Benzoyl Peroxide

Dipublish tanggal: Mar 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Benzoyl Peroxide

Benzoyl Peroxide banya ditemukan di berbagai sediaan kosmetik kecantikan karena berfungsi sebagai anti jerawat topikal. 

Sebelum menggunakan produk jerawat topikal untuk pertama kalinya, pasien harus menerapkan sedikit ke 1 atau 2 aera kulit yang terkena dampak kecil selama 3 hari, jika tidak terjadi alergi maka penggunaan dapat digunakan sesuai petunjuk pada produk.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Cara kerja Benzoyl Peroxide

Benzoyl Peroxide bekerja dengan melepaskan oksigen aktif (radikal bebas) dan sangat efektif secara in vitro terhadap Propionibacterium acnes dan Staphylococcus epidermidis yang ditemukan di folikal sebasea dan komedo, sehingga dapat mengoksidasi protein bakteri dan meredakan jerawat.  

Benzoyl peroxide juga memiliki efek keratolitik ringan yang dapat menghilangkan lapisan keratin di luar kulit.

Manfaat dan efek samping dari Benzoyl Peroxide

Benzoyl Peroxide dalam sediaan farmasi bermanfaat sebagai anti jerawat ringan sampai sedang dan dapat mengobati penyakit ulkus dekubitus. Ulkus dekubitus (bedsores) merupakan kerusakan pada kulit yang diakibatkan kekurangan asupan darah dangt;cedera pada kulit yang membungkus tulang yang menonjol. 

Hal ini dikarenakan kulit mendapatkan tekanan dari tempat tidur, kursi roda, gips, atau benda keras lainnya dalam jangka panjang.  

Ulkus decubitus dapat dengan mudah terjadi pada bagian tubuh yang memiliki penonjolan tulang, contohnya tumit, sikut, pinggul, pergelangan kaki, punggung, bahu, dan kepala bagian belakang. 

Efek samping yang dapat terjadi adalah dermatitis, eritema, kupas, dan kulit kering. Obat ini dikontraindikasi kepada pasien yang memiliki hipersensitivitas terhadap Benzoyl Peroxide.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Dosis dari Benzoyl Peroxide

Benzoyl Peroxide diaplikasikan pada daerah yang terkena sebanyak satu kali sehari setelah mencuci kulit secara menyeluruh.

Benzoyl Peroxide untuk jerawat mula-mula digunakan konsentrasi 2,5-10%. Dioleskan 1-2 kali sehari setelah pembersihan secara bertahap dapat ditingkatkan hingga menjadi tiga kali sehari jika diperlukan. 

Apabila Benzoyl Peroxide digunakan sebagai pembersih muka, digunakan dengan cara mencuci 1-2 kali sehari. Kurangi frekuensi atau konsentrasi produk jika kekeringan yang berlebihan terjadi.

Benzoyl Peroxida juga dapat digunakan untuk ulkus dekubitus yaitu sebagai lotion 20%, dioleskan 8-12 jam.

Jika di dalam pembersih mengandung benzoyl peroxide, digunakan dengan cara menggosok perlahan pembersih ke bagian kulit selama 10-20 detik. Bekerja dalam busa penuh dan bilas sampai bersih dan kemudian dikeringkan.

Sabun yang mengandung benzoyl peroxide dapat digunakan 1-2x sehari dengan cara membasahi kulit sebelum mengoleskannya, perlahan-lahan gunakan busa selama 10 hingga 20 detik dan bilas sampai bersih. Jangan gosok kulit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

JIka menggunakan krim cukur, pertama basahilan bagian area yang akan dicukur. Oleskan sedikit obat dan gosok lembut ke area tersebut, lalu cukur.

Jika benzoyl peroxide terdapat dalam bentuk sediaan krim, busa, lotion atau gel, aplikasikan ke area yang terkena 1-2x sehari. Sebelum menerapkannya, cuci area yang terkena dengan pembersih ringan dengan lembut, lalu keringkan. 

Oleskan sedikit obat ke area yang terkena dan gogok dengan lembut. Beberapa produk mungkin perlu dibilas setelah diaplikasikan dalam waktu tertentu. Bacalah aturan pakai produk sebelum menggunakannya.

Perhatian pada Benzoyl Peroxide

Hanya untuk pemakaian luar, hindari kontak dengan mata, bibir, dan mulut. Iritasi kulit dapat terjadi, ditandai dengan kemerahan, rasa terbakar, gatal, pengelupasan atau kemungkinan pembengkakan

Apabila hal ini terjadi hentikan penggunaan jika iritasi menjadi parah. Pemberian bersama dengan obat jerawat topikal lainnya dapat meningkatkan iritasi kulit dan kekeringan. Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan dan gunakan tabir surya

Hindari kontak dengan rambut dan kain yang dicelup (misalnya sarung bantal, handuk) yang mungkin diputihkan oleh produk ini. 

Kewaspadaan khusus apabila benzoyl peroxide digunakan pada anak-anak, wanita hamil, dan menyusui karena benzoyl peroxide berada pada kategori C dimana studi pada hewan telah mengungkapkan efek buruk pada janin  dan tidak ada penelitian terkontrol pada wanita atau studi pada wanita dan hewan tidak tersedia. 

Obat ini harus diberikan hanya jika manfaat potensial lebih besar dibandingkan potensi risiko pada janin.

Interaksi Benzoyl Peroxide

Benzoyl peroxide dapat menurunankan efikasi dan meningkatkan iritasi jika diberikan secara bersamaan dengan tretinoin, isotretinoin, dan tazarotene. Kulit sementara dan perubahan warna rambut wajah (kuning atau orange) dengan produk-produk yang mengandung sulfonamide.

Penyimpanan Benzoyl Peroxide

Simpan benzoyl peroxide pada suhu 15-30oC.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app