Doctor men
Ditinjau oleh
DR. VINA SETIAWAN

Acetaminophen: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: SEP 17, 2019 Tinjau pada SEP 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.135.716 orang

Acetaminophen  adalah termasuk obat golongan analgetik yang biasa digunakan untuk keluhan nyeri dari intensitas ringan sampai sedang. Pada pembahasan kali ini, kita akan lebih membahas Acetaminophen dari jalur intravena (infus). 

Sedangkan untuk nyeri dengan intensitas berat, Acetaminophen akan ditambahkan analgetik jenis lain seperti narkotik. Walaupun dianggap relatif aman digunakan dalam jangka waktu lama, kesalahan dosis dan cara pakai bisa mengakibatkan efek samping yang tidak diinginkan.

Mengenai Acetaminophen

Golongan:

Obat bebas

Kemasan:

Kapsul, tablet, sirup, suntikan

Kandungan:

Obat analgesic

Manfaat yang didapatkan dari Acetaminophen

Acetaminophen  biasa digunakan dalam penyakit yang menyebabkan nyeri dengan intensitas ringan sampai sedang dan dapat juga digunakan untuk menurunkan demam pada penderitanya. 

Acetaminophen merupakan obat yang dibeli melalui resep dokter, sehingga kita pun sebagai konsumen harus bijak dalam menggunakan obat ini. Cara kerja Acetaminophen adalah dengan melakukan blokade pada sintesis prostaglandin pada system saraf pusat serta bekerja dengan baik pada impuls rangsang nyeri pada daerah perifer. 

Acetaminophen juga bekerja pada hipotalamus sebagai efek antipiretik atau menurunkan demam. Obat ini bisa digunakan baik oleh anak, dewasa atau lanjut usia.

Dosis dari Acetaminophen

Bentuk sediaan Acetaminophen yang kita bahas kali ini adalah sediaan injeksi yang dikonsumsi tergantung dari keluhan serta usia pemakainya. Sediaan Acetaminophen yang tersedia adalah 10mg/ml.

Nyeri intensitas ringan-sedang dan demam (dewasa)

  • <50 kg : 12.5mg/kg IV 6 kali pemberian/hari, atau 15mg/kg IV 4 kali pemberian/hari. Maksimal pemberian 750mg/kali dan 3.75g/hari.
  •  ≥50 kg : 650mg iv 6 kali pemberian/hari atau 1000mg IV 4 kali pemberian/hari. Maksimal pemberian tidak melebihi 4g/hari.
  • Pemberian lewat jalur IV diberikan dalam kurun waktu kurang lebih 15 menit.

Nyeri pada anak

  • Tidak disarankan untuk anak <2 tahun.
  • 2-12tahun : 12.5mg/kg IV 6 kali pemberian/hari atau 15mg/kg IV 4 kali pemberian/hari. Maksimal pemberian 75 mg/kg/hari.
  • ≥13 tahun : dosis mengikuti dosis dewasa berdasarkan berat badan

Demam pada anak

  • Neonatus         : 12.5mg/kg IV 4 kali pemberian/hari. Maksimal 50mg/kg/hari.
  • Bayi 29 hari – 2 tahun : 15mg/kg IV 4 kali pemberian/hari. Maksimal 60mg/kg/hari.
  • Anak 2 -12 tahun        : 12.5mg/kg IV 6 kali pemberian/hari atau 15mg/kg IV 4 kali pemberian/hari. Maksimal pemberian 75 mg/kg/hari.
  • ≥13 tahun : dosis mengikuti dosis dewasa berdasarkan berat badan

Lakukan modifikasi dosis bagi penderita gangguan ginjal berat (CrCl <30ml/min). Pemberian dalam dosis yang lebih rendah dan dalam interval pemberian yang lebih jauh mungkin dapat dipertimbangkan dalam kasus ini.

Penggunaan obat ini harus menggunakan resep dari dokter, konsultasikan lebih lanjut kepada dokter yang telah memeriksa Anda secara langsung sehingga mengetahui kondisi medis Anda. 

Efek samping dari Acetaminophen

Efek samping yang dapat ditimbulkan oleh Acetaminophen adalah

Tentunya tidak semua orang akan mengalami efek samping tersebut diatas, bila anda merasa khawatir dalam penggunaan obat ini ataupun mengalami salah satu keluhan yang telah disebutkan diatas, konsultasikan keadaan medis anda kepada tenaga medis atau dokter terdekat.

Ibu hamil dan menyusui

Perlu diketahui bahwa penggunaan Acetaminophen  untuk ibu hamil dan menyusui termasuk dalam kagetori C, yaitu studi pada binatang mengindikasikan adanya efek pada janin ataupun belum dilakukannya studi pada manusia

Sehingga obat ini dapat digunakan hanya jika dirasakan bahwa manfaatnya akan lebih besar dibandingkan dengan efeknya kepada janin, saran kami hubungi dan konsultasikan kembali kepada dokter anda bila anda ingin mengkonsumsi Acetaminophen  dalam keadaan hamil atau menyusui.

Interaksi Obat

Obat ini dapat berinteraksi dengan obat-obatan lainnya termasuk:

  • Pixantrone
  • Isoniazid
  • Carbamazepine
  • Acenocoumarol
  • Fosphenytoin
  • Warfarin
  • Phenytoin 
  • Zidovudine

Peringatan 

Dalam menggunakan Acetaminophen  ada beberapa hal yang perlu di waspadai, seperti:

  • Berhati-hati dalam pemberian untuk penderita gangguan ginjal berat. Diperlukan pengaturan dosis dan intensitas pemakaian pada penderita gangguan ginjal berat.
  • Hentikan pengobatan bila terjadi gejala gejala hipersensitifitas atau alergi.
  • Berhati-hati dalam pemberian untuk gangguan fungsi hati atau penderita penyakit hati. Hindari juga pemberian pada penderita G6PD, malnutrisi, hipovolemia, dan peminum alcohol.
  • Beritahu kepada dokter bila sedang mengonsumsi obat-obatan lain ataupun herba.

Overdosis

Gejala overdosis bisa berupa mual dan muntah berat, gangguan nafsu makan, nyeri perut, kelelahan yang berlebihan, mata/kulit menjadi kuning, warna urin berubah menjadi gelap. Segera cari bantuan medis bila anda atau kerabat anda mengalami keluhan seperti ini. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp