6 Cara Ampuh Hilangkan Komedo Membandel

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
6 Cara Ampuh Hilangkan Komedo Membandel

Komedo adalah bintik-bintik berwarna gelap yang menjengkelkan pada kulit. Tampilannya agak menonjol, namun tidak terasa sakit dan tidak meradang seperti jerawat.

Penyebab Komedo

Komedo terjadi ketika pori tersumbat karena kelebihan sebum (minyak yang diproduksi oleh kelenjar di bawah kulit) dan serpihan kulit mati yang menempel di kulit, yang kemudian membentuk sumpalan di dalam pori.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Ada dua jenis komedo, yaitu komedo berwarna hitam (blackhead) dan komedo berwarna putih (whitehead). Komedo berwarna hitam terbentuk karena pori yang tersumbat dalam keadaan terbuka dan menyebabkan minyak yang menumpuk mengalami oksidasi setelah terkena kontak dengan oksigen di udara yang akhirnya menjadi hitam. 

Sedangkan komedo berwarna putih terbentuk karena penumpukan sebum berlebih yang masih tertutupi kulit dan tidak menembus keluar dan berbentuk sedikit menonjol di atas permukaan kulit dengan warna putih pekat.

Tips Menghilangkan Komedo

Kombinasi Salicyclic Acid dan Glycolic Acid

Banyak obat anti jerawat yang tersedia di pasaran tanpa harus menggunakan resep dalam bentuk krim, gel, ataupun pad yang dapat diaplikasikan langsung pada kulit.

Dianjurkan untuk memilih produk perawatan jerawat dengan kandungan senyawa aktif salicyclic acid dan glycolic acid yang berfungsi untuk membunuh bakteri, dan mengangkat minyak berlebih serta mendorong pelepasan kulit mati. Setelah mencuci muka, tunggu hingga 15 menit, kemudian baru menggunakan obat, karena kulit yang basah lebih mudah terjadi penyerapan dan teriritasi.

Eksfoliasi dengan Baking Soda

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Baking soda adalah bahan yang sering digunakan dalam microdermabrasion, yaitu metode yang digunakan dalam proses pengelupasan kulit mati.

Campur baking soda dengan sedikit air untuk mendapatkan pasta kental, lalu oleskan pada area yang berkomedo dan gosok dengan lembut dengan gerakan memutar. Bisa juga dengan menggunakan bantuan lap lembut, spon, atau dengan menggunakan jari. Kemudian bilas dengan bersih dan gunakan pelembap.

Clay Mask

Clay mask adalah masker wajah tanah liat dapat membersihkan wajah secara mendalam dan membersihkan pori tersumbat sehingga menghasilkan tampilan kulit yang halus. Masker tanah liat akan mengelupaskan lapisan kulit mati dan menyerap kelebihan minyak. Namun, efek tersebut hanya sementara. Setelah menggunakan masker, kulit akan kembali memproduksi sebum. Maka, perawatan wajah dengan menggunakan masker wajah ini harus dilakukan rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil terbaik.

4.   Retinoid

Retinoid adalah turunan vitamin A dan cara terbaik untuk membersihkan pori tersumbat dan mencegah pembentukan komedo. Retinoid yang diresepkan oleh dokter akan bekerja dengan efektif. Retinoid bekerja pada reseptor kulit untuk memperbaiki cara kulit mengelupas sehingga kecil kemungkinan untuk timbul jerawat. Lapisan kulit luar akan diratakan, sedangkan lapisan kulit mati akan mengelupas.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kesehatan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 2

5.   Toner Lemon

Toner adalah cara terbaik untuk menyusut ukuran pori, salah satunya dengan mengaplikasikan jus lemon. Jus lemon adalah astrigent yang efektif mengangkat masalah kulit, namun harus hati-hati dalam menggunakannya karena jus lemon memiliki sifat pemutih yang dapat mencerahkan kulit sementara namun sensitif terhadap sinar UV. Setelah menggunakan toner lemon, oleskan pelembab yang mengandung SPF sebelum anda keluar rumah.

Cara menggunakan toner lemon cukup dengan mencelupkan kapas ke dalam toner lemon, lalu tepukkan pada area yang bermasalah sebanyak 3-4 kali seminggu, menjelang tidur, dan baru bilas pada pagi harinya.

6.   Konsultasi ke Dokter

Setelah menggunakan cara-cara alami di atas, namun komedo masih membandel, maka sebaiknya untuk mengkonsultasikannya ke dokter. Dokter kulit dapat memberikan prosedur chemical peel dan pengangkatan komedo yang dapat memperbaiki tekstur dan penampilan kulit.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to Get Rid of Blackheads on Nose: 8 Options, Plus Prevention Tips. Healthline. (https://www.healthline.com/health/how-to-remove-blackheads-from-nose)
Blackheads: Facts, causes, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/71615.php)
Get Rid of Blackheads: 4 Proven Ways (Plus How to Prevent Them). WebMD. (https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/how-get-rid-blackheads)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app