Doctor men
Ditulis oleh
MELIANTY IPARDJO
Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA ENWA SIWI

Iritasi Pada Selangkangan - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Jul 6, 2019 Tinjau pada Mei 4, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.016.607 orang

Tidak mau kan aktifitasmu terhambat karena iritasi pada selangkangan? Iritasi pada kulit dapat mengganggu aktifitas sehari-hari, terlebih jika terjadi di selangkangan. 

Iritasi kulit di selangkangan jangan dianggap remeh! Selain dapat membuat kulit lecet dan luka, bagian tersebut sangat lembab dan menyebabkan tumbuhnya jamur atau bakteri berkembang sangat cepat. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Nah, jika kamu merasakan rasa perih dan kemerahan di daerah selangkangan, sebaiknya segera diobati. Apa penyebab iritasi pada selangkangan? Baca penjelasan penyebab terjadinya iritasi pada selangkangan dan juga cara mengobatinya!

Apa penyebab Iritasi pada selangkangan?

Penyebab iritasi pada selangkangan pada umumnya disebabkan oleh jamur. Bagian selangkangan merupakan bagian tubuh yang cukup lembab. Hal ini memudahkan bagian selangkangan sangat rentan menjadi tempat perkembangbiakan jamur. 

Selain itu, ketatnya pakaian dalam (celana dalam) juga salah satu penyebab iritasi. Pakaian dalam yang terlalu ketat dan menempel pada kulit menyebabkan kulit tidak dapat ‘bernapas’ dan menyebabkan kelembaban sehingga tumbuh jamur.

Iritasi pada selangkangan jika tidak segera diobati dapat menyebar ke bagian-bagian tubuh lainnya. Seperti bokong dan bagian sensitif seperti vagina pada wanita atau ujung penis pada pria

Perlu diingat! Penderita diabetes dan obesitas sangat mudah mengalami iritasi ini dan akan mengalami proses yang lebih lama dalam penyembuhan. Sebaiknya ketika kamu merasakan perih dan kemerahan pada selangkangan segera tanya ke dokter atau klinik untuk mendapatkan pengobatan.

Bagaimana pengobatan Iritasi pada selangkangan?

Pengobatan iritasi pada selangkangan harus dilakukan cukup hati-hati karena cukup berdekatan dengan alat kelamin. Jika tidak dilakukan dengan higienis maka konsekuensi penyebaran dapat mudah terjadi. Berikut tahapan pengobatan kulit selangkangan yang teriritasi:

1. Kulit kemerahan Dikarenakan penyebab pada umumnya adalah jamur, maka pengobatan awal bisa diberikan krim anti-jamur atau bedak yang bisa mengurangi kelembaban. Obat atau salep anti-jamur bisa didapatkan di apotek. Namun, sebaiknya penjelasan kepada apoteker kondisi kulit kamu. Karena kulit yang sensitif memiliki pengobatan yang berbeda.

2. Kulit mengalami lecet  Jika kulit sudah mengalami kelecetan disebabkan iritasi, tidak hanya sekedar diberikan obat atau krim anti jamur. Namun juga berfokus untuk mengobati lecet tersebut. 

Jika kulit kamu sudah mengalami kelecetan di daerah selangkangan, antisipasi jika kemungkinan infeksi sudah terjadi maka harus diobati dengan anitibiotik. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

3. Kulit iritasi terjadi di berbagai tempat  Kemungkinan penyebaran bakteri sudah terjadi. Tidak hanya pada selangkangan, bagian yang teriritasi bisa jadi terdapat di kemaluan ataupun bokong. Sebaiknya jangan tunda lagi untuk memeriksakan ke dokter spesialis kulit, karena jika semakin menunda maka penyebaran bisa semakin luas dan iritasi semakin parah. 

Selain itu pemeriksaan lebih lanjut harus dilakukan, karena penyebab lainnya seperti alergi ataupun penyakit menular seksual bisa terjadi.

Bagaimana cara mencegah Iritasi pada selangkangan?

Iritasi pada selangkangan sangat mungkin dicegah. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah iritasi pada kulit terutama pada selangkangan.

1. Selalu menjaga kebersihan  Kebersihan sekitar selangkangan sangat mempengaruhi kesehatan sekitar selangkangan termasuk alat kelamin. Menjaga kebersihan selangkangan dapat dilakukan dengan rutin mengganti pakaian dalam, selalu menjaga kekeringan, dan juga menggunakan sabun sesuai dengan jenis kulit kita.

2. Berantisipasi pada toilet umum  Toilet umum rentan sebagai tempat penyebaran virus maupun bakteri. Pilih toilet umum yang bersih atau setidaknya keringkan dudukan toilet umum jika terlihat basah. Selalu cuci tangan dengan sabun sehabis menggunakan toilet umum.

3. Berhubungan seksual dengan aman  Jika kamu berhubungan seksual dengan pasangan yang tidak diketahui pasti riwayat seksualnya selalu gunakan kondom. Iritasi pada selangkangan juga bisa disebabkan penularan penyakit seksual seperti herpes dan kutu kelamin.

4. Gunakan celana dalam yang nyaman  Bahan yang tidak menyerap keringat juga bisa menyebabkan kelembaban pada bagian selangkangan. Pilihlah bahan katun agar dapat mengurangi kelembaban dan tentunya tidak terlalu ketat.

5. Tidak bertukar celana dalam dan handuk  Sebaiknya gunakan handuk dan celana dalam untuk masing-masing. Tujuannya adalah untuk mengurangi penyebaran bakteri yang rentan menginfeksi kulit yang lembab. Dan jangan lupa untuk menjemur handuk dan rutin mengganti handuk yang bersih untuk menjaga kebersihan tubuh.

Iritasi pada selangkangan merupakan hal yang cukup sering terjadi. Biasanya karena secara tidak sadar kita tidak merasakan kelembaban pada selangkangan. Jika kamu pernah mengalami iritasi pada selangkangan sebaiknya tetap waspada, karena bisa akan terulang lagi. 

Walaupun iritasi ini bisa terobati, sebaiknya tetap mencegah lebih baik daripada mengobati.  

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit