Aspirasi - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Jul 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.066.758 orang

Anda pasti pernah mendengar istilah paru-paru basah, paru-paru basah disebabkan oleh banyak faktor. Yang paling sering menyebabkan terjadinya paru-paru basah adalah adalah infeksi akut saluran pernafasan. Dalam istilah kedokteran, paru-paru basah lebih dikenal dengan istilah pneumonia.

Selain paru-paru basah yang disebabkan oleh infeksi, paru-paru basah atau pneumonia bisa disebabkan oleh masuknya isi lambung ke dalam saluran pernafasan atau yang disebut dengan aspirasi paru

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Obat Batuk Pei Pa Koa dapat membantu meredakan batuk berdahak, sakit tenggorokan, melegakan sakit tenggorokan, dan memelihara kesehatan paru-paru. GRATIS ongkos kirim ke seluruh Indonesia minimal belanja Rp50.000!

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Aspirasi paru-paru adalah ketika makanan, asam lambung, atau air liur masuk ke paru-paru Anda baik itu ketika Anda tersedak . Anda juga bisa mengaspirasi makanan yang bergerak kembali dari perut Anda ke esofagus Anda ketika Anda muntah.

Hal ini memicu masalah karena adanya bakteri dari saluran pencernaan yang mempengaruhi paru-paru Anda. Paru-paru yang sehat umumnya bisa mengatasi hal ini dan zat yang masuk ke paru-paru akan hilang dengan sendirinya.

Tapi jika zat yang masuk dalam jumlah besar dan keadaan paru kurang baik, makan akan terjadi pneumonia aspirasi sebagai komplikasi. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai pneumonia aspirasi.

  • Pneumonia aspirasi lebih banyak terjadi pada Pria daripada wanita.
  • Penumonia aspirasi cukup sering terjadi. Penelitian menunjukkan bahwa dari semua kasus pneumonia yang terjadi di luar rumah sakit (pneumonia yang didapat masyarakat) sekitar 1 dari 10 kasus disebabkan oleh pneumonia aspirasi.
  • Pneumonia aspirasi juga umum terjadi pada anak-anak.
  • Pneumonia aspirasi sering terjadi di rumah sakit, di mana disebabkan oleh banyaknya kuman yang ada di rumah sakit.
  • sakit dada
  • sesak napas
  • Terdengar mengi pada lapang paru pada pemeriksaan auskultasi
  • Cepat lelah
  • batuk, mungkin dengan dahak hijau, darah, atau bau busuk
  • kesulitan menelan
  • bau mulut
  • keringat berlebih
  • Pneumonitis kimia:
    iritasi akibat zat kimia pada paru-paru, yang dapat berkembang menjadi sindrom gangguan pernapasan akut dan / atau infeksi bakteri.masuknya isi lambung ke dalam paru-paru dapat menyebabkan penyakit yang sangat berat dan kadang-kadang fatal yang disebut sindrom Mendelson, terutama selama masa kehamilan.
  • Obstruksi (penyumbatan):
    Jika zat yang terserap dalam volume yang besar, maka dapat menyebabkan obstruksi pada saluran pernapasan dan bisa berakibat fatal.
  • Infeksi bakteri:
    infeksi saluran udara bawah dapat menyebabkan berbagai penyakit paru yang lain seperti empiema, abses paru, gagal napas akut, dan cedera paru akut. Pneumonia aspirasi persisten sering disebabkan oleh bakteri anaerob dan dapat berkembang menjadi abses paru atau bahkan bronkiektasis.
  • Memasang ventilator untuk membantu Anda bernapas.
  • Pemberian antibiotik mungkin diperlukan.
  • Anda mungkin juga perlu cairan melalui infus, obat-obatan (disebut bronchodilators) untuk merilekskan saluran napas Anda, dan fisioterapi untuk membantu mengeluarkan dahak dari dada Anda.
  • Anda mungkin juga perlu terapi untuk membantu dalam kesulitan menelan yang mungkin menyebabkan aspirasi sejak awal.

Apa tanda dan gejala Anda menderita pneumonia aspirasi?

Seseorang dengan pneumonia aspirasi mungkin menunjukkan tingkat kebersihan mulut yang buruk. Umumnya gejala pneumonia aspirasi mirip dengan gejala paru-paru basah yang disebabkan oleh infeksi, gejala-gejalanya seperti:

Siapa pun yang menunjukkan gejala-gejala ini harus menghubungi dokter mereka. Beri tahu mereka jika Anda baru-baru ini ada makanan atau minuman yang terasa masuk ke dalam saluran pernafasan (tersedak). Anak-anak usia di bawah 2 tahun atau orang dewasa di atas usia 65 tahun memiliki refleks batuk yang kurang baik, sehingga membutuhkan perawatan medis dan diagnosis dengan cepat.

Jangan ragu untuk pergi ke dokter jika Anda batuk dahak berwarna atau demam berlebih di atas 102 ° F (38 ° C) selain gejala yang disebutkan di atas.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Obat Batuk Pei Pa Koa dapat membantu meredakan batuk berdahak, sakit tenggorokan, melegakan sakit tenggorokan, dan memelihara kesehatan paru-paru. GRATIS ongkos kirim ke seluruh Indonesia minimal belanja Rp50.000!

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Komplikasi yang dapat terjadi

Yang dikhawatirkan dari aspirasi pneumonia adalah komplikasi yang dapat terjadi seperti:

Bagaimana penanganan pneumonia aspirasi?

Penanganan pneumonia aspirasi tergantung dari seberapa jauh pneumonia aspirasi tersebut berkembang. Jika ada sesuatu yang menghalangi jalan napas, seperti benda asing atau sepotong makanan, penanganan yang dapat dilakukan adalah mengangkatnya. 

Tergantung pada seberapa jauh sistem saluran napas Anda terhambat, Untuk mengangkat sumbatan tersebut, Anda mungkin membutuhkan suatu prosedur yang disebut bronkoskopi. 

Selain menghilangkan sumbatan pada trakea Anda, ada beberapa hal yang mungkin akan dokter Anda lakukan seperti

Jika pneumonia aspirasi terjadi di rumah dan gejala Anda ringan, Anda mungkin tidak perlu masuk rumah sakit untuk menanganinya. Namun, jika gejala Anda parah , Anda mungkin perlu dirawat di rumah sakit.

Kemungkinan sembuh dari pneumonia aspirasi tergantung pada penyebab awalnya, seberapa jauh pneumonia aspirasi berkembang atau mengalami komplikasi. Hal ini juga tergantung pada seberapa cepat kondisi itu didiagnosa dan seberapa cepat perawatan yang efektif dimulai.


Referensi

Dibardino, D M. Wunderink, R G. (2014). Aspiration Pneumonia: A Review of Modern Trends. Journal of Critical Care, 30(1), pp. 40-48.

Dock, E., Boskey, E., Watson, K., & Wu, B. Healthline (2017). Aspiration Pneumonia: Symptoms, Causes, and Treatment.

Dock, et al. Healthline (2017). Aspiration Pneumonia: Symptoms, Causes, and Treatment

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit