Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA
Kesehatan Fisik

10 Ciri Ciri Usus Buntu Yang Harus Diwaspadai

Update terakhir: Jun 14, 2019 Tinjau pada Jul 11, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 934.174 orang

10 Ciri Ciri Usus Buntu Yang Harus Diwaspadai

Sakit usus buntu atau apendicitis terjadi karena peradangan atau pembengkakan yang terjadi pada organ apendiks yang menyebabkan nyeri pada bagian perut kanan. Meskipun usus buntu bukanlah penyakit mematikan atau menular, namun dapat menjadi sebuah komplikasi serius bagi penderita jika tidak segera ditangani.

Radang usus buntu adalah penyakit yang umum terjadi dan dapat menyerang siapapun tanpa mengenal jenis kelamin dan usia, biasanya sering dialami oleh orang-orang yang berusia antara 10 sampai 30.

Usus buntu yang meradang jika dibiarkan dapat meledak atau pecah sehingga infeksi akan menyebar ke lapisan perut (peritonium) dimana terdapat banyak pembuluh darah dan akibatnya infeksi mudah menyebar ke aliran darah seluruh tubuh (sepsis). Apa saja ciri-ciri usus buntu yang harus di waspadai?

Ciri Ciri dan Gejala Usus Buntu Yang Perlu Anda Ketahui

1. Sakit Perut Kanan Bawah

Sakit perut terjadi karena usus meradang dan membengkak, sehingga menimbulkan rasa sakit yang sangat. Walaupun  sakit perut awalnya dirasakan pada daerah sekitar pusar lalu berpindah ke perut kanan bawah, namun pada sebagian orang sakit atau nyeri akan dirasakan di tempat yang berbeda-beda.  Pada appendicitis akut biasanya nyeri bersifat mendadak dengan intensitas yang relatif berat. Pada appendicitis kronis , sakit perut akan terasa lebih sakit saat berjalan, menggerakkan perut, saat batuk, bersin, atau ketika mengalami guncangan saat berkendara.

Baca Juga: Sakit Perut Sebelah Kanan

2. Sakit Perut Cepat Memburuk

Banyak yang sulit membedakan sakit perut usus buntu atau maag karena secara sekilas, keduanya memiliki gejala yang sama. Namun tidak seperti sakit perut karena maag atau penyakit lainnya, sakit perut karena usus buntu dapat memburuk dengan cepat, hal ini terjadi karena infeksi dan bengkak yang makin yang dibairkan semakin memburuk. Pada beberapa kasus, sakit perut dapat makin memburuk dalam satu hari. 

3. Badan Panas atau Demam

Gejala dan tanda usus buntu bisa mirip dengan penyakit infeksilainnya yaitu demam atau meriang. Jadi, ketika mengalami sakit perut seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahkan sampai tidak bisa berdiri tegak, dan Anda mengalami demam, maka bisa jadi itu merupakan ciri-ciri usus buntu Anda sedang meradang.

Demam yang tejadi dengan intensitas sedang karena usus buntu dapat berkisar 38 derajat Celcius, jika makin memburuk bahkan dapat melebihi 40 derajat Celcius. 

4. Mual, Muntah, Tidak Nafsu Makan

Mual sampai ingin muntah dan hilang nafsu makan juga merupakan gejala yang sering dialami. Tidak nafsu makan, rasa mual dan muntah ringan biasanya terjadi di awal bahkan sebelum adanya rasa sakit di perut. Muntah akan lebih intens ketika sakit perut datang dan gejala semakin memburuk.

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

L-Bio merupakan obat yang digunakan untuk melindungi sistem pencernaan dan memperbaiki fungsi normal saluran pencernaan ketika mengalami kondisi diare, konstipasi dan penggunaan antibiotika jangka panjang pada bayi, anak-anak ataupun dewasa. GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

5. Sembelit atau Diare

Sembelit dan diare mungkin muncul seperti ciri-ciri adanya masalah pada pencernaan lainnya, pada beberapa orang gejala ini mungkin tidak muncul atau mungkin muncul setelah mengalami sakit perut.

Tapi jika Anda mengalami diare ringan, terutama jika ada banyak lendir di dalam feses, dan disertai sakit perut kanan bawah, maka segeralah periksa ke dokter untuk memastikan adanya radang usus buntu atau tidak.

6. Perut Kembung

Perut kembung dapat terjadi karena Anda susah kentut, Ini merupakan gejala pelengkap, perut akan terasa kembung, kadang susah kentut, apalagi jika Anda merasa bahwa tidak ada masalah lain yang menyebabkannya seperti mimum minuman bersoda, terlalu banyak makan sayur, dll.

Jadi ketika perut Anda kembung, di satu sisi mengalami sakit perut kanan bawah dan demam, maka mungkin saja itu merupakan gejala usus buntu.

7. Nyeri Lepas Tekan

Ini merupakan salah satu dari sekian banyak tanda-tanda usus buntu yang bisa kita lihat melalui pemeriksaan. Maksud dari nyeri lepas tekan adalah ketika kita menekan perut memang terasa sakit tapi ketika tekanan itu kita lepas, maka sketika akan terasa lebih sakit.

Jika kita dapati tanda seperti itu maka kita sebut nyeri lepas tekan (+). Sebaiknya ini dilakukan oleh dokter saja, tidak dilakukan sendiri karena dikhawatirkan akan memperberat kondisi.

8. Sulit Buang Angin (Kentut)

Infeksi pada usus buntu dapat mengakibatkan usus membengkak dan meradang sehingga menyebabkan sumbatan yang menyebabkan seseorang menjadi susah kentut. 

Kapan Harus Ke dokter?

Radang usus buntu adalah penyakit yang hanya dapat didiagnosa oleh dokter. Ciri-ciri diatas merupakan rujukan saja, namun untuk memastikan apakah Anda mengalami usus buntu, dokter harus melakukan beberapa tes. 

Tes yang dilakukan dapat berupa:

  • Tes darah, dilakukan untuk mengecek jumlah sel darah putih
  • Tes Urin, untuk memastikan bahwa gejala yang dialami bukan merupakan akibat penyakit lain seperti gangguan fungsi ginjal.
  • Pencitraan seperti Ultrasonografi, pemeriksaan abdominal xray tanpa kontras atau tidak hingga CT Scan, untuk memastikan bahwa nyeri perut benar dikarenakan usus buntu

Beberapa tes lain juga mungkin diperlukan, untuk itu jika mengalami gejala di atas, segera lakukan kunjungan ke dokter sebelum usus buntu memburuk.

 

Referensi

Alder, A. Medscape (2017). Drugs & Diseases. Pediatric Appendicitis Clinical Presentation.

Bennington-Castro, J. Everyday Health (2018). Appendicitis in Children: Signs, Symptoms, and More.

Kids Health (2018). For Parents. Appendicitis.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit