Ketahui Cara Alami Dalam Mengatasi Komedo

Jika dibiarkan, tumpukan komedo ini bisa terinfeksi bakteri dan meradang yang akan membentuk jerawat. Kalau sudah seperti ini, anda tentu baru menyadari pentingnya menghilangkan komedo dari wajah.
Dipublish tanggal: Jun 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ketahui Cara Alami Dalam Mengatasi Komedo

Wajah yang sehat dan bersih menjadi dambaan setiap orang. Tidak hanya pada wanita saja, pria pun ingin memiliki wajah yang bersih dan mulus. Sayangnya, tidak semua orang bisa mendapatkan wajah yang seperti itu. 

Jerawat dan komedo sering kali menjadi permasalah utama banyak orang untuk mendapatkan wajah yang bersih. Kedua permasalahan ini memang sering muncul apalagi jika anda tidak pandai merawat kulit anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit wajah yang berasal dari penumpukan komedo. Biasanya memang orang sering kali mengabaikan komedo karena keberadaannya yang berada di bawah kulit dan tidak terlalu terlihat. 

Namun, jika dibiarkan, tumpukan komedo ini bisa terinfeksi bakteri dan meradang yang akan membentuk jerawat. Kalau sudah seperti ini, anda tentu baru menyadari pentingnya menghilangkan komedo dari wajah.

Apa itu Komedo dan Mengapa Komedo Harus Dihilangkan?

Komedo sendiri merupakan sisa-sisa kulit mati yang menetap di permukaan kulit atau minyak berlebih yang menyumbat pori-pori wajah. Terdapat dua jenis komedo, yakni komedo hitam dan komedo putih

Biasanya, komedo hitam lebih terlihat dibandingkan dengan komedo putih karena warnanya yang mencolok. Komedo hitam akan lebih sulit dibersihkan dibandingkan dengan komedo putih. Apapun jenisnya, jika komedo menumpuk akan memicu timbulnya jerawat.

Meskipun tidak terlalu terlihat, namun jika anda lihat wajah yang berkomedo dari dekat maka akan terlihat sangat jelas. Terkadang bentuknya hanya sebatas titik-titik hitam dan biasanya di hidung. Ada pula komedo yang bentuknya menyerupai jerawat kecil dan sering kali berada di daerah pipi. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Jika komedo ini terkontaminasi polusi dan debu dari jalanan, maka akan meradang dan bernanah menjadi jerawat besar.

Bagaimana cara menghilangkan komedo secara alami?

Sebelum menjadi jerawat, ada baiknya anda segera menghilangkan komedo yang ada di wajah anda. Tidak sulit untuk menghilangkan komedo membandel. Anda hanya memerlukan beberapa bahan dan cara alami untuk mengusir komedo anda. 

  • Salah satunya adalah dengan menggunakan tomat segar yang dihaluskan. Anda bisa menjadikannya sebagai masker. Kandungan antioksidannya mampu menghilangkan dan mencegah komedo di wajah anda serta sel kulit mati.
  • Selain tomat, anda juga bisa menggunakan bahan alami lainnya seperti aloe vera. Daun yang satu ini memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit. Selain untuk melembabkan, kandungan anti bakteri di dalamnya ternyata mampu mengangkat lemak dan minyak pada wajah yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Anda hanya perlu menjadikannya sebagai masker wajah sebanyak 2 hari sekali untuk menghilangkan komedo membandel anda.

Hindari hal-hal berikut ketika berupaya menghilangkan komedo

Meskipun anda bisa menghilangkan komedo sendiri di rumah secara alami, namun ada beberapa hal yang anda harus hindari. Beberapa hal ini menjadi kesalahan umum yang sering kali dilakukan oleh banyak orang. Hal pertama adalah memencet daerah yang berkomedo. 

Memang memencet daerah yang berkomedo merupakan hal paling mudah untuk mengeluarkan komedo. Namun hal ini justru akan membuat pori-pori anda terbuka lebar.

Pori-pori yang terbuka lebar ini justru akan membuat debu, kuman dan bakteri sangat mudah untuk masuk dan menyumbatnya. Apalagi jika anda memencet daerah berkomedo anda dengan tangan kotor yang belum dicuci. 

Tentu saja bakteri dan kuman akan lebih banyak hinggap di wajah anda dan bukannya hilang, justru komedonya akan semakin banyak karena pori-pori yang tersumbat. Oleh karena itu, hindari memencet komedo.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to Get Rid of Blackheads on Nose: 8 Options, Plus Prevention Tips. Healthline. (https://www.healthline.com/health/how-to-remove-blackheads-from-nose)
Blackheads: Facts, causes, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/71615.php)
Get Rid of Blackheads: 4 Proven Ways (Plus How to Prevent Them). WebMD. (https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/how-get-rid-blackheads)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app