Dari 5 Jenis Kulit, Jenis Kulit yang Manakah Anda?

Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Dari 5 Jenis Kulit, Jenis Kulit yang Manakah Anda?

Tahukah Anda bahwa memahami jenis kulit yang dimiliki sangatlah penting, karena hal ini akan berguna dalam memilih jenis perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Akan tetapi, terkadang sebagian orang mengalami kesulitan dalam mengenali jenis kulitnya. 

Pada umumnya, orang yang lebih muda cenderung memiliki jenis kulit normal dibandingkan orang lanjut usia dan seiring bertambahnya usia, jenis kulit seseorang bisa berubah. Jenis kulit dapat terlihat dan tergantung dari beberapa hal, seperti kandungan air dan minyak dalam kulit yang dapat mempengaruhi kelembaban kulit serta tingkat sensitivitas kulit.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Yang manakah jenis kulit Anda?

Kulit manusia terbagi menjadi 5 jenis, yaitu: kulit kering, kulit berminyak, kulit normal, kulit kombinasi, dan kulit sensitif. Berikut ini penjelasan  tipe kulit dan ciri-ciri jenis kulit yang mungkin Anda miliki:

1. Kulit kering

Kulit dengan jenis kulit kering biasanya memiliki permukaan kulit yang lebih kasar, bersisik, dan lebih mudah merasakan gatal. Jenis kulit ini memiliki pori-pori dan garis kulit yang tampak dengan jelas. Apabila terjadi pengikisan lapisan sel kulit mati di permukaan kulit bisa terlihat jelas.

Jenis kulit kering akan menjadi lebih kasar bahkan bersisik jika udara di sekitar berada dalam kondisi kering atau penggosokan sabun yang kulit pada kulit saat dibersihkan. Seseorang akan lebih berisiko memiliki jenis kulit kering terutama saat dewasa karena perubahan kondisi kulit merupakan bagian dari proses penuaan. 

Selain itu, ada beberapa penyebab yang dapat menjadi pemicu Anda memiliki kulit kering, misalnya terlalu lama mandi menggunakan air panas, penggunaan obat-obatan tertentu, radiasi ultraviolet dan sinar matahari, ataupun karena faktor keturunan.

Tips merawat kulit kering secara alamI;

  • Cuci permukaan kulit menggunakan air hangat dan pembersih yang sifatnya ringan atau diperuntukkan secara khusus untuk kulit kering (cukup 1 kali sehari)
  • Hindari menggosok kulit saat Anda mandi atau mengeringkannya
  • Jika mandi dengan air panas, jangan terlalu lama karena minyak alami pada kulit bisa cepat menghilang
  • Oleskan pelembab secara teratur untuk menjaga kulit tetap terhidrasi
  • Gunakan perangkat pelindung kulit apabila Anda harus bersentuhan dengan bahan yang bisa menyebabkan kulit kering, misalnya detergen

Baca juga: Tips Memilih Sabun yang Tepat untuk Kulit Sensitif

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

2. Kulit berminyak

Kulit yang berminyak akan tampak berkilau terutama ketika berada di bawah sinar matahari. Selain itu, minyak di kulit akan lebih terlihat, pori-pori kulit tampak terbuka, dan adanya jerawat serta komedo. Jenis kulit berminyak dapat terjadi ketika cuaca panas, selama pubertas, efek penggunaan obat antibiotik, ataupun karena faktor stres.

Cara merawat kulit berminyak secara alamI:

  • Cucilah kulit menggunakan air hangat dan pakai pembersih yang sifatnya ringan setidaknya 2 kali sehari
  • Hindari membersihkan secara berlebihan karena bisa menyebabkan minyak alami pelindung kulit terangkat
  • Gunakan pembersih kulit khusus jenis kulit berminyak dan hindari menggosok kulit
  • Untuk kulit berjerawat, sebaiknya jangan disentuh atau dipecahkan karena bisa menyebabkan luka yang lebih besar dan membekas

3. Kulit normal

Jenis kulit normal adalah kulit yang tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Jenis kulit ini tidak membutuhkan perawatan khusus, hanya perlu pembersih, pelembab, serta tabir surya untuk melindungi kulit.

Ciri-ciri kulit normal secara umum adalah:

  • Warna kulit rata dan cerah
  • Tekstur kulit lembut dan halus
  • Tidka begitu tampak adanya pori-pori kulit, cacat, noda merah, komedo, jerawat, atau masalah kulit lain
  • Permukaan kulit tidak terlalu berminyak ataupun kering (Karena mengandung air dan minyak yang seimbang serta suplai darah yang cukup)

4. Kulit kombinasi

Jenis kulit kombinasi memiliki kulit yang kering di sebagian area dan berminyak pada area wajah lain seperti di hidung, dahi, maupun dagu. Jenis kulit ini bisa disebabkan oleh faktor genetik ataupun perubahan cuaca.

Ciri-ciri kulit kombinasi di antaranya:

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic
  • Permukaan kulit berminyak di sebagian area dan tampak kering di bagian kulit lainnya
  • Terlihat pori-pori yang besar dan terdapat komedo
  • Permukaan kulit tampak berkilau di bagian yang berminyak

5. Kulit sensitif

Jenis kulit sensitif dapat disebabkan oleh beberapa hal, yakni:

  • Jerawat yang merupakan kondisi kulit yang umum terjadi akibat pori-pori yang tersumbat oleh sel kulit mati, kotoran serta minyak berlebih
  • Rosacea yang merupakan penyakit kulit yang menyerang wajah, gejalanya berupa kerusakan pada pembuluh darah dan munculnya kemerahan pada kulit
  • Dermatitis kontak akibat terjadinya iritasi pada kulit karena penggunaan sabun, detergen, ataupun pelembab

Ciri-ciri kulit sensitif, antara lain:

  • Adanya warna kemerahan pada permukaan kulit
  • Kulit yang terasa seperti terbakar
  • Kondisi kulit kering
  • Kulit terasa gatal

Baca juga: Tips Memilih Sabun untuk Kulit Sensitif

Jenis kulit pada setiap orang akan berbeda dan memiliki kemungkinan untuk berubah tergantung dari beberapa faktor, baik usia hingga faktor lingkungan. Dengan mengetahui jenis kulit manakah yang Anda miliki, diharapkan dapat membantu Anda memilih produk perawatan kulit yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan jenis kulit Anda.

25 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What's My Skin Type? - Skin and Beauty Center. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/whats-my-skin-type.aspx)
How to Take Care of Your Skin. Healthline. (https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/skin-types-care)
Skin Types and Care: Normal, Dry, Oily, Combination, Sensitive. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/whats-your-skin-type#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app