March 07, 2019 20:54

Sore dok, keponakan saya, perempuan, 19 tahun, sebulan yang lalu ada benjolan di leher sebelah kanan 1 dan di sebelah kiri 2 dengan diagnosa sementara dokter Internis yaitu TB kelenjar. Sementara ini hanya diberi obat Paracetamol dulu sampai bisa dipastikan bahwa benar benar terkena TB Kelenjar sehingga disarankan untuk dilakukan : Thorax dan FNAB. Hasil Thorax sudah keluar dan FNAB sudah dilakukan hari Jumat kemarin tapi hasilnya baru seminggu kemudian, adapun hasil Thorax adalah sebagai berikut : X - FOTO THORAX PA: Cor : besar & bentuk normal, Aorta tampak normal, Mediastinum tidak melebar. Pulmones : tidak tampak infiltrat, hilus tidak melebar, corakan bronchovasculer normal, diafragma kanan kiri normal,sinus costophrenicus kanan dan kiri tajak. Tulang : tak tampak kelainan. Kesan: foto thorax tak tampak kelainan Pertanyaan saya adalah :
  1. apakah memang setelah dilakukan FNAB terasa nyeri yang terus menerus? dan apakah untuk menyelesaikan rasa nyeri tersebut hanya dengan Paracetamol saja tidak ada tambahan obat lain, misalkan Ponstan?
  2. Apakah proses FNAB tesebut memang dilakukan di 3 titik di mana benjolan berada, tidak cukup hanya di 1 titik saja sehingga menyebabkan rasa nyeri yang yang terus menerus? dan apakah memang seperti itu prosedur untuk memastikan TB Kelenjar?
Terima kasih. (Ibu Ratna)  

Pertanyaan ini telah dijawab oleh seorang ahli medis

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Kirim pertanyaan
Buka di app