Papaverine

Update terakhir: Mar 5, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.319.725 orang

Papaverine

Definisi

Papaverine adalah vasodilator yang merelaksasi otot halus pada pembuluh darah sehingga pembuluh darah melebar (dilatasi). Dilatasi akan memperkecil tekanan darah dan membantu darah agar dapat mengalir secara lanjar melalui vena dan arteri

Iklan dari HonestDocs
HonestDocs Health Shop - Pesan Obat Jadi Lebih Mudah!

GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia hingga Rp.30,000 (minimum transaksi Rp.50,000)

Medicine delivery 01

Papaverine digunakan untuk mengobati kondisi yang menyebabkan kejang otot halus, termasuk rasa nyeri di dada, masalah sirkulasi, serangan jantung, atau kelainan perut pada perut atau kandung kemih. Papaverine tidak boleh digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi (impotensi) dan tidak boleh diinjeksikan ke penis. Injeksi ke penis dapat menyebabkan ereksi yang menyakitkan atau ereksi yang berkepanjangan yang memerlukan operasi untuk memperbaikinya.

Cara kerja obat

Papaverine berguna untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke jantung dan otak, karena papaverine adalah vasodilator. Vasodilator bekerja dengan merelaksasi otot pada pembuluh darah. 

Papaverine juga merupakan obat antiaritmik yang mengobati denyut jantung yang tidak normal, dengan menghalangi aktivitas elektrik pada jantung sehingga denyut jantung bisa kembali normal. Selain itu, dapat membuat jantung dapat memompa lebih banyak darah ke jantung.

Indikasi penggunaan

Papaverine digunakan untuk meredakan ischemia serebral dan periferal yang berhubungan dengan kejang arterial dan ischemia miokardial rumit akibat aritmia.

Cara menggunakan obat

Untuk mengonsumsi obat ini secara oral, dilakukan setiap 8 hingga 12 jam atau sesuai petunjuk dokter. Kapsul harus ditelan secara utuh, tidak boleh dihancurkan atau dikunyah.

Papaverine biasanya tersedia dalam bentuk berikut:

Iklan dari HonestDocs
HonestDocs Health Shop - Pesan Obat Jadi Lebih Mudah!

GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia hingga Rp.30,000 (minimum transaksi Rp.50,000)

Medicine delivery 01
  • Larutan
  • Suntikan

Efek samping

Pusing, mengantuk, wajah yang kemerahan, berkeringat, sakit kepala atau mual-mual mungkin terjadi. Jika efek ini tetap berlangsung atau memburuk, periksakan ke dokter atau tanyakan pada farmasis segera. Untuk menghindari efek samping serius, ikuti petunjuk dokter dan tetap lakukan pemeriksaan yang diminta. 

Segera periksakan ke dokter jika terjadi efek samping serius (umumnya jarang terjadi) seperti denyut jantung yang tidak teratur, perubahan pengelihatan (penglihatan buram atau berbayang). Papaverine dapat menyebabkan penyakit hati yang parah tapi sangat jarang terjadi. Segera periksakan ke dokter apabila Anda mengalami gejala penyakit hati yaitu muntah-muntah secara terus menerus, rasa nyeri pada perut, urin yang berwarna gelap, mata atau kulit yang menguning. 

Terjadinya alergi akibat konsumsi obat ini sangat jarang terjadi. Namun, apabila terjadi gejala alergi (ruam kulit, gatal-gatal dan/atau bengkak pada wajah/lidah/tenggorokan), rasa pusing yang parah, kesulitan bernafas), segera hubingi dokter.

Interaksi dengan obat lain

Obat ini dapat mengurangi kemampuan Anda berpikir atau bereaksi. Hati-hati dalam berkendara atau berkegiatan lain yang memerlukan kewaspadaan apabila sedang menjalani pengobatan dengan obat ini. Meminum alkohol dapat meningkatkan terjadinya efek samping. Meminum obat ini dengan obat lain yang dapat menyebabkan kantuk dapat memperburuk efeknya. 

Tanyakan pada dokter sebelum meminum papaverine bersama dengan obat tidur, obat nyeri narkotik, perileks otot, atau obat untuk mengatasi kecemasan, depresi dan kejang. Berikut ini adalah daftar obat yang tidak disarankan untuk dikonsumsi bersama dengan papaverine:

  • Amisulpride
  • Amifampridine
  • Dabrafenib
  • Hydroxyzine
  • Quetiapine
  • Sotalol
  • Sulpiride
  • Vinflunine
  • Zulcopenthixol
  • Efavirenz
  • Amiodarone
  • Piolisant

Dokter akan mengganti maupun menyesuaikan dosis dalam mengonsumsi obat di atas bersama dengan papaverine.

Perhatian

Penggunaan papaverine injeksi hanya boleh dengan petunjuk dokter, tidak boleh kurang maupun lebih. Penggunaan yang terlalu banyak dapat menyebabkan ereksi sangat kuat dan berlangsung lama dan tidak dapat kembali semula, kondisi ini disebut priapisme, kondisi yang sangat berbahaya. Jika tidak dapat kembali seperti semua, aliran darah ke penis akan dihentikan dan kerusakan permanen mungkin terjadi. 

Segera hubungi dokter jika ereksi terjadi lebih dari 4 jam atau terasa nyeri, karena ini bisa menjadi tanda priapisme dan harus ditangani segera untuk mencegah kerusakan permanen. Jika terjadi pendarahan pada bagian yang disuntik, tekan pada bagian tersebut hingga pendarahan berhenti. Apabila tidak dapat berhenti, periksakan ke dokter. Periksakan penis secara rutin, terutama jika terdapat benjolan pada tempat penyuntikan papaverine atau penis terlihat lebih melengkung. Hal ini bisa menjadi tanda tumbuhnya jaringan yang tidak diinginkan yang disebut fibrosis.

Penyimpanan

Simpan obat pada tempat tertutup pada temperatur ruangan, jauhkan dari panas, kelembaban dan sinar matahari langsung. Hindarkan dari membeku. Hindarkan dari jangkauan anak-anak. Jangan menyimpan obat yang kadaluarsa atau obat yang tidak lagi dibutuhkan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp