Makanan dan Diet Sehat

20 Manfaat Buah Plum untuk Diet dan Kesehatan Tubuh

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 7 menit
20 Manfaat Buah Plum untuk Diet dan Kesehatan Tubuh

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Buah plum mengandung antioksidan berupa vitamin C dan fitonutrien yang berperan penting untuk mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.
  • Buah yang memiliki rasa manis asam ini juga mampu memberikan efek anti-hiperglikemik dan efektif dalam membantu memerangi penyakit diabetes.
  • Flavonoid seperti asam caffeic dan rutin yang terkandung dalam buah plum mampu menghambat kerusakan jaringan tulang dan mencegah penyakit seperti osteoporosis.
  • Buah plum rendah kalori, yakni 46 kalori per 100 g, dan tidak mengandung lemak jenuh. Cocok untuk Anda yang sedang diet menurunkan berat badan.
  • Sembari makan buah plum untuk diet, hitung dan pantau terus indeks massa tubuh Anda dengan kalkulator Body Mass Index (BMI) di aplikasi Honestdocs. Download gratis di sini!

Buah plum tergolong buah impor dan cukup langka di Indonesia. Faktanya, buah yang satu ini menyimpan segudang manfaat bagi tubuh kita, termasuk bagi Anda yang sedang berusaha diet menurunkan berat badan. Memangnya, apa saja manfaat buah plum untuk diet dan kesehatan? Berikut penjelasan lengkapnya.

Nilai Gizi dan Kandungan Buah Plum

Buah yang banyak dibudidayakan di Negeri Tiongkok ini mengandung begitu banyak senyawa yang amat sangat bermanfaat untuk kesehatan. Seperti antioksidan yang tentunya dapat menjadi senjata dalam melawan radikal bebas, zat besi untuk mencegah anemia, serta sorbitol dan isatin yang dapat membantu mengatasi masalah sembelit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Bagi yang sedang melakukan diet atau ingin menjaga berat badan ideal, buah plum wajib masuk ke daftar menu diet sehat Anda. Ini karena buah plum rendah kalori (46 kalori per 100 g) dan tidak mengandung lemak jenuh. Sangat mendukung diet sehat Anda, bukan? 

Baca Selengkapnya: 7 Kandungan Buah Plum yang Kaya Manfaat

Berbagai Manfaat Buah Plum Bagi Tubuh

1. Sebagai Antioksidan

Buah plum memiliki kemampuan sebagai antioksidan. Hal ini karena plum kaya akan vitamin C dan fitonutrien seperti lutein, cryptoxanthin, zeaxanthin, neochlorogenic dan asam klorogenat.

Kehadiran zat-zat tersebutlah yang mampu menjadikan buah yang memiliki beragam warna ini sebagai antioksidan yang efektif untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Termasuk radikal bebas yang berasal dari dalam tubuh seperti radikal oksigen atau radikal anion superoksida.

Ditambah dengan kehadiran fenol didalamnya, semakin menunjukkan kemampuan buah ini sebagai salah satu sumber antioksidan yang mampu menjadi senjata dalam melawan radikal bebas.

2. Membantu Mengatasi Obesitas

Bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, coba tambahkan buah plum kedalam menu diet Anda. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Liverpool, buah plum terbukti dapat membantu menurunkan berat badan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Hebatnya lagi, buah ini mampu memberikan efek anti-obesitas dan anti-inflamasi pada sel-sel tubuh yang berbeda, termasuk sel-sel lemak. Bahkan, membantu menghindari komplikasi terkait obesitas, seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular. Hal ini berkat kandungan senyawa flavonoid dan fenolik seperti antosianin, asam klorogenik, kuersetin dan katekin yang terkandung di dalamnya.

3. Membantu Memerangi Diabetes

Buah yang memiliki rasa manis asam ini juga mampu memberikan efek anti-hiperglikemik dan efektif dalam membantu memerangi penyakit diabetes. Manfaat buah plum yang satu ini bukan sekedar isapan jempol belaka, karena kandungan flavonoid di dalamnya mampu memberikan efek perlindungan terhadap resistensi insulin dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

Selain itu, sebuah studi juga telah membuktikan kemampuannya dalam membantu menurunkan kadar gula darah dan trigliserida dalam tubuh. Jadi, bagi Anda yang menderita diabetes, tak perlu khawatir lagi jika ingin makan buah plum.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Sejumlah penelitian menyatakan bahwa dengan rutin mengonsumsi buah plum kering dapat membantu pemulihan massa tulang yang berkurang akibat penuaan. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan flavonoid seperti asam caffeic dan rutin yang ada di dalam buah plum.

Flavonoid seperti asam caffeic dan rutin yang terkandung dalam buah plum mampu menghambat kerusakan jaringan tulang dan mencegah penyakit seperti osteoporosis. Ditambah lagi dengan kehadiran polifenol dan kalium di dalamnya yang mampu mendorong pembentukan tulang, meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah tulang keropos, terutama pada wanita pascamenopause yang mengalami penurunan hormon estrogen seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: 16 Obat Pengapuran Tulang Alami Tanpa Efek Samping

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

5. Baik untuk Sistem Pencernaan

Manfaat buah plum juga dapat dirasakan bagi Anda yang memiliki masalah pada sistem pencernaan. Pasalnya, buah plum merupakan sumber serat makanan yang baik terutama berkat kandungan sorbitol dan isatin didalamnya.

Bahkan manfaatnya dalam mengobati gangguan pencernaan seperti konstipasi atau sembelit disinyalir lebih efektif dibandingkan dengan mengonsumsi sekam dari biji psyllium. Lagi-lagi, ini semua berkat kandungan sorbitol dan isatin didalam buah plum yang memiliki efek pencahar serta dapat mendorong sekresi cairan di dalam usus.

Alhasil, pembilasan limbah terjadi secara lebih efisien melalui usus besar.

6. Membantu Menjaga Fungsi Kognitif

Khawatir akan menurunnya fungsi kognitif seiring bertambahnya usia? Mulai sekarang, cobalah untuk mulai mengonsumsi buah plum.

Kandungan fitonutrisi seperti flavonoid yang terkandung didalamnya ternyata memiliki manfaat lebih terhadap fungsi kognitif manusia. Senyawa ini mampu mencegah gangguan neurologi seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson serta membantu mengoptimalkan fungsi memori dan belajar.

7. Membantu Kelancaran Fungsi Sistem Saraf

Buah plum mengandung vitamin B-6 yang sangat penting bagi sistem saraf pusat, antara lain untuk membantu proses penghantaran sinyal saraf, membantu dalam pertumbuhan normal otak, dan membantu terbentuknya hormon yang akan memengaruhi mood atau suasana hati seseorang.

Selain itu, kandungan triptofan dalam buah plum juga membantu memproduksi serotonin yang berhubungan erat dengan kualitas tidur, nafsu makan dan konsentrasi yang lebih baik.

8. Baik untuk Jantung

Ternyata buah yang memiliki tampilan menarik ini memiliki dampak positif bagi kesehatan jantung, lho. Berdasarkan penelitian, asupan plum kering secara teratur dapat membantu dalam mempromosikan fluiditas darah di arteri sehingga akan mengurangi risiko dari berbagai gangguan jantung seperti, aterosklerosis bahkan serangan jantung dan stroke.

Buah plum juga mengandung mineral potasium yang mampu menjaga laju detak jantung dan tekanan darah agar tetap stabil.

9. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah plum cukup tinggi. Maka tak mengherankan apabila buah ini dapat dijadikan alternatif sebagai salah satu sumber untuk membantu memperkuat sistem imun tubuh dari berbagai ancaman infeksi atau penyakit.

Selain itu, kandungan unsur imunostimulan pada buah plum juga terbukti dapat mendorong produksi oksida nitrat di dalam tubuh. Hal ini dapat membantu menghambat metastasis sel tumor dan mencegah berbagai jenis penyakit.

Agar tubuh selalu berada dalam kondisi fit dan prima, nampaknya kita harus mulai berburu buah yang satu ini bukan.

10. Membantu Mengendalikan Kadar Kolesterol

Menurut sebuah studi komparatif, buah plum sangat berguna dalam mengendalikan kadar kolesterol agar tetap stabil. Bahkan, khasiatnya dalam hal ini lebih baik dibandingkan dengan anggur merah, lho.

Kandungan serat yang ada di dalamnya juga menambah efek perlindungan terhadap jantung dengan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

11. Sebagai Obat Alami Anemia

Buah plum mengandung zat besi dan tembaga yang penting dalam membantu pembentukan sel darah merah dan memfasilitasi pemurnian darah dan sirkulasi yang sehat. Tembaga yang terkandung dalam buah plum juga mampu berperan sebagai antioksidan dan sangat penting bagi kesehatan saraf serta membantu pembentukan kolagen.

12. Membantu Mengatasi Kecemasan

Konsumsi buah plum secara teratur dapat membantu mengatasi gangguan kecemasan. Berdasarkan penelitian, ternyata manfaat buah plum yang satu ini berkat efek anxiolytic dan sifat antioksidan dari asam klorogenik yang ada pada buah plum. Bahkan telah terbukti dapat mengatasi gangguan kecemasan yang disebabkan oleh stres oksidatif.

13. Sebagai Obat Flu Alami

Selain mampu melawan radikal bebas, ternyata buah plum juga dapat memerangi virus influenza yang menjadi penyebab dari penyakit flu. Manfaat buah plum yang satu ini telah dibuktikan dan hasilnya menunjukkan bahwa konsentrasi buah plum mengandung molekul mirip-lectin yang membantu dalam menghambat dan mengobati infeksi atau penyakit yang disebabkan oleh virus influenza.

Untuk Anda yang sedang mengalami flu, coba redakan gejalanya dengan mengonsumsi buah plum.

14. Sumber Mineral dan Vitamin yang Baik untuk ibu Hamil

Ibu hamil tentunya membutuhkan vitamin dan mineral yang lebih banyak selama kehamilan. Nah, buah plum dengan berbagai vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya tentu saja dapat menjadi jawaban akan kebutuhan ini. 

Kandungan flavonoid, vitamin C, vitamin B6, zat besi, sorbitol, isatin, serat yang tinggi dan berbagai senyawa lainnya sangat cukup menjadikan buah ini sebagai sumber alami yang baik untuk ibu hamil.

Baca Juga: Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil Muda Sampai Melahirkan

15. Membantu Melawan Sel Kanker

Ekstrak plum telah terbukti bermanfaat dalam pengobatan kanker. Buah plum mengandung epicatechin (epikatekin) yang merupakan salah satu jenis flavonoid dan telah terbukti dalam membantu menghambat pertumbuhan dan proliferasi sel kanker ganas serta menginduksi apoptosis pada karsinoma hepatoselular atau kanker hati.

Buah plum juga kaya akan antioksidan dan fitonutrien yang termasuk asam klorogenik dan asam neo-klorogenik yang memiliki efek penyembuhan melawan sel kanker payudara, tanpa membahayakan sel-sel yang sehat.

16. Membantu Menjaga Keseimbangan Asam-Basa Tubuh

Buah plum memiliki kandungan kalium yang melimpah, bagian elektrolit yang sangat penting bagi fungsi saraf dan otot. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi buah plum yang kaya akan kalium ini tentunya sangat berpengaruh sekali dalam membantu mengatur kontraksi otot dan mengatur keseimbangan asam-basa tubuh.

17. Perawatan Kulit

Untuk para wanita yang ingin selalu tampil cantik dan menarik, ketahuilah manfaat buah plum yang satu ini! Anda pasti akan langsung tertarik untuk segera mengonsumsinya.

Buah plum yang kaya akan vitamin C bersama dengan antioksidan lainnya sangat amat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit bercahaya. Tidak cukup sampai disitu, buah ini juga mengandung nutrisi anti-aging yang tentu saja akan membuat kulit Anda selalu terlihat awet muda dan sekaligus membantu mengurangi bintik hitam dan keriput di wajah.

Ekstraknya pun telah banyak diolah menjadi berbagai produk kecantikan dan perawatan kulit, seperti facial wash dan masker wajah.

Baca Juga: 7 Vitamin untuk Kulit yang Mudah Diperoleh dari Makanan

18. Membantu Mencegah Degenerasi Makula

Bicara tentang kesehatan mata pastilah identik dengan wortel. Namun siapa sangka, ternyata buah plum juga tak kalah hebat dari wortel dalam hal menjaga kesehatan mata, lho.

Pasalnya, buah plum juga mengandung vitamin A dan beta-karoten yang tentunya sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula terkait usia.

Ditambah lagi dengan hadirnya senyawa karotenoid (lutein dan zeaxanthin) dalam buah plum yang sangat berguna untuk melindungi makula retina dari kerusakan oksidatif akibat radiasi sinar ultraviolet (UV).

19. Membantu Proses Pembekuan Darah

Buah plum juga mengandung vitamin K yang berperan penting dalam proses pembekuan darah. Vitamin K akan bekerja untuk mempercepat proses pembekuan darah agar darah tidak terus menerus mengucur.

Selain itu, vitamin K juga berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan mencegahnya dari pengeroposan. Meskipun tubuh tidak memerlukan terlalu banyak vitamin K, namun jika seseorang sampai mengalami defisiensi vitamin K maka dapat mengalami perdarahan berlebihan dan berbagai risiko kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, cukupilah kebutuhan vitamin K dalam tubuh dengan cara mengonsumsi berbagai sumber makanan sehat, seperti buah plum ini.

Baca Juga: Obat Pengencer Darah dan Efek Samping

20. Meningkatkan Cita Rasa Masakan

Karena rasa dan aromanya yang menyenangkan, tak jarang banyak juga yang mengaplikasikan buah ini ke dalam olahan makanan atau masakan. Selain dinikmati dalam bentuk segar, buah ini juga dapat di olah menjadi selai, saus, manisan, campuran puding dan sebagainya. Bahkan di Jepang rendaman buah plum dijadikan sebagai minuman beralkohol yang dikenal dengan nama 'umeshu'.

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Stacewicz-Sapuntzakis, Maria & Bowen, Phyllis & Hussain, Erum & Damayanti-Wood, Bernadette & Farnsworth, Norman. (2001). Chemical Composition and Potential Health Effects of Prunes: A Functional Food?. Critical reviews in food science and nutrition. 41. 251-86. 10.1080/20014091091814.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/11938918_Chemical_Composition_and_Potential_Health_Effects_of_Prunes_A_Functional_Food)
Rop, Otakar & Jurikova, Tunde & Mlcek, Jiri & Sumczynski, Daniela & Sengee, Zultsetseg. (2009). Antioxidant activity and selected nutritional values of plums (Prunus domestica L.) typical of the White Carpathian Mountains. Scientia Horticulturae. 122. 545-549. 10.1016/j.scienta.2009.06.036.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/223864639_Antioxidant_activity_and_selected_nutritional_values_of_plums_Prunus_domestica_L_typical_of_the_White_Carpathian_Mountains)
Byrne, David & Noratto, Giuliana & Cisneros-Zevallos, Luis & Porter, W. & Vizzotto, Márcia. (2009). Health benefits of peach, nectarine and plums. Acta Horticulturae. 841. 267-273. 10.17660/ActaHortic.2009.841.32.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/285947162_Health_benefits_of_peach_nectarine_and_plums)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app