Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Kenali Epiglotitis Dari Penyebab, Gejala dan, Pengobatannya

Update terakhir: SEP 13, 2019 Tinjau pada SEP 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 882.373 orang

Penyakit Epiglotitis

Epiglotitis adalah suatu penyakit yang ditimbulkan akibat suatu peradangan pada epiglotis. Penyakit epiglotitis dapat menimbulkan hambatan padagt;napas sehingga dapat membahayakan jiwa. Adanya keterlibatan infeksi bakteri di epiglotis menimbulkan pembengkakan dan gejala-gejala lainnya.

Epiglotis merupakan tulang rawan yang terletak di bagian tenggorokan yang memiliki fungsi yang penting. Epiglotis memiliki fungsi sebagai penutup pada rongga tenggorokan sehingga saat kita sedang mengonsumsi makanan, epiglotis akan menutup jalur pernapasan agar makanan yang ditelan masuk ke dalam saluran pencernaan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Thiamycin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada saluran pernafasan, infeksi saluran pencernaan, dan infeksi saluran kemih. GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Penyebab Epiglotitis

Terjadinya epiglotitis pada beberapa orang disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Penyakit ini paling sering muncul pada anak-anak baik laki-laki atau perempuan di rentang usia 2 hingga 5 tahun. Terjadinya epiglotitis jarang timbul pada anak di bawah usia 2 tahun.

Hingga saat ini infeksi utama yang menyebabkan epiglotitis adalah bakteri Haemophillus influenza tipe B (HiB). Bakteri tersebut secara utama menyerang anak-anak. Sedangkan bakteri lainnya seperti Streptococcus group A, Streptococcus group B, Streptococcus pneumoniae, dan Staphylococcus aureus juga beresiko menimbulkan epiglotitis pada orang dewasa.

Infeksi yang masuk ke dalam tenggorokan akan menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada epiglotis. Bakteri berkembang di lendir epiglotis dan mempersumbat jalur napas. Kondisi ini dapat menyebabkan obstruksi pada jalan napas sebagai pertukaran udara. Tidak semua epiglotitis disebabkan oleh infeksi bakteri, pada kasus non- infeksi, epiglotitis disebabkan trauma pada tenggorokan seperti menelan air panas atau tertelan benda asing. Kondisi ini banyak terjadi pada anak-anak.

Gejala epiglotitis

Gejala pada saluran pernapasan merupakan gejala umum yang terjadi pada epiglotitis. Kelainan klinis yang timbul pada awal gejala yaitu sakit tenggorokan. Sakit ternggorokan menandakan adanya perkembangan infeksi yang mulai mengiritasi jalur napas. Infeksi semkain menyebar ke bagian epiglotis lain seperti supraglotis dan menimbulkan pembengkakan sehingga muncul gejala yaitu:

  1. Sulit menelan
  2. Suara serak
  3. Sesak napas
  4. Demam yang tinggi
  5. Keluar air liur berlebihan (drooling)
  6. Batuk
  7. suara napas kasar
  8. sianosis (kebiruan pada warna kulit akibat keterbatasan oksigen dalam darah)

pada anak-ank terkadang menunjukkan posisi tripod yaitu duduk dengan kedua tangan menumpu badan untuk melancarkan inspirasi napas agar lebih maksimal.

Diagnosis epiglotitis

Penderita dengan gejala atau terbukti epiglotitis perlu segera dirawat di rumah sakit untuk diberikan pertolongan pertama pada jalur napas. Dokter akan melakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik atas keluhan yang terjadi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

Tuba endotrakeal

Pemasangan tuba endotrakeal berfungsi untuk membuka jalur napas sehingga mendapat pertukaran oksigen.

Trakeostomi

Pemasangan tuba trakeostomi diindikasikan apabila pemasangan tuba endotrakeal ke dalam mulut mengalami kesulitan.

Laringoskopi

Pemeriksaan dengan laringoskopi juga dapat mendeteksi letak pembengkakan pada epiglotis

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Cefspan merupakan antibiotik untuk mengatasi infeksi pada saluran pernafasan atas, infeksi saluran kemih dan kelamin, kulit & jaringan lunak. GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Cefspan 100mg cap 1

Pemeriksaan darah Lengkap

Pemeriksaan darah dilakukan untuk mendeteksi adanya infeksi yang membuktikan adanya peningkatan sel darah putih.

Pencitraan

Pemeriksaan dengan rontgen, CT atau MRI juga membantu melihat kelainan dan posisi epiglotis saat timbul pembengkakan.

Kultur

Pemeriksaan kultur pada usap tenggorok dapat menilai jenis infeksi bakteri dan memudahkan dokter menentukan jenis terapi yang sesuai.

Penanganan Pada Epiglotitis

Tindakan utama yang dilakukan pada kasus epiglotitis adalah dengan membuka jalan napas akibat obstruksi atau pembengkakan epiglotis. Apabila tindakan ini tidak dilakukan maka akan beresiko terjadi hipoksia dan keracunan karbon dioksida.

Setelah jalur napas dinilai telah stabil. Pemberian obat-obatan juga dibutuhkan guna melawan infeksi yang berkembang dan menimbulkan pembengkakan apda epiglotis. Obat antibiotik dipilih untuk membasmi bakteri pada epiglotitis. Beberapa obat antibiotik pilihan antara lain ampicillin, ceftriaxone, dan chloramphenicol. Jenis obat antibiotik yang diberikan berikut dosis minum disesuaikan oleh dokter yang memberikan resep obat.

Selain antibiotik, pemberian obat kortikosteroid bertujuan untuk mengurangi pembengkakan akibat proses inflamasi oleh bakteri.

Pencegahan epiglotitis

Pencegahan pada penyakti epiglotitis dapat dilakukan dengan memberikan imunisasi pentavalen mulai usia 2 bulan dan diberikan secara bertahap. Pentavalen terdiri dari vaksin DPT (difteri, Pertusis, tetanus), Hepatitis B, dan Haemophillus influenza B atau HiB. Pemberian pada anak diatas usia 1 tahun dapat diberikan sekali.

 

 

 

 

                


Referensi

Abdallah, C. (2012). Acute epiglottitis: Trends, Diagnosis and Management. Saudi J Anaesth, 6(3), pp.279-81.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (2017). Jadwal Imunisasi 2017.

Mayo Clinic (2018). Diseases and Conditions. Epiglottitis.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit