Kesehatan Fisik

Penyebab Munculnya Nanah

Dipublish tanggal: Sep 3, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Waktu baca: 3 menit

Infeksi pada tubuh ditandai dengan adanya nanah yang berwarna putih kekuningan dan namun kadang juga memiliki warna coklat atau hijau dan tidak berbau. 

Di dalam nanah terkandung sisa sisa perlawanan tubuh seperti bakteri, sel darah putih serta jaringan yang sudah mati.

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Thiamycin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada saluran pernafasan, infeksi saluran pencernaan, dan infeksi saluran kemih. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Penyebab munculnya nanah

Nanah adalah sisa sisa perlawanan tubuh yang keluar secara alami saat tubuh diserang infeksi dan bakteri, terkadang juga jamur.

Saat bakteri memasuki tubuh akan mengakibatkan terjadinya infeksi. Bakteri sendiri memasuki tubuh melalui beberapa cara, diantaranya kulit yang memiliki lupa, terhirup dan juga kebiasaan yang tidak bersih. 

Dalam kondisi ini neutrofil atau sel darah putih akan berkumpul pada tempat terdapat bakteri dan melakukan perlawanan sebagai reaksi alami mereka. 

Selama proses ini, banyak jaringan tubuh dan juga sel darah putih yang mati. Sisa sisa jaringan tubuh dan juga sel darah putih yang mati yang tercampur sisa sisa bakteri ini akan berubah menjadi nanah. 

Infeksi bakteri Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes adalah penyebab infeksi penyebab nanah yang paling banyak ditemui.

Lokasi tubuh dimana bakteri sering menginfeksi dan nanah seringkali muncul

Tidak hanya di bagian luar tubuh, nanah sangat mungkin muncul pada organ bagian dalam seperti otak, paru paru, tulang dan juga saluran pencernaan.

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Cefspan merupakan antibiotik untuk mengatasi infeksi pada saluran pernafasan atas, infeksi saluran kemih dan kelamin, kulit & jaringan lunak. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Cefspan 100mg cap 1

Mulut

Kondisi mulut yang basah dan hangat adalah tempat yang sangat ideal untuk pertumbuhan dan perkembangan bakteri. yang kemudian menyebabkan abses gigi dan gusi. Keadaan akan sangat rentan saat gigi dalam kondisi berlubang atau retak.

Kulit

Penyebabnya biasanya adalah bisul yang merupakan terinfeksinya folikel rambut, jerawat parah dan luka pada kulit yang kondisinya terbuka. Keadaan ini akan sangat rentan menyebabkan nanah

Saluran kemih

Nanah di saluran kemih biasanya terjadi ketika Anda memiliki infeksi saluran kemih, sebagai contoh bakteri Escherichia coli yang terdapat yang kemudian keluar melalui saluran kemih.

Paru-paru

Penumpukan nanah di dalam paru paru dapat disebabkan oleh infeksi pada paru paru. Di dalam paru paru nanah akan menempel dan menumpuk pada pleura atau lapisan pelindung paru paru. Lama kelamaan tumpukan nanah ini akan menbentuk abses paru paru.

Mata

Mata merah adalah akibat dari infeksi bakteri. Bakteri juga dapat menyebabkan tersumbatnya saluran air mata dan kotoran mata yang menumpuk. Keadaan ini sangat memungkinkan terbentuknya nanah di dalam mata.

Otak

Abses otak dapat menyebabkan timbulnya nanah di dalam otak yang terjadi akibat serangan jamur atau bakteri yang kemudian bisa berkembang menjadi abses otak.

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Cefspan merupakan antibiotik untuk mengatasi infeksi pada saluran pernafasan atas, infeksi saluran kemih dan kelamin, kulit & jaringan lunak. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Cefspan 100mg cap 1

Pada umumnya abses yang terjadi di luar kulit akan mengakibatkan gejala seperti kulit yang memerah, bengkak dan terasa sakit atau nyeri. 

Namun kalau terjadi dibawah kulit atau di dalam tubuh akan mengakibatkan gejala yang mirip dengan gejala flu seperti, demam, badan lemas dan cepat lelah.

Nanah yang terjadi pasca operasi

Prosedur pembedahan saat operasi dapat memiliki resiko 1-3% terjadi infeksi, keadaan ini disebut juga dengan SSI atau  surgical site infection. Resiko ini akan semakin tinggi jika mengalami kondisi seperti berikut ini :

Kondisi ini terjadi karena peralatan bedah yang terdapat bakteri atau memang sudah ada di kulit sebelum operasi dijalankan. Gejalanya biasanya adalah kulit kemerahan dan muncul nanah dari luka yang disertai demam.

Cara mengobati nanah

Pengobatan nanah tergantung pada tingkat keparahan infeksi :

  • Kompres dengan menggunakan air hangat, cukup efektif untuk bisul yang berukuran kecil yang terdapat di permukaan kulit. Lakukan selama beberapa kali dalam sehari. 
  • Hindari memecahkan bisul karena malah akan membawa permasalahan lain dan infeksi yang jauh lebih serius.
  • Prosedur pengeringan nanah oleh dokter atau tenaga medis lainnya, kondisi ini akan dilakukan saat abses berada pada lokasi yang dalam, besar dan cukup sulit dijangkau. Anda akan menjalani penanganan medis oleh dokter atau tenaga medis lainnya dengan metode pengeringan. Dimana nanah akan dikeluarkan dengan membuat sayatan pada abses atau menggunakan jarum.
  • Menggunakan antibiotik, pemberian antibiotik akan dilakukan jika bakteri dan infeksi cukup sulit dilakukan. Terutama jika lokasinya di otak dan paru paru.

Nanah yang disebabkan oleh infeksi ringan sebenarnya dapat sembuh sendiri tanpa ditangani secara medis. Tetapi pada kondisi yang lebih serius, diperlukan penanganan secara medis seperti proses pengeringan ataupun pemberian antibiotik. 

Segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis jika kondisi nanah menjadi lebih parah dari sebelumnya atau tidak segera membaik dalam beberapa hari.


12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Kenali Gejala Gigi Bernanah
Kenali Gejala Gigi Bernanah

Gejala utama gigi bernanah adalah rasa nyeri yang berdenyut di dekat gigi atau gusi Anda. Rasa nyeri biasanya muncul secara tiba-tiba dan semakin memburuk seiring waktu.

Buka di app