Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR AHMAD MUHLISIN
Makanan dan Diet Sehat

Cara Sehat dan Unik Memakan Buah Plum

Update terakhir: SEP 23, 2019 Tinjau pada SEP 23, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.245.350 orang

Cara Sehat dan Unik Memakan Buah Plum

Selain dapat dimakan langsung dalam kondisi segar, buah plum juga dapat dinikmati dengan cara lain untuk memperkaya cita rasa juga manfaat kesehatan yang ditawarkannya. Berikut ada sejumlah pilihan cara memakan buah plum yang unik dan patut dicoba.

Simak juga:

  • 20 Manfaat Buah Plum untuk Diet dan Kesehatan Tubuh
  • 7 Kandungan Buah Plum yang Kaya Manfaat

Cara memakan buah plum yang patut dicoba di rumah

1. Jadikan Salad Lezat nan Menggoda

Mengombinasikan buah plum dengan berbagai sayuran juga buah-buahan lainnya menjadi opsi menarik. Selain mendapatkan cita rasa yang lebih, manfaatnya bagi kesehatan pun akan lebih optimal.

Pertama, potong dadu buah plum dan buah-buahan lainnya yang disukai, seperti alpukat, stroberi, melon hingga semangka. Iris pula beberapa sayuran seperti daun selada, kol ungu dan tomat ceri. Campurkan semuanya ke dalam mangkuk berukuran sedang. Terakhir, tambahkan minyak zaitun, madu atau mustard sebagai dressing salad yang lezat.

2. Smoothie Plum

Di saat rasa panas dan dahaga menerjang, maka tuntaskan segera dengan smoothie plum yang menyegarkan. Bahan-bahan yang dibutuhkan sederhana saja, diantaranya sebagai berikut:

  • 3 buah plum segar dipotong dadu.
  • 1/4 cangkir bluberry beku.
  • 1/2 sdt kayu manis (sesuai selera).
  • 2 gelas susu segar.
  • Es batu secukupnya.

Satukan semua bahan di atas ke dalam blender, haluskan hingga tercampur rata. Lantas sajikan ke dalam gelas dan minumlah segera semasi segar.

3. Siram dengan Saus Coklat

Suasana hati sedang buruk, pikiran pun menjadi kalut? Coba atasi dengan menyantap beberapa potong buah plum dan siraman coklat lezat. Bukan tanpa alasan, baik buah plum maupun coklat, keduanya sama-sama memiliki kandungan yang dapat membantu mendongkrak kadar serotonin dan dopamin. Imbasnya, emosi dan mood pun akan menjadi lebih stabil.

4. Pasta Lezat dengan Ayam dan Plum Panggang

Cara memakan buah plum yang satu ini sangat cocok disajikan sebagai menu makan malam sehat. Cara memasak dan bahan yang dibutuhkan pun tak begitu sulit. Siapkan 3 bahan utamanya, yakni 57-85 gram pasta, 2 irisan sedang dada ayam tanpa kulit dan 2 buah plum segar.

Masukkan pasta ke dalam air mendidih. Rebus selama beberapa menit sambil terus diaduk agar tidak lengket. Masak hingga matang, kemudian tiriskan ke dalam piring saji. Selanjutnya, panggang dada ayam dan plum segar yang telah di potong-potong menjadi beberapa bagian. Bumbui dada ayam dengan sedikit garam juga lada.

Setelah keduanya matang, satukan dengan pasta yang telah ditiriskan ke dalam piring saji. Sebagai tambahan, berikan secukupnya parutan keju parmesan, daun peterseli yang telah dicincang dan kacang almond. Siram dengan ½ sdm minyak zaitun, kemudian aduk-aduk hingga rata. Ulala~ makan malam lezat nan menyehatkan siap disantap.

5. Sajikan Bersama Oatmeal

Oatmeal mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan, begitupun dengan buah plum. Bagi yang sering bermasalah dengan sembelit, menu ini sangat wajib untuk dicoba. Kombinasikan keduanya sebagai menu sarapan pagi. Konsumsilah setiap hari dan rasakan manfaatnya yang begitu luar biasa.

Beberapa cara mengonsumsi buah plum di atas hanya sebagian contoh kecil yang dapat diterapkan. Bagi yang gemar bereksplorasi di dapur, maka dapat membuat hidangan baru dan menarik lainnya. Misal menciptakan olahan puding plum, pie plum, selai plum atau bahkan dikombinasikan dengan hidangan sea food yang menggoda selera.

Jangan lupa untuk segera berkumur dengan air bersih selepas mengonsumsi makanan apapun itu. Hal ini berguna untuk menetralkan segera asam di mulut sekaligus menjaga napas agar tetap segar.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit