Kenali Infeksi Kulit Yang Mudah Dikenali

Infeksi kulit berbeda dari ruam. Ruam adalah area kulit yang bengkak atau teriritasi. Sementara ruam dapat menjadi gejala dari beberapa infeksi kulit, orang dengan ruam tidak selalu memiliki infeksi.Ada empat jenis infeksi kulit yang ditentukan dari penyebabnya:
Dipublish tanggal: Agu 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 20, 2020 Waktu baca: 3 menit
Kenali Infeksi Kulit Yang Mudah Dikenali

Dari berbagai jenis penyakit, kulit menjadi sasaran dari adanya sumber yang dapat menginfeksi. Infeksi kulit disebabkan oleh berbagai macam kuman, dan gejalanya dapat bervariasi dari ringan hingga berat. 

Infeksi ringan dapat diobati dengan obat bebas dan pengobatan di rumah, sedangkan infeksi lain mungkin memerlukan perhatian medis.

Iklan dari HonestDocs
Beli Ketoconazole 200mg via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Ketoconazole dexa 200mg tab 1

Infeksi kulit berbeda dari ruam. Ruam adalah area kulit yang bengkak atau teriritasi. Sementara ruam dapat menjadi gejala dari beberapa infeksi kulit, orang dengan ruam tidak selalu memiliki infeksi. 

Ada empat jenis infeksi kulit yang ditentukan dari penyebabnya:

1. Bakteri

2. Virus

3. Jamur

4. Parasit

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Jenis infeksi kulit yang mudah dikenali, meliputi:

1. Bisul

Bisul adalah infeksi kulit yang berawal dari folikel rambut atau kelenjar minyak. Pada awalnya, kulit menjadi merah di daerah infeksi, dan benjolan semakin berkembang. Setelah empat hingga tujuh hari, benjolan mulai memutih saat nanah terkumpul di bawah kulit. 

Tempat yang paling umum untuk bisul muncul adalah pada wajah, leher, ketiak, bahu, dan bokong.

2. Impetigo

Impetigo adalah infeksi kulit yang umum dan menular. Bakteri seperti Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes menginfeksi lapisan luar kulit, yang disebut epidermis. Wajah, lengan, dan kaki paling sering terkena.

Siapa saja bisa terkena impetigo, tetapi paling sering menyerang anak-anak, terutama mereka yang berusia 2 hingga 5 tahun.

Infeksi sering dimulai dengan luka ringan, gigitan serangga, atau ruam seperti eksim - tempat kulit rusak. Tetapi bisa juga terjadi pada kulit yang sehat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Tanda-tanda awal impetigo adalah luka kemerahan pada kulit yang berkumpul di sekitar hidung dan bibir. Luka ini dengan cepat tumbuh menjadi lepuh, mengalir dan pecah, dan kemudian membentuk kerak kekuningan. 

Lepuhan dapat meluas untuk menutupi lebih banyak kulit. Kadang-kadang bintik-bintik merah hanya mengembangkan kerak kekuningan tanpa terlihat lecet.

3. Ruam

Ruam didefinisikan sebagai erupsi lesi kulit yang luas. Ruam dapat sangat bervariasi dalam penampilan, dan ada banyak penyebab potensial. Karena variasinya, ada juga berbagai macam perawatan.

Ruam dapat bersifat lokal hanya pada satu bagian kecil tubuh, atau dapat menutupi area yang luas. Ruam datang dalam berbagai bentuk. Ruam bersifat kering, lembab, bergelombang, halus, retak, atau melepuh. Kondisi ini dapat menyakitkan, gatal, dan bahkan berubah warna.

4. Vitiligo

Vitiligo merupakan penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit pada bercak. Tingkat dan tingkat kehilangan warna dari vitiligo tidak dapat diprediksi. Ini dapat mempengaruhi kulit di bagian mana pun dari tubuh Anda. 

Ini juga dapat mempengaruhi rambut dan bagian dalam mulut.

Biasanya, warna rambut dan kulit ditentukan oleh melanin. Vitiligo terjadi ketika sel-sel yang memproduksi melanin mati atau berhenti berfungsi. 

Vitiligo mempengaruhi orang-orang dari semua jenis kulit, tetapi mungkin lebih terlihat pada orang-orang dengan kulit yang lebih gelap. Kondisi ini tidak mengancam jiwa atau menular. Ini bisa membuat stres atau membuat Anda merasa buruk tentang penampilan Anda.

5. Jerawat

Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut Anda tersumbat dengan minyak dan sel-sel kulit mati. Ini sering menyebabkan komedo, komedo atau jerawat, dan biasanya muncul di wajah, dahi, dada, punggung bagian atas dan bahu. 

Jerawat adalah yang paling umum di kalangan remaja, meskipun itu mempengaruhi orang-orang dari segala usia.

Tanda dan gejala jerawat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan kondisi Anda, termasuk:

  • Whiteheads (pori-pori tertutup terpasang)
  • Komedo
  • Benjolan kecil berwarna merah dan lunak (papula)
  • Jerawat (pustula), yaitu papula dengan nanah di ujungnya
  • Benjolan besar, padat, menyakitkan di bawah permukaan kulit (nodul)
  • Benjolan yang berisi nanah di bawah permukaan kulit (lesi kistik)

6. Eksim

Eksim atau dermatitis atopik adalah suatu kondisi yang membuat kulit Anda merah dan gatal. Penyakit ini umum terjadi pada anak-anak tetapi dapat terjadi pada usia berapa pun. 

Dermatitis atopik kronis cenderung sembuh lebih lama dan menimbulkan kemerahan dan rasa terbakar pada kulit.

Gejala eksim diantaranya:

a. Kulit kering

b. Gatal yang lebih parah di malam hari

c. Bercak merah ke abu-abu kecokelatan, terutama pada tangan, kaki, pergelangan kaki, pergelangan tangan, leher, dada bagian atas, kelopak mata, di dalam tikungan siku dan lutut, dan pada bayi, wajah dan kulit kepala

d.   Kulit menebal, pecah, bersisik

e.   Kulit bengkak dengan mudah bila digaruk

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app