Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Lengan Bawah Sakit: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: OCT 20, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 882.721 orang

Lengan bawah sakit adalah keluhan yang umum dialami oleh banyak orang. Sakit pada lengan bagian bawah bukan hanya sekadar pegal-pegal atau nyeri biasa. Lengan Anda akan terasa seperti diikat tali dengan kencang sampai sulit digerakkan. Lantas, apa penyebab lengan bawah sakit dan bagaimana cara mengobatinya? Mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Apa itu lengan bawah sakit?

Lengan bawah sakit adalah nyeri tajam pada otot brachioradialis, yaitu otot-otot yang membentuk lengan bawah. Otot brachioradialis berada di sepanjang tulang humerus (tulang panjang di lengan atas) sampai ke tulang radius (tulang panjang yang sejajar dengan ibu jari). Otot brachioradialis disebut juga dengan otot Venke.

Fungsi otot brachioradialis di antaranya:

  • Fleksi lengan, yaitu posisi menekuk siku seperti saat mengangkat barbel.
  • Pronasi lengan, yaitu memutar lengan sehingga telapak tangan menghadap ke bawah, seperti saat sedang bermain basket.
  • Supinasi lengan, yaitu memutar lengan sehingga telapak tangan menghadap ke atas, seperti saat memengang mangkuk sup.

Lengan bawah sakit sering kali disalahartikan dengan tennis elbow atau cedera siku. Kedua kondisi tersebut memang sama-sama disebabkan oleh kelelahan pada bagian lengan.

Namun, ada perbedaan pada bagian lengan yang mengalami nyeri. Meski sama-sama bikin lengan sakit, tennis elbow adalah peradangan yang terjadi pada tendon siku, sedangkan lengan bawah sakit terjadi akibat peradangan pada otot brachioradialis.

Baca Juga: Kenali Tennis Elbow dari Penyebab Hingga Penanganannya

Mengenai lengan bawah sakit

Penyebab

Penyebab lengan bawah sakit yang paling umum adalah kelelahan. Hal ini dapat disebabkan oleh kebiasaan mengangkat beban berat, bermain tenis, golf, mengetik di laptop atau komputer, atau kegiatan lainnya yang melibatkan gerakan berulang pada tangan.

Jika Anda menggerakkan lengan bawah terlalu keras dan sering, maka otot-otot branchioradialis akan berkontraksi secara terus-menerus. Akibatnya, otot-otot di sepanjang lengan bawah menjadi kencang dan terasa nyeri.

Sakit pada lengan bagian bawah juga bisa disebabkan oleh kejadian traumatis, misalnya terjatuh atau pukulan keras yang mengenai lengan. Trauma ini dapat merusak jaringan otot dan menimbulkan cedera fisik.

Gejala

Gejala lengan bawah sakit yang paling utama adalah munculnya nyeri tajam di sepanjang lengan sampai ke siku. Bahkan, sensasi nyerinya juga bisa menjalar ke punggung tangan, jari telunjuk, dan jempol. Bila dibiarkan terlalu lama, lengan akan terasa kaku dan bengkak sehingga membutuhkan perawatan medis.

Lengan bawah sakit biasanya terasa makin parah jika Anda melakukan hal-hal berikut ini:

  • Memutar gagang pintu
  • Mengangkat gelas atau botol saat minum
  • Berjabat tangan dengan orang lain
  • Memutar paku dengan obeng

Pencegahan lengan bawah sakit

Bukan hal yang tidak mungkin untuk mencegah lengan bawah sakit. Atau, meskipun Anda sudah mengalaminya, beberapa cara berikut bisa membantu menurunkan risiko cedera kambuh.

Berbagai cara mencegah lengan bawah sakit adalah:

1. Peregangan

Meminimalisir gerakan lengan bawah memang bisa mencegah cedera. Akan tetapi, ini bukan berarti Anda memilih duduk diam saja tanpa melakukan aktivitas apapun.

Anda bisa mencegah lengan bawah sakit dengan latihan peregangan (stretching). Misalnya dengan gerakan menekuk siku atau memutar pergelangan tangan beberapa kali. Bisa juga dengan dorong kedua tangan Anda ke belakang, lalu satukan kedua tangan.

Tahan posisi ini selama 10-30 detik sampai otot-otot branchioradialis berkontraksi. Kalau lengan Anda sudah terasa kencang, segera regangkan lagi kedua tangan supaya kembali rileks.

2. Latihan isometrik

Latihan isometrik adalah bentuk latihan statis yang berfungsi untuk meningkatkan kontraksi otot tanpa mengubah panjang otot. Latihan isometrik ini biasanya membutuhkan alat bantu berupa dumbbell sebagai beban.

Sambil berdiri, pegang satu dumbbell kecil pada masing-masing tangan. Angkat dumbbell ke arah depan dengan posisi telapak tangan ke bawah. Ulangi gerakan ini sampai otot-otot branchioradialis terasa kencang, lalu istirahat.

Pengobatan lengan bawah sakit

Bila Anda mengalami gejala lengan bawah sakit, terlebih bila nyerinya tak kunjung hilang atau makin parah, segera konsultasikan ke dokter. Semakin cepat ditangani, maka keluhan Anda juga akan semakin cepat hilang.

Para ahli menemukan suatu metode yang ampuh mengobati lengan bawah sakit. Metode ini disebut dengan metode RICE, yaitu:

  • Rest (istirahat): Rilekskan lengan Anda dengan istirahat, minimal 48-72 jam sejak awal cedera sampai sakitnya berkurang.
  • Ice (kompres dingin): Bungkus es batu dengan kain tipis, lalu tempelkan ke bagian lengan yang sakit selama 20 menit. Ulangi setiap 2 jam sekali untuk meredakan peradangan dan bengkak.
  • Compression (kompresi): balut lengan Anda dengan perban atau bebat untuk mengurangi bengkak.
  • Elevation (elevasi): posisikan lengan dan siku Anda lebih tinggi dari jantung, guna meringankan bengkak dan nyeri.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit