Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Amoxicillin Oral - Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Update terakhir: SEP 15, 2019 Waktu baca: 7 menit
Telah dibaca 1.022.247 orang

Obat ini digunakan untuk mengobati masalah mental/mood seperti depresi. Obat ini dapat membantu meningkatkan suasana hati dan perasaan bahagia, meredakan kecemasan dan ketegangan, membantu Anda tidur lebih baik, dan meningkatkan tingkat energi Anda. 

Obat ini termasuk kelas obat yang disebut antidepresan trisiklik. Obat ini bekerja dengan mempengaruhi keseimbangan zat kimia alami tertentu (neurotransmitter seperti serotonin) di otak.

Tata Cara Menggunakan Amitriptyline HCL

Baca Panduan Obat yang disediakan oleh apotekersebelum Anda mulai menggunakan amitriptyline dan setiap kali Anda mendapatkan isi ulang. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikan dengan dokter atau apoteker.

Minum obat ini melalui mulut, biasanya 1 sampai 4 kali sehari atau sesuai anjuran dokter. Jika Anda meminumnya hanya sekali sehari, gunakan pada waktu tidur untuk membantu mengurangi kantuk di siang hari. Dosis ditentukan berdasarkan kondisi medis Anda dan respons terhadap perawatan.

Untuk mengurangi risiko efek samping (seperti kantuk, mulut kering, pusing), dokter dapat mengarahkan Anda untuk memulai pengobatan ini dengan dosis rendah dan secara bertahap meningkatkan dosis Anda. Ikuti instruksi dokter dengan cermat.

Minum obat ini secara teratur agar tubuh dapat menyerap manfaat dari obat ini lebih banyak. Untuk membantu Anda mengingat, minum pada waktu yang sama setiap hari. 

Jangan menambah dosis atau menggunakan obat ini lebih sering atau lebih lama dari yang ditentukan. Kondisi Anda tidak akan membaik lebih cepat, dan risiko efek samping Anda akan meningkat.

Penting untuk tetap meminum obat ini walaupun Anda merasa sehat. Jangan berhenti minum obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter. Beberapa kondisi dapat menjadi lebih buruk ketika obat ini tiba-tiba dihentikan. 

Anda juga mungkin mengalami gejala-gejala seperti perubahan suasana hati, sakit kepala, kelelahan, dan perubahan tidur. Untuk mencegah gejala-gejala ini ketika Anda menghentikan pengobatan dengan obat ini, dokter mungkin mengurangi dosis Anda secara bertahap. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk keterangan lebih lanjut. Segera laporkan jika muncul gejala baru atau bahkan memburuk.

Obat ini mungkin tidak langsung bekerja. Anda mungkin akan merasakan manfaatnya dalam waktu seminggu. Namun, bisa juga perlu hingga 4 minggu sebelum Anda merasakan efeknya.

Hubungi dokter jika kondisi Anda terus berlanjut atau memburuk (seperti perasaan sedih Anda semakin buruk, atau Anda memiliki pikiran untuk bunuh diri).

Efek Samping

Lihat juga bagian Peringatan.

Mengantuk, pusing, mulut kering, penglihatan kabur, sembelit, berat badan bertambah, atau kesulitan buang air kecil dapat terjadi. Jika salah satu dari efek ini bertahan lama atau memburuk, segera hubungi dokter atau apoteker.

Untuk mengurangi risiko pusing dan sakit kepala ringan, berdiri secara perlahan saat bangun dari posisi duduk atau berbaring.

Untuk meredakan mulut kering, hisap permen keras atau es, kunyah permen karet, minum air putih, atau gunakan produk pengganti air liur.

Untuk mencegah sembelit, makan makanan yang mengandung serat, minum cukup air, dan berolahraga. Anda juga bisa meminum obat pencahar. Tanyakan pada apoteker jenis pencahar yang tepat untuk Anda.

Ingat bahwa dokter meresepkan obat ini karena menilai manfaatnya bagi Anda lebih besar daripada risiko efek samping. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.

Segera hubungi dokter jika ada memar/perdarahan yang jarang tapi serius, mulas yang terus-menerus, gemetar, ekspresi wajah seperti topeng, kejang otot, sakit lambung/abdomen yang parah, penurunan kemampuan/hasrat seksual, payudara membesar/nyeri.

Segera hubungi bantuan medis jika Anda mengalami efek samping yang sangat serius, termasuk: tinja hitam, muntah yang terlihat seperti bubuk kopi, pusing parah, pingsan, kejang, sakit mata/bengkak/kemerahan, pupil mata yang melebar, perubahan penglihatan (seperti melihat pelangi di sekitar lampu saat malam hari).

Obat ini jarang menyebabkan kondisi yang sangat serius yang disebut neuroleptic malignant syndrome (NMS) atau kondisi spesial yang muncul akibat reaksi obat antipsikotik. Segera hubungi bantuan medis segera jika Anda memiliki gejala berikut: demam, otot kaku, kebingungan parah, berkeringat, detak jantung cepat/tidak teratur.

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera cari pertolongan medis jika Anda melihat gejala reaksi alergi serius, termasuk: ruam, gatal / bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, kesulitan bernapas.

Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika Anda menemukan efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker.

Di Amerika - Hubungi dokter untuk nasihat medis tentang efek samping. Anda dapat melaporkan efek samping ke FDA di 1-800-FDA-1088 atau di www.fda.gov/medwatch.

Di Kanada - Hubungi dokter Anda untuk nasihat medis tentang efek samping. Anda dapat melaporkan efek samping ke Health Canada di 1-866-234-2345.

Pencegahan

Lihat juga bagian Peringatan.

Sebelum mengambil amitriptyline, beri tahu dokter atau apoteker jika Anda memiliki alergi pada obat tersebut, atau antidepresan trisiklik lainnya (seperti nortriptyline), atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan-bahan yang tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Diskusikan dengan apoteker untuk keterangan lebih jelas.

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama yang berkaitan dengan: masalah perdarahan, masalah pernapasan, masalah hati, serangan jantung baru-baru ini, masalah buang air kecil (seperti karena pembesaran prostat), tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme), pribadi atau keluarga riwayat glaukoma (tipe sudut-penutupan), riwayat pribadi atau keluarga kondisi mental/suasana hati (seperti gangguan bipolar, psikosis), riwayat keluarga bunuh diri, kejang, kondisi yang dapat meningkatkan risiko kejang (seperti penyakit otak lainnya, putus alkohol).

Amitriptyline dapat menyebabkan suatu kondisi yang mempengaruhi irama jantung (long QT syndrome). Sindrom ini jarang menyebabkan detak jantung yang serius (jarang fatal) dengan cepat/tidak teratur dan gejala lainnya (seperti pusing parah, pingsan) yang memerlukan perhatian medis segera.

Risiko perpanjangan interval QT ini dapat meningkat jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat lain yang dapat menyebabkan long QT syndrome

Sebelum menggunakan amitriptyline, beri tahu dokter atau apoteker tentang semua obat yang Anda minum dan jika Anda memiliki salah satu dari kondisi berikut: masalah jantung tertentu (gagal jantung, detak jantung lambat, perpanjangan interval QT dalam EKG), riwayat keluarga dengan masalah jantung tertentu (perpanjangan interval QT dalam EKG, kematian jantung mendadak).

Kadar kalium atau magnesium yang rendah dalam darah juga dapat meningkatkan risiko perpanjangan interval QT. Risiko ini dapat meningkat jika Anda menggunakan obat-obatan tertentu (seperti diuretik/"pil air") atau jika Anda memiliki kondisi seperti keringat parah, diare, atau muntah. Diskusikan dengan dokter tentang cara menggunakan amitriptyline dengan aman.

Obat ini bisa membuat Anda pusing atau mengantuk atau mengaburkan penglihatan Anda. Alkohol atau ganja (ganja) bisa membuat Anda lebih pusing atau mengantuk. Jangan mengemudi, menggunakan mesin, atau melakukan apa pun yang membutuhkan kewaspadaan atau penglihatan yang jelas sampai Anda dapat melakukannya dengan aman. Hindari minuman beralkohol. Bicarakan dengan dokter jika Anda menggunakan rokok mariyuana (ganja).

Sebelum menjalani operasi, beri tahu dokter atau dokter gigi tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat non resep, dan produk herbal).

Obat ini dapat membuat Anda lebih peka terhadap sinar matahari. Batasi waktu Anda di bawah sinar matahari. Hindari tempat khusus menggelapkan kulit (tanning booths) dan sinar matahari. Gunakan tabir surya dan kenakan pakaian pelindung saat berada di luar ruangan. Segera hubungi dokter jika Anda terbakar matahari atau mengalami pelepuhan kulit/kemerahan.

Jika Anda menderita diabetes, obat ini mungkin akan membuat Anda lebih sulit mengendalikan kadar gula darah. Pantau kadar gula darah Anda secara teratur dan beri tahu dokter Anda tentang hasilnya. Dokter mungkin perlu menyesuaikan obat diabetes, program olahraga, atau diet Anda.

Orang dewasa yang lebih tua mungkin akan lebih sensitif terhadap efek samping obat ini, terutama mulut kering, pusing, kantuk, kebingungan, sembelit, kesulitan buang air kecil, dan perpanjangan QT (lihat di atas). Pusing, kantuk, dan kebingungan dapat meningkatkan risiko jatuh.

Selama kehamilan, obat ini harus digunakan hanya ketika benar-benar dibutuhkan. Diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter.

Karena masalah mental/mood yang tidak diobati (seperti depresi, kecemasan, gangguan panik) dapat menjadi kondisi serius, jangan berhenti menggunakan obat ini kecuali diinstruksikan oleh dokter Anda. 

Jika Anda merencanakan kehamilan, sedang hamil, atau berpikir Anda akan hamil, segera diskusikan dengan dokter manfaat dan risiko menggunakan obat ini selama kehamilan.

Obat ini dapat masuk ke dalam ASI namun efeknya pada bayi yang menyusui belum diketahui. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.

Overdosis

Jika seseorang mengalami overdosis dan memiliki gejala serius seperti pingsan atau kesulitan bernapas, hubungi 911. Jika tidak, segera hubungi pusat pengendalian racun

Warga AS dapat menghubungi pusat kendali racun lokal mereka di 1-800-222-1222. Warga Kanada dapat memanggil pusat kendali racun provinsi. Gejala overdosis termasuk: kantuk yang ekstrem, halusinasi, detak jantung cepat/tidak teratur, pingsan, pernapasan lambat/dangkal, kejang.

Catatan

Jangan berbagi obat ini dengan orang lain.

Pemeriksaan laboratorium dan/atau medis (seperti EKG, tes hati, level amitriptyline dalam darah) dapat dilakukan dari waktu ke waktu untuk memantau kemajuan Anda atau memeriksa efek samping. Simpan semua perjanjian medis. Konsultasikan dengan dokter untuk perincian lebih lanjut.

Dosis terlewatkan

Jika Anda melewatkan satu dosis, segera minum setelah Anda ingat. Jika mendekati waktu dosis berikutnya, jangan meminum dosis yang terlewat sebelumnya. Minum dosis berikutnya pada waktu biasa. Jangan menggandakan dosis untuk mengejar ketinggalan.

Tata Cara Penyimpanan

Simpan pada suhu kamar antara 68-77 derajat F (20-25 derajat C) jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di kamar mandi. Jauhkan semua obat dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan membuang obat ke toilet atau menuangkannya ke saluran pembuangan kecuali diperintahkan untuk melakukannya. Buang ketika kadaluwarsa atau tidak lagi diperlukan. 

Konsultasikan dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal untuk perincian lebih lanjut tentang cara membuang produk ini dengan aman. Informasi terakhir direvisi Oktober 2018. Hak cipta (c) 2018 First Databank, Inc.


Referensi

Allen, H. Patient (2016). Amoxicillin for infections.

Centers for Disease Control and Prevention (2017). Antibiotic Prescribing and Use ind Doctor's Office. Adult Treatment Recommendations.

Gillies, M. et. al. (2015). Common Harms from Amoxicillin: A Systematic Review and Meta-analysis of Randomized Placebo-controlled Trials for Any Indication. CMAJ. 187(1), pp. E21–E31.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp