Penyebab Komedo pada Wajah dan Cara Menghilangkannya

Dipublish tanggal: Feb 27, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 29, 2019 Waktu baca: 4 menit
Penyebab Komedo pada Wajah dan Cara Menghilangkannya

Bagi kebanyakan orang baik laki- laki maupun perempuan, komedo merupakan salah satu masalah kulit yang menjengkelkan dan sangat mengganggu keindahan kulit, khususnya komedo pada daerah wajah. 

Komedo merupakan salah satu tanda utama munculnya jerawat. Komedo terdiri dari folikel rambut yang melebar yang diisi dengan keratin squama (sel kulit mati), bakteri, dan sebum atau minyak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Minyak yang dikeluarkan oleh kulit diproduksi oleh kelenjar sebaceous atau kelenjar minyak di dalam kulit yang membantu melumasi folikel rambut dan kulit. Tetapi kadar hormon yang meningkat selama pubertas menstimulasi kelenjar minyak, dan menyebabkan produksi sebum atau minyak yang berlebihan. 

Hal ini menarik perhatian bakteri untuk menyerang dan berkembang didalam lingkungan yang berminyak. Bakteri yang berkembang didalam kulit menyebabkan peradangan lokal dan membentuk bintik-bintik atau jerawat. Bintik-bintik ini dapat berupa komedo, pustula, nodul dan kista.

Ada dua jenis komedo, komedo yang tertutup atau terbuka. Komedo tertutup adalah jenis jerawat yang terbentuk saat sel kulit mati, minyak, dan bakteri menyumbat pori-pori. Komedo jenis ini biasanya tampak menyerupai benjolan kecil berwarna putih pada kulit dan menyebabkan reaksi peradangan kulit.

Dan nama umum untuk komedo tertutup adalah whitehead comedo. Komedo terbuka memiliki lubang yang lebar pada kulit dan ditutup dengan massa berupa sel kulit mati yang menghitam. Hal ini umumnya dikenal sebagai blackhead comedo.

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya komedo pada kulit khusunya pada wajah. Pada artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang penyebab munculnya komedo. Berikut pembahasannya.

Penyebab munculnya Komedo

  1. Gaya hidup yang tidak sehat

Memperbaiki gaya hidup jadi hal yang perlu Anda lakukan sebagai langkah mengatasi komedo yang membandel. Gaya hidup yang tidak sehat seperti terbiasa tidur larut malam termasuk salah satu faktor pemicu munculnya komedo. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Seperti yang kita tahu, kulit meregenerasi dirinya di malam hari saat kita terlelap tidur. Ini artinya, makin sering kamu tidur larut, makin sedikit pula kesempatan kulit memperbarui dirinya lewat proses regenerasi. 

Efeknya, sel-sel kulit mati pun tak kunjung berganti dengan sel-sel kulit yang baru. Semakin lama, sel-sel kulit mati akan semakin banyak dan menyumbat pori sehingga terbentuklah komedo.

2. Produksi minyak yang berlebih pada kulit

Kulit Anda terdiri dari jutaan pori-pori di mana rambut akan tumbuh. Tepat di bawah kulit, di setiap pori, dapat ditemukan kelenjar yang disebut kelenjar sebaceous atau kelenjar minyak. Kelenjar sebaceous memberikan nutrisi rambut dan kulit dan secara alami mencegah rambut dan kulit kering

Hal ini dilakukan dengan mengeluarkan cairan berminyak yang disebut sebum, yang ketika dikeluarkan secara normal, tidak menyebabkan masalah pada kulit.

Namun, ketika sebum atau minyak diproduksi secara berlebihan, seperti pada saat stres atau ketika hormon tidak seimbang, penumpukan sebum bisa terjadi tepat di bawah kulit. Kondisi ini dapat diperburuk ketika pori-pori yang terhalang oleh sel kulit mati atau zat lain, seperti kotoran atau make up. 

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Dalam kondisi ini sebum atau minyak tidak memiliki kemampuan untuk mengalir secara alami melalui pori-pori. Hasilnya adalah sebuah bintik-bintik kecil berisi minyak yang membentuk benjolan kecil di kulit, atau biasa disebut dengan komedo.

3Kurangnya olahraga atau aktifitas fisik

Selain penting untuk kesehatan tubuh, olahraga rutin juga diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Olahraga dapat membantu kulit wajah tampak lebih berseri dan meminimalisir munculnya komedo yang mengganggu. 

Sebab, saat berolahraga, peredaran darah di tubuh dapat menjadi lebih lancar. Selain itu, keringat yang keluar juga dapat mendorong keluarnya kotoran yang tersumbat di pori-pori. 

Dengan kata lain, semakin sering kamu berolahraga dan berkeringat, kamu dapat membersihkan pori-pori secara alami dan mencegah munculnya komedo pada kulit atau wajah.

Faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan munculnya komedo adalah sebagai berikut:

  • Iritasi pada folikel rambut ketika sel kulit mati tidak terlepas secara teratur
  • Mengalami perubahan hormonal yang menyebabkan peningkatan produksi minyak selama masa remaja, selama menstruasi, atau saat mengkonsumsi pil KB
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti kortikosteroid dan lain-lain

Sebagian orang percaya bahwa apa yang Anda makan atau minum dapat memengaruhi munculnya komedo. Produk susu dan makanan yang meningkatkan kadar gula darah, seperti karbohidrat, dapat berperan dalam memicu munculnya komedo, tetapi para peneliti tidak yakin bahwa ada hubungan yang kuat mengenai hal tersebut.

Perawatan untuk mengatasi masalah Komedo

Ada berbagai jenis pengobatan yang tersedia yang dilakukan di bawah pengawasan medis. Hal ini termasuk pengobatan dengan krim topikal yang diterapkan pada area kulit, obat steroid, antibiotic. 

Selain pengobatan dengan resep dokter Anda juga dapat menggunakan pembersih wajah yang tidak mengandung bahan berminyak dan sabun dengan potensi yang ringan agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit. 

Komedo juga dapat dihilangkan dengan menggunakan plaster khusus untuk mengangkat komedo yang bisa Anda dapatkan di pasaran.  Ekstraktor komedo juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah komedo, tindakan ini biasanya dapat dilakukan di salon kecantikan dan oleh spesialis kulit, biasanya setelah menggunakan uap atau air hangat.

Cara mencegah munculnya Komedo

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya komedo tanpa menghabiskan banyak uang dengan mencoba beberapa ide berikut:

1Cuci muka secara teratur

Cucilah muka saat bangun tidur dan sebelum tidur untuk menghilangkan penumpukan minyak pada wajah. Mencuci lebih dari dua kali setiap hari dapat mengiritasi kulit Anda dan membuat masalah pada kulit Anda menjadi lebih buruk. Gunakan pembersih lembut yang tidak membuat kulit Anda merah atau terititasi.

2Gunakan produk wajah yang bebas kandungan minyak

Setiap produk yang mengandung minyak dapat berkontribusi pada munculnya komedo baru. Pilih makeup, losion, dan sunscreen yang bebas minyak atau noncomedogenic untuk menghindari masalah kulit Anda menjadi lebih buruk. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Blackheads: Facts, causes, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/71615.php)
Blackheads: Causes, Symptoms, and Treatments. Healthline. (https://www.healthline.com/health/blackheads)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app