Inilah 6 Cara Efektif Hilangkan Komedo Membandel !

Dipublish tanggal: Agu 26, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Inilah 6 Cara Efektif Hilangkan Komedo Membandel !

Penyebab komedo

Komedo muncul saat pori-pori kulit tersumbat oleh sebum/minyak berlebih yang diproduksi oleh kelenjar di bawah kulit dan serpihan kulit mati yang menempel di kulit. 

Komedo dibedakan menjadi 2, komedo hitam/blackhead dan putih/whitehead. Komedo hitam muncul karena pori tersumbat pada kondisi terbuka, yang mengakibatkan tumpukan sebum teroksidasi ( kontak dengan oksigen di udara) yang kemudian menjadi menghitam. Sedangkan, komedo putih/whitehead dalam kondisi tertutup. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Facial via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan facial hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b02 perawatan facial

Tips menghilangkan komedo

1. Kombinasi salicyclic acid dan glycolic acid

Kombinasi kandungan salicyclic dan glycolic acid dipercaya merupakan perawatan yang efektif dalam mengontrol pembentukan komedo serta jerawat.

Produk perawatan jerawat dengan senyawa aktif salicyclic acid, benzoyl peroxide, serta resorcinol dipercaya mampu bekerja membunuh bakteri, mengangkat sebum/minyak berlebih, dan juga memicu pelepasan sel kulit mati dengan lebih optimal. 

Untuk menggunakannya, sebaiknya Anda tunggu 15 menit setelah cuci muka/mandi agar kulit lebih kering sebelum menggunakan obat ini (kulit basah rentan iritasi karena mudah terserap). Gunakanlah secara rutin untuk hasil maksimal.

Produk perawatan salicyclic acid juga bisa dikombinasikan dengan produk lain yang mengandung glycolic acid, ini bermanfaat untuk memecah sisa lapisan sel kulit mati yang menempel pada permukaan kulit wajah Anda. 

2. Eksfoliasi menggunakan baking soda

Baking soda dikenal sebagai bahan yang kerap digunakan dalam metode microdermabrasion (pengelupasan kulit mati), bahan ini dipercaya dapat membantu meminimalisir pembentukan komedo asal digunakan dengan rutin.

Caranya, campur baking soda dengan air/cuka sari apel (mengandung sifat astringent dan antibakteri, dan bekerja sama baiknya untuk membersihkan pori) sedikit saja, setelah menjadi pasta, oleskan ke area yang berkomedo. 

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Gosok perlahan (gerakan memutar) dengan bantuan spons, lap/jari tangan Anda. Terakhir, bilaslah dengan bersih dan kemudian aplikasikanlah krim pelembab.

3. Clay mask/Masker wajah tanah liat

Clay mask diyakini mampu membersihkan secara mendalam(deep cleansing), masker ini bekerja membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menjadikan kulit lebih halus.

Pasta abrasif, bubuk, dan masker tanah liat ( dilengkapi kaolin) dengan lembut mampu mengelupas lapisan sel-sel kulit mati serta menyerap minyak/sebum yang berlebihan.

Untuk hasil maksimal, Anda harus rutin menggunakan masker ini. Karena setelah selesai, wajah akan kembali memproduksi sebum/minyak.

4. Retinoid

Retinoid adalah turunan vitamin A yang bekerja di reseptor kulit. Retinoid akan memperbaiki cara kulit tumbuh dan mengelupas, hal ini menyebabkan kemungkinan munculnya jerawat menjadi kecil. 

Lapisan epidermis/kulit luar akan menjadi lebih rata dan tebal serta sel-sel kulit mati akan mengalami pengelupasan dengan lebih efisien.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Pengelupasan ini bisa terjadi sangat jelas dan terlihat seperti kulit yang bersisik. 

Namun, jika digunakan teratur  sebanyak tiga hingga tujuh kali selama 7 hari (jangka waktu 4-6 minggu), hal tersebut akan berkurang. Kulit Anda akan tampak lebih bersih dan bersinar.

4. Toner lemon

Toner adalah produk perawatan yang berguna untuk menyusutkan pori. Anda bisa membuat toner sendiri dirumah dengan bahan jus lemon, yang merupakan astringent alami dan efektif mengangkat komedo. 

Bahan ini juga bersifat pemutih (mampu mencerahkan kulit serta membuat kulit sensitif cahaya), jadi Anda juga harus hati-hati menggunakannya. Langsung oleskan pelembab ber-SPF/sunscreen/sunblock sebelum keluar rumah.

Caranya, celupkan kapas ke dalam toner lemon (jika kulit Anda termasuk jenis kulit sensitif, berikan tambahan air dalam jus lemonnya) lalu tepuk-tepukkan dengan lembut di bagian yang berkomedi sebanyak tiga sampai empat kali dalam seminggu, sebelum tidur (saat kondisi kulit kering dan bersih). 

Serta di pagi hari setelah membilas wajah, gunakan krim pelembab dan tabir surya.

5. Toner cuka apel

Cuka sari apel berfungsi memecah penumpukan minyak dalam pori. Caranya : campurkan cuka apel dengan sedikit helai daun mint (sudah digerus). 

Daun mint berguna untuk menghasilkan sensasi dingin serta untuk mengencangkan kulit. 

Selain itu, kandungan menthol di dalamnya juga dapat membantu meringankan peradangan jika terjadi di area sekitar komedo. Karena peradangan dapat semakin menyumbat pori dan menjadikan komedo sulit diangkat.

6. Bantuan Dokter

Dokter mungkin akan melakukan metode mikrodermabrasi-chemical peel untuk mengangkat komedo.

Metode ini dilakukan dengan membuat irisan kecil di atas sumbatan pori menggunakan alat khusus yang steril (alat sedikit kasar untuk meratakan lapisan kulit teratas), kemudian memberikan tekanan dengan ekstraktor untuk mengangkat komedo.

Sedangkan, chemical peel berfungsi mengangkat penyumbatan serta memecah lapisan kulit mati penyebab komedo, dimana dokter akan mengoleskan larutan kimia keras ke permukaan kulit, kemudian lapisan teratas kulit akan mengelupas membuka jalan bagi lapisan kulit yang baru.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to Get Rid of Blackheads on Nose: 8 Options, Plus Prevention Tips. Healthline. (https://www.healthline.com/health/how-to-remove-blackheads-from-nose)
Blackheads: Facts, causes, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/71615.php)
Get Rid of Blackheads: 4 Proven Ways (Plus How to Prevent Them). WebMD. (https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/how-get-rid-blackheads)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app