Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Kenali Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan dari Penyebab,Gejala,dan Pengobatannya

Update terakhir: NOV 13, 2019 Tinjau pada NOV 13, 2019 Waktu baca: 5 menit
Telah dibaca 1.511.521 orang

Infeksi Saluran Pernapasan yang sulit untuk dicegah

Dari segala bentuk infeksi yang dapat terjadi pada tubuh manusia, infeksi saluran pernapasan adalah infeksi yang paling sering ditemui. Mengapa? Karena penyebaran infeksi saluran pernapasan sangat mudah yaitu melalui udara yang terhirup melalui hidung atau mulut. Anda mungkin bisa menghindari infeksi melalui kontak fisik, tetapi, bagaimana Anda dapat menghindari infeksi melalui udara yang bahkan Anda sendiri tidak menyadari bahwa udara tersebut dapat menularkan suatu penyakit.

Apa itu Infeksi Saluran Pernapasan?

Infeksi saluran pernapasan adalah infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan dari hidung hingga paru-paru sehingga dapat mengganggu proses pernapasan normal. Infeksi saluran pernapasan dibagi menjadi dua yaitu infeksi saluran pernapasan atas yang dapat mempengaruhi sinus Anda dan berakhir pada pita suara Anda. Dan yang satunya adalah infeksi sistem pernapasan bawah yang dapat mempengaruhi pita suara Anda hingga paru-paru Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gunakan masker ini untuk kegiatan sehari-hari pada waktu kepekatan polusi udara meningkat. Selain itu, masker ini dapat digunakan oleh pekerja konstruksi dan juga petugas kesehatan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Jika infeksi saluran pernapasan terjadi pada orang dewasa yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang normal, makan umumnya infeksi saluran pernapasan hanya menimbulkan gejala yang ringan, tetapi Infeksi ini sangat berbahaya jika terjadi pada anak-anak, dan orang-orang dengan gangguan sistem kekebalan.

Apa saja gejala Infeksi Saluran Pernapasan?

Gejala yang Anda alami akan berbeda tergantung dari bagian mana yang terinfeksi pada saluran pernapasan Anda. Infeksi saluran pernapasan bawah akan menimbulkan gejala yang berbeda dengan infeksi saluran pernapasan bagian atas. Namun secara umum, Gejala yang dapat Anda kenali pada orang dengan infeksi saluran pernapasan adalah:

  • hidung berair
  • batuk
  • sakit tenggorokan
  • kelelahan
  • demam lebih dari 39˚ C
  • sulit bernafas
  • pusing

Apa yang menyebabkan Infeksi Saluran Pernapasan?

Terdapat lebih dari 200 jenis virus penyebab flu. Infeksi saluran pernapasan dapat menyebar dengan beberapa cara. Jika Anda mengalami infeksi macam flu, tetesan cairan kecil yang mengandung virus flu menyebar di udara setiap Anda bersin atau batuk. Bila dihirup orang lain, mereka mungkin juga tertular.

Infeksi juga bisa tersebar melalui kontak tidak langsung. Sebagai contoh, apabila Anda terkena flu dan menyentuh hidung atau mata sebelum menyentuh benda atau permukaan, virus mungkin ditularkan ke orang lain saat mereka menyentuh benda atau permukaan. Penyebab infeksi pernapasan dibedakan berdasarkan lokasinya yaitu:

Penyebab Infeksi Saluran Pernapasan atas:

  • faringitis akut
  • infeksi telinga akut
  • flu biasa

Penyebab Infeksi Saluran Pernapasan bawah:

  • bronkitis
  • pneumonia
  • bronchiolitis

Siapa saja yang memiliki resiko lebih besar untuk terkena infeksi saluran pernapasan?

Walaupun semua orang memiliki resiko terinfeksi, karena hampir tidak mungkin untuk menghindari infeksi virus dan bakteri, tetapi faktor risiko tertentu meningkatkan peluang Anda untuk terkena infeksi pernapasan. Sistem kekebalan anak-anak lebih rentan terkena infeksi virus maupun bakteri dibandingkan orang dewasa. Sehingga anak-anak sangat berisiko terinfeksi.

Selain itu karena anak-anak lebih sering melakukan kontak fisik dengan anak-anak lain yang bisa menjadi pembawa virus. Anak-anak juga sering tidak mencuci tangan mereka secara teratur. Mereka juga sering menggosok mata mereka dan memasukkan jari-jari mereka ke dalam mulut, sehingga meningkatkan penyebaran virus lebih tinggi dibandingkan dengan orang dewasa.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Obat Batuk Pei Pa Koa dapat membantu meredakan batuk berdahak, sakit tenggorokan, melegakan sakit tenggorokan, dan memelihara kesehatan paru-paru. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Orang dengan penyakit jantung atau masalah paru-paru lainnya lebih mungkin mengalami infeksi saluran pernafasan akut. Siapa pun yang sistem kekebalannya lemah akibat penyakit lain juga berisiko. Perokok juga berisiko tinggi dan lebih sulit untuk pulih.

Diagnosis Infeksi Saluran Pernapasan

Sebagai langkah awal, dokter akan menanyakan riwayat kesehatan medis, gejala serta melakukan pemeriksaan fisik. Tanda-tanda awal yang dapat ditemukan dokter adalah tenggorokan merah, hidung merah dan bengkak, amandel membengkak, nyeri tekan pada daerah pipi, serta muncul benjolan di sekitar leher

Penyebab tersering dari infeksi saluran napas atas adalah virus, sehingga tidak diperlukan pemeriksaan lanjutan lainnya. Bila terdapat penyebab lain yang dicurigai seperti alergi atau bakteri, dokter akan menganjurkan tes lanjutan termasuk:

  • Tes darah
  • Kultur bakteri - dengan mengambil sampel dari swab hidung, tenggorokan, atau dahak.
  • CT scan sinus - bila sinusitis mengakibatkan gangguan  penglihatan, keluar ingus yang banyak, dan sudah dialami lebih dari 4 minggu.

Untuk infeksi saluran napas bawah, selain memerhatikan tanda-tandanya (misalnya sesak napas), dokter juga akan mengukur tingkat oksigen dalam darah (pulse oximetry) untuk mendeteksi adanya gangguan pernapasan. Di samping itu, pemeriksaan penunjang di laboratorium juga perlu dilakukan, seperti:

  • Foto Rontgen. Pemeriksaan dengan foto Rontgen dada dilakukan untuk melihat corakan dan kondisi paru-paru serta jalan napas.
  • Pemeriksaan darah Dari hasil pemeriksaan darah, dapat terlihat peningkatan jumlah sel darah putih dalam darah yang merupakan tanda infeksi.
  • Pemeriksaan dahak Biakan atau kultur dari sampel dahak atau sputum dilakukan untuk melihat pertumbuhan bakteri

Bagaimana penanganan Infeksi Saluran Pernapasan?

Jika Anda orang dewasa dengan kondisi tubuh yang relatif baik dan terinfeksi, maka Anda tidak perlu melakukan pengobatan secara khusus, Anda dapat beristirahat secara total di rumah, banyak minum air dan makan makanan yang bergizi. Tetapi perlu diingat jika gejala tidak hilang dalam 3 hari, pasti ada yang salah dengan tubuh Anda, oleh karena itu, untuk memastikannya, Anda perlu memeriksakan diri Anda ke dokter.

Jika anak Anda atau kerabat Anda memiliki masalah dengan sistem kekebalan tubuh seperti menderita penyakti kronis dan mengalami gejala infeksi saluran pernapasan, ada baiknya jika Anda segera membawanya ke dokter untuk melakukan penanganan lebih lanjut. Dokter mungkin akan meminta Anda untuk melakukan pemeriksaan foto roentgen atau pemeriksaan lain untuk memastikan bahwa tidak ada penyakit yang serius yang mendasarinya.

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gunakan masker ini untuk kegiatan sehari-hari pada waktu kepekatan polusi udara meningkat. Selain itu, masker ini dapat digunakan oleh pekerja konstruksi dan juga petugas kesehatan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Untuk pengobatan dengan obat-obatan, Dokter mungkin memberikan obat penurun panas seperti parasetamol, Obat flu tanpa resep (decongestan, penekan batuk) mungkin meredakan gejala tapi tidak akan mencegah, menyembuhkan, maupun mempercepat penyembuhan infeksi saluran pernapasan. Antihistamin juga mungkin membantu menyembuhkan hidung tersumbat dan mata berair. Pemberian antibiotik tergantung dari penyebab infeksi yang Anda derita.

Komplikasi dan pencegahan Infeksi Saluran Pernapasan

Jika tidak diobati dengan adekuat, pada beberapa kasus, kemungkinan seseorang yang mengalami infeksi saluran pernapasan akan mengalami henti napas. Oleh karena itu penting untuk mencegah agar infeksi saluran pernapasan tidak terjadi. Dengan cara :

  • Memberikan imunisasi secara lengkap pada anak Anda agar memperkecil kemungkinan terjadinya infeksi saluran pernapasan akibat virus.
  • Cuci tangan Anda, terutama setelah Anda berada di tempat umum.
  • Selalu bersin di lengan baju Anda atau di tisu. Meskipun ini mungkin tidak meringankan gejala Anda sendiri, itu akan mencegah Anda menyebarkan penyakit menular ini.
  • Hindari menyentuh wajah Anda, terutama mata dan mulut Anda, untuk mencegah masuknya kuman ke dalam tubuh Anda.
  • Anda juga harus menghindari merokok dan pastikan Anda cukup mengkonsumsi vitamin dalam asupan harian Anda, seperti vitamin C, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda.

Referensi

Balentine, et al. MedicineNet (2017). Upper Respiratory Tract Infection.

Mayo Clinic (2017). Diseases and Conditions. Bronchitis.

Mayo Clinic (2017). Diseases and Conditions. Pneumonia.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit