Mikrodermabrasi Wajah, Ini yang Harus Anda Ketahui

Dipublish tanggal: Sep 10, 2019 Update terakhir: Apr 23, 2021 Tinjau pada Apr 2, 2020 Waktu baca: 3 menit
Mikrodermabrasi Wajah, Ini yang Harus Anda Ketahui

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Mikrodermabrasi adalah salah satu jenis perawatan kulit yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan meremajakan kulit wajah agar tetap awet muda
  • Mikrodermabrasi dilakukan dengan teknik pengelupasan kulit yang akan menghancurkan sel kulit mati dan membantu pembentukan kulit baru
  • Ada 3 jenis mikrodermabrasi wajah di klinik kecantikan, yaitu crystal microdermabrasiondiamond-tip handpiecedan hydradermabrasion
  • Perawatan mikrodermabrasi dapat dilakukan di klinik kecantikan dan membutuhkan waktu sekitar 30-60 menit untuk sekali perawatan dan bisa diulang
  • Pasca perawatan, kulit cenderung akan terasa lebih sensitif terutama jika terpapar sinar matahari dan hindari penggunaan obat jerawat untuk sementara waktu
  • Temukan dan booking paket paket mikrodermabrasi dan perawatan kecantikan dengan harga bersahabat dan dokter berpengalaman melalui HDMall

Memiliki kulit wajah yang bersih dan halus tentu bisa dilakukan dengan melakukan perawatan wajah secara rutin, baik dengan produk perawatan kulit ataupun menjalani perawatan kulit di klinik kecantikan. 

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit terutama dalam membuat wajah terlihat lebih muda adalah dengan melakukan perawatan mikrodermabrasi. Mikrodermabrasi sendiri merupakan prosedur perawatan peremajaan kulit wajah yang dilakukan dengan teknik pengelupasan kulit dan mengangkat sel kulit mati (eksfoliasi). 

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Mikrodermabrasi akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah sehingga kulit wajah tampak lebih muda. Selain itu, mikrodermabrasi wajah juga dilakukan untuk mengatasi beragam masalah yang terdapat di kulit wajah terutama pada permukaan kulit luar. 

Baca juga: Cara Alami Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat mikrodermabrasi wajah 

Prosedur perawatan mikrodermabrasi pada umumnya digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah, antara lain: 

  • Mengurangi keriput dan kerutan halus 
  • Mengatasi komedo dan jerawat membandel 
  • Mecerahkan kulit wajah
  • Memperkecil pori-pori wajah
  • Mengurangi efek flek hitam akibat sinar matahari 
  • Mengatasi melasma atau hiperpigmentasi kulit
  • Mengatasi tekstur dan warna kulit tidak merata

Meskipun ada banyak manfaat bagi kulit, tetapi perawatan mikrodermabrasi wajah tidak dapat menangani bekas luka (jaringan parut) yang terdapat di wajah terlebih yang letaknya pada kulit bagian dalam. Selain itu, warna kulit juga akan berubah menjadi lebih gelap karena mikrodermabrasi wajah rentan menyebabkan perubahan pigmen.

Di sejumlah kasus tertentu, perawatan wajah mikrodermabrasi juga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada kulit, menyebabkan bengkak dan kemerahan pada kulit, serta membuat kulit menjadi lebih sensitif, kering, dan mengelupas selama berhari-hari. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Warna Kulit Tidak Merata

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Kondisi yang tidak disarankan menjalani mikrodermabrasi  

Sebelum menjalani mikrodermabrasi wajah terdapat beberapa kondisi yang harus diperhatikan, yaitu: 

  • Sedang menjalani prosedur radioterapi di bagian kepala 
  • Baru menjalani operasi wajah atau dalam waktu 2 bulan sebelumnya
  • Sedang mengonsumsi obat isotretinoin atau dalam waktu 6 bulan sebelumnya
  • Mengalami rosacea pada kulit atau memiliki lesi di wajah yang diduga sebagai kanker kulit 
  • Mengalami infeksi bakteri atau virus pada wajah atau sekitar mulut, seperti impetigo, kutil, dan herpes simplex

Prosedur perawatan mikrodermabrasi wajah

Untuk menjalani perawatan mikrodermabrasi wajah di klinik kecantikan biasanya dibutuhkan waktu sekitar 30-60 menit untuk sekali perawatan. 

Ada 3 jenis mikrodermabrasi wajah yang dapat dilakukan, yakni:

  • Crystal microdermabrasion: Perawatan mikrodermabrasi wajah dengan menggunakan kristal berukuran mikro yang disemprotkan ke lapisan kulit wajah paling luar. Tujuannya untuk mengikis dan mengangkat lapisan epidermis kulit sehingga sel-sel kulit baru dapat bertumbuh
  • Diamond-tip handpiece: Penggunaan alat berbentuk tongkat dengan kristal mikro di ujungnya yang digosokkan ke kulit untuk mengangkat sel kulit mati terutama di area wajah yang sensitif seperti kulit di sekitar mata
  • Hydradermabrasion: Metode mikrodermabrasi terbaru yang dilakukan dengan mengaplikasikan alat pengelupasan kulit tanpa kandungan kristal ke bagian dalam kulit. Tujuannya untuk mengangkat sel kulit mati, merangsang produksi kolagen dan memperlancar peredaran darah pada wajah 

Persiapan sebelum mikrodermabrasi wajah 

Sebelum prosedur dilakukan, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit untuk menjelaskan kondisi kulit yang dimiliki. Setelahnya, dokter akan memeriksa kondisi kulit dan menanyakan tentang riwayat alergi akibat pemakaian produk tertentu, jika ada. 

Selain itu, Anda disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari, tidak melakukan waxing maupun tindakan perawatan lain yang bertujuan untuk mencabut bulu di sekitara wajah, serta menghentikan pemakaian krim tabir surya, krim pengelupasan kulit, dan masker wajah setidaknya selama seminggu sebelum prosedur perawatan mikrodermabrasi dilakukan. Make up juga tidak boleh digunakan saat akan menjalani mikrodermabrasi sehingga wajah harus bersih dari produk apapun untuk sementara waktu.

Baca juga: 5 Metode Perawatan Wajah yang Umum Dilakukan di Dokter atau Klinik Kecantikan

Pasca perawatan mikrodermabrasi wajah 

Setelah prosedur mikrodermabrasi selesai dilakukan, Anda bisa kembali beraktivitas. Namun ada kalanya kulit akan terasa lebih sensitif dari biasanya terutama jika terpapar sinar matahari. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari berada di bawah paparan sinar matahari langsung dan gunakan sunscreen jika berada di luar ruangan. Hindari pula penggunaan obat penghilang jerawat untuk sementara waktu. 

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari perawatan, Anda bisa menjalani mikrodermabrasi lanjutan sesuai dengan saran dokter. Prosedur perawatan ini juga bisa dilakukan berulang selama beberapa kali sesuai kebutuhan.

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Microdermabrasion: Procedure, Side Effects, and Cost. Healthline. (https://www.healthline.com/health/microdermabrasion)
Microdermabrasion: Benefits, uses, procedure, and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/323443.php)
Dermabrasion and Microdermabrasion Treatments for Acne, Scars, Wrinkles, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/cosmetic-procedures-dermabrasion)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app