta dalam metabolisme tulang. Ini juga membantu dalam membatasi kerusakan saraf pada pasien penyakit Alzheimer.

Selengkapnya, berikut kandungan dalam 100 gram buah plum (Sumber: USDA National Nutrient data base):

Kandungan Nilai Gizi Persentase RDA
Energi 46 Kcal 2,3%
Karbohidrat 11.42 g 8%
Protein 0,70 g 1%
Lemak total 0,28 g 1%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat makanan 1,40 g 3,5%
Vitamin
Folat 5 mcg 1%
Niasin 0,417 mg 3%
Asam pantotenat 0.135 mg 3%
Piridoksin 0,029 mg 2%
Riboflavin 0,026 mg 2%
Thiamin 0,028 mg 2%
Vitamin A 345 IU 11,5%
Vitamin C 9,5 mg 16%
Vitamin E 0,26 mg 2%
Vitamin K 6,4 mcg 5%
Elektrolit
Sodium 1 mg 0%
Kalium 157 mg 3%
Mineral
Kalsium 6 mg 0,6%
Tembaga 0,057 mg 6%
Besi 0,17 mg 2%
Magnesium 7 mg 2%
Mangan 0,052 mg 2%
Fosfor 16 mg 2%
Selenium 1,0 mcg 2%
Seng 0,10 mg 1%
Phyto-nutrient
Carotene-ß 190 mcg -
Crypto-xanthin-ß 35 mcg -
Lutein-zeaxanthin 73 mcg -

*RDA = recommended daily allowance, jumlah nutrisi harian yang direkomendasikan untuk kesehatan tubuh optimal.

Selain lezat terasa, mengonsumsi buah plum juga memungkinkan penikmatnya untuk merasakan manfaat dari kandungan-kandungan yang luar biasa tersebut. Langsung dimakan atau dijadikan minuman jus juga tak masalah, yang terpenting biasakan mengonsumsi buah-buahan dan masukkan buah plum ke dalam daftar buah favorit Anda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit