Manfaat Daun Mint dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Daun Mint dalam Kehidupan Sehari-hari
Dipublish tanggal: Mar 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Agu 19, 2019 Waktu baca: 3 menit
Manfaat Daun Mint dalam Kehidupan Sehari-hari

Tanaman yang memiliki nama latin Mintha Spacata atau yang lebih kita kenal dengan sebutan daun mint ini telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman herbal yang paling populer dan paling berkembang di seluruh dunia. Daun mint juga dapat dimanfaatkan untuk bahan tambahan masakan.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Daun mint mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kamu bukan? Ya, seperti yang sudah kamu ketahui daun mint merupakan salah satu dedaunan yang memiliki banyak manfaat tentunya. Kandungan daun mint memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kamu seperti mengobati berbagai macam penyakit, bermanfaat untuk kulit dan wajah kamu.

Daun Mint banyak mengandung vitamin C, provitamin A, fosfor, besi, kalsium, kalium, klorofil, mentol, minyak esensial, dan fitonutrien. Kandungan minyak esensial inilah yang membuat mint memiliki sensasi dingin yang menyegarkan.

Daun Mint juga mengandung antispasmodic yang memiliki manfaat untuk mengendurkan otot dan juga dapat mengatasi nyeri pada bagian otot tubuh. Selain itu daun mint dipercaya dapat membantu dalam menjaga kesehatan dalam pencernaan didalam tubuh.

Kandungan minyak asiri berupa minyak menthol pada daun mint berperan untuk memberikan aroma wangi dan menyegarkan. Masih banyak lagi manfaat dari daun mint ini, kamu tentunya ingin tahu bukan? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini:

Manfaat daun Mint bagi kesehatan

1. Mengatasi gangguan pencernaan

Daun mint dapat membantu mengurangi gangguan pencernaan dan menghilangkan sakit perut yang mungkin kamu alami. Daun mint memiliki aroma yang lembut, sehingga dapat menenangkan perut.

Aroma tersebut dapat memicu mulut untuk menghasilkan lebih banyak air liur dan enzim pencernaan, dengan begitu daun mint dapat meningkatkan fungsi pencernaan.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

2. Menghilangkan nyeri

Manfaat daun mint berikutnya adalah untuk meredakan nyeri, kandungan zat antispasmodic pada daun mint berguna untuk mengendurkan otot yang tegang sehingga daun mint sangat tepat sekali jika digunakan sebagai pereda ketika kamu mengalami nyeri otot.

3. Merawat kesehatan mulut dan gigi

Daun mint mengandung zat anti bacterial dan anti inflamasi yang baik untuk menjaga dan merawat kesehatan mulut kamu. Caranya mudah, kamu bisa menggosokan daun mint pada mulut 2 kali sehari. Dengan demikian, mulut kamu akan terhindar dari bakteri yang merugikan dan mencegah gigi kamu dari kerusakan permanen.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan berbagai macam vitamin seperti vitamin C, vitamin B, vitamin D, vitamin E, kalsium dan juga fosfor dalam daun mint ini dapat meningkatkan sistem imun tubuh kamu.

5. Mencegah kanker

Kanker merupakan penyakit yang paling berbahaya dan paling ditakuti. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam daun mint berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab segala macam penyakit seperti kanker.

Manfaat daun Mint untuk kulit

6. Menjaga kesehatan kulit

Kamu menginginkan kulit segat dan segar? Caranya mudah, kamu hanya perlu mengkonsumsi daun mint. Kandungan vitamin E dan D didalamnya sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Selain itu manfaat dari asam salisilat dalam daun mint sangat berguna dalam proses penggantian sel kulit kamu yang rusak. Sehingga kulit yang tumbuh setelahnya menjadi lebih sehat dan nampak segar.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

7. Anti inflamasi

Pernahkah kulit kamu bentol kemerahan dan terasa gatal ketika digigit nyamuk? Kamu bisa meredakannya dengan daun mint, caranya mudah dengan menggosokannya ke kulit maka iritasi akan dicegah dan permukaan kulit kamu menjadi lebih lembut dan rasa gatal pun menghilang.

8. Membantu mengatasi alergi

Apakah kamu salah satu orang yang mempunyai alergi pada kulit? Jika iya kamu bisa mengatasinya dengan daun mint. Daun mint mempunyai zat yang bisa membantu mengontrol jamur dan bakteri jahat.

Dengan adanya kontrol tersebut alergi yang akan menyerang kulit kamu akan lebih terkendali. Caranya mudah, kamu bisa menambahkan daun mint pada makanan yang akan kamu makan.

Manfaat daun mint untuk wajah

9. Mengatasi jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering kamu alami dan mengganggu penampilan. Kamu bisa mengatasinya dengan mencampurkan daun mint dengan air mawar. Kemudian oleskan campurkan tersebut pada wajah kamu yang berjerawat.

Diamkan hingga beberapa menit kemudian bilas. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal kamu tentu harus melakukan perawatan ini secara rutin. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang ada di dalam daun mint akan mengobati jerawat yang ada di kulit wajah.

10. Menghilangkan komedo

Masalah serupa yang sering terjadi pada wajah selain jerawat yaitu komedo. Adanya komedo yang bermunculan pada kulit wajah seringkali membuat rasa percaya diri kamu berkurang.

Daun mint bisa membantu menghilangkannya, caranya cukup mudah yakni dengan meletakan daun mint yang telah dihaluskan pada bagian kulit wajah yang berkomedo, kemudian diamkan 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih. Kamu bisa melakukannya secara rutin.

Hal di atas merupakan beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan mengkonsumsi daun mint. Meskipun demikian, penggunaan daun mint ini juga tidak boleh berlebihan karena sesuatu yang berlebihan juga akan berdampak kurang baik bagi tubuh, sehingga jika kamu ingin mengkonsumsi daun mint ini sebaiknya sesuai dengan takaran saja dan tidak terlalu berlebihan atau konsultasikan dengan dokter gizi pribadi kamu terlebih dahulu.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Wild Mint: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-189/wild-mint)
8 Health Benefits of Mint. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/mint-benefits)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app