Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Glycolic Acid: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: May 22, 2019 Tinjau pada Jun 24, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.094.543 orang

Peeling pada kulit wajah adalah salah satu tren di dunia kecantikan saat ini. Skin peeling adalah metode untuk mengangkat sel kulit mati. Skin peeling apat dilakukan dengan cara mengoleskan suatu zat kimia yang kemudian akan membuat kulit mati terlepas. Zat kimia yang biasa digunakan untuk prosedur ini disebut dengan Asam Asam alfa Hidroksi  .

Glycolic Acid adalah salah satu jenis asam alfa Hidroksi yang paling umum digunakan. Karena penggunaan Glycolic acid ini sederhana, murah, dan tidak memiliki membutuhkan waktu yang lama. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Istock 943974286

Sebenarnya ada 5 macam Asam alfa Hidroksi yang dapat digunakan untuk melakukan skin peeling, tetapi Glycolic acid lebih unggul dibandingkan dengan Asam alfa Hidroksi lainnya karena memiliki molekul yang paling kecil di antara Asam alfa Hidroksi yang lain , sehingga mampu menembus kulit lebih baik dan mudah diserap.

Produk Glycolic Acid tersedia dalam berbagai bentuk: pembersih, serum, pelembab, krim mata, dan kulit wajah, yang dijual dengan berbagai merek.

Mengenai Glycolid Acid

Golongan:

Obat bebas 

Kemasan:

Sabun muka,  pembersih wajah, toner, lotion, pelembab, krim, serum

Kandungan:

AHA 

Bagaimana cara Glycolic Acid Bekerja?

Glycolic acid bekerja dengan cara menghancurkan ikatan antara sel-sel kulit yang lama, dan membebaskan sel kulit mati sehingga dapat terkelupas. Hal ini mungkin terdengar menakutkan dan berbahaya, tetapi sebenarnya prosedur ini cukup aman dan memiliki banyak manfaat. Manfaatnya antara lain :

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Istock 943974286
  1. Glycolic Acid adalah pengelupas, yang berarti bahwa ia dengan aman menghilangkan lapisan luar sel-sel kulit mati. Sehingga dapat membantu mempercepat proses pembentukan kulit baru pada wajah Anda, dan jika digunakan secara rutin, Glycolic acid dapat membantu meregulasi pergantian kulit mati secara teratur yang dapat membantu membuat kulit Anda terlihat lebih muda dan lebih bersinar.
  2. Glycolic Acid lebih dari sekadar produk anti-penuaan; Glycolic Acid juga membantu meringankan perubahan warna kulit akibat paparan sinar matahari dan mengurangi bintik-bintik penuaan. Bahkan dapat membantu kulit yang rentan terhadap komedo, dan jerawat dengan menjaga pori-pori bersih dari kulit tua yang cenderung menyumbat dan menyebabkan masalah.

Seberapa sering saya harus menggunakan Glycolic Acid?

Ketika ditanya seberapa sering seseorang harus merawat kulit mereka dengan Glycolic Acid, Jawaban terbaik yang dapat diberikan adalah, gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda dan kemampuan kulit Anda untuk melakukan peeling.

Artinya prosedur ini berbeda aplikasinya pada masing-masing orang. Tergantung pada jenis kulit, usia Anda dan faktor lain yang mungkin mempengaruhinya.

Yang perlu Anda ketahui adalah semakin sering Anda menggunakan Glycolic Acid, maka kulit Anda akan semakin sensitif. Anda juga harus menghindari penggunaan Glycolic Acid jika wajah Anda mulai terasa teriritasi atau kulit mengelupas.

Tidak semua produk yang mengandung Glycolic Acid akan memberikan efek yang sama. Produk yang berbeda dapat digunakan pada frekuensi yang berbeda dan memiliki hasil yang berbeda. 

Seseorang dapat menggunakan pembersih wajah yang mengandung 7 hingga 10% Glycolic Acid setiap hari. Namun untuk produk dengan kandungan Glycolic Acid yang lebih tinggi, Anda mungkin hanya dapat menggunakannya seminggu sekali, sesuai dengan kekuatan masing-masing produk.

Bagaimana dengan efek sampingnya? Apakah ada yang harus diwaspadai?

Produk-produk yang mengandung Glycolic Acid yang tersedia untuk digunakan di rumah cukup aman dan efektif. Hal utama yang harus Anda ingat adalah bahwa produk glycolic acid membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Istock 943974286

Glycolic Acid, seperti halnya semua jenis exfoliator (pengelupas), dapat dapat menyebabkan kulit kering. Untuk mengatasinya, disarankan bagi Anda untuk menggunakan produk yang mengandung bahan pelembab, yang akan membantu mengimbangi efek dari Glycolic acid yang membuat kulit Anda menjadi kering.

Produk Glycolic Acid juga dapat menyebabkan sedikit sensasi terasa seperti kesemutan saat diterapkan pada kulit. Beberapa orang menggambarkannya sebagai terasa tertusuk pin dan jarum, [atau] sedikit gatal

Penggunaan Glycolic acid juga dapat menyebabkan kulit serasa terbakar. Tetapi,mungkin hal ini disebabkan kulit Anda yang menipis terkena paparan sinar matahari yang berlebihan.

Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit sebelum memulai pengobatan menggunakan Glycolic Acid. Informasi di atas hanyalah bertujuan untuk edukasi, dan bukan pengganti petunjuk dokter. Konsultasikan semua masalah kesehatan Anda untuk mendapatkan hasil pengobatan yang optimal.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp