Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Stroke Lakunar : Penyebab,Gejala,dan Pengobatannya

Update terakhir: DEC 10, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.333.176 orang

Stroke merupakan kondisi penyakit dimana terjadi kerusakan pembuluh darah ke otak yang menimbulkan penurunan aliran darah yangd apat berakibat fatal. Ada berbagai macam jenis stroke, terutama salah satunya adalah stroke lakunar. S

Mengenai  Stroke LAkunar?

Stroke di area otak yang dalam (misalnya, stroke di thalamus, basal ganglia atau pons) disebut stroke lacunar. Struktur yang lebih dalam ini menerima aliran darah mereka melalui serangkaian arteri yang unik. Karena karakteristik arteri ini, stroke lacunar terjadi sedikit berbeda dari stroke lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Stroke lacunar adalah jenis stroke iskemik yang terjadi ketika aliran darah ke salah satu arteri kecil jauh di dalam otak menjadi tersumbat. Stroke lacunar terjadi sekitar  seperlima dari semua stroke. Semua jenis stroke berbahaya karena sel-sel otak kekurangan oksigen dan mulai mati dalam beberapa menit.

Apa penyebab Stroke Lakunar

Stroke lacunar terjadi ketika salah satu arteri yang menyediakan darah ke struktur dalam otak tersumbat. Arteri sangat kecil dan rentan rusak. Arteri kecil dari cabang stroke lacunar terhubung langsung dari arteri utama yang besar, bertekanan tinggi, dan berotot. 

Tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat menyebabkan stroke lacunar karena menyebabkan denyut nadi semakin cepat. Karena arteri tidak secara bertahap dan ukurannya menyempit, tekanan darah tinggi dapat langsung merusak arteri ini. 

Tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan aterosklerosis, dimana plak menjadi menumpuk di sepanjang dinding pembuluh darah. Aterosklerosis dapat terbentuk di dalam salah satu arteri kecil ini, menghalangi aliran darah di arteri.

Apa saja gejala Stroke Lakunar

Gejala stroke biasanya datang tiba-tiba tanpa muncul gejala awal. Gaya hidup dan kondisi kesehatan yang buruk dapat memicu munculnya stroke lakunar secara tiba-tiba Tanda-tanda stroke lacunar dapat meliputi:

  • bicara pelo 
  • ketidakmampuan untuk mengangkat satu tangan 
  • terkulai di satu sisi wajah 
  • mati rasa, seringkali hanya pada satu sisi tubuh 
  • kesulitan berjalan atau menggerakkan lengan Anda 
  • kebingungan 
  • masalah memori 
  • kesulitan berbicara atau memahami bahasa lisan 
  • sakit kepala 
  • kehilangan kesadaran atau koma

Ketika sel-sel otak mati, fungsi-fungsi yang dikendalikan oleh area otak itu terpengaruh. Gejala-gejala ini dapat bervariasi tergantung pada lokasi stroke.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Kondisi lain yang memungkin adanya gejala stroke disebabkan gumpalan kecil yang dapat menyebabkan stroke lacunar mengganggu aliran darah hanya selama beberapa menitJika gumpalan darah mengecil, maka gejala dapat mulai membaik dalam beberapa menit dan dapat hilang sepenuhnya. 

Ketika gejala hilang tanpa pengobatan dan pemulihan penuh terjadi dalam waktu 24 jam kondisi ini disebut transient ischemic attack (TIA)

Bagaiman cara Mencegah Stroke Lakunar

Stroke Lacunar adalah kondisi kegawatdaruratan yang mengancm jiwa. Beberapa faktor risiko seperti penuaan dan riwayat keluarga berada di luar kendali Anda, tetapi perilaku gaya hidup tertentu dapat memengaruhi risiko yang dapat menurunkan gejala stroke lakunar. 

Dalam kehidupan sehari-hari anda diharuskan untuk mengikuti pola makan sehat. Berolahraga secara teratur setidaknya 30 menit setiap hari dalam seminggu. 

Dengan kebiasaan hidup yang baik kita  dapat membantu menurunkan risiko terkena stroke lacunar. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, penyakit jantung, atau diabetes, anda harus mengikuti pola pengobatan secara teratur sehingga kondisi terkendali dan rutin untuk memeriksa diri anda ke dokter secara teratur. 

Dan yang paling penting, segera cari  pertolongan medis pada tanda atau detik pertama munculnya gejala stroke.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Bagaimana cara mengobati Stroke Lakunar

Munculnya tanda-tnda terjadinya stroke lakunar perlu dilakukan tindakan medis segera. PIlhan pertama oleh dokter di instalasi gawat daruat adalah dengan memberikan obat untuk menurunkan penggumpalan darah. 

Meskipun obat pengencer darah heparin sering digunakan untuk mengobati stroke yang memengaruhi arteri besar, obat ini tampaknya tidak membantu penderita stroke lacunar pulih. 

Perawatan darurat baru yang dapat digunakan untuk mengobati beberapa stroke adalah prosedur kateter untuk menghilangkan bekuan darah di otak, yang disebut Thrombectomy Sayangnya, prosedur ini tidak dapat digunakan untuk mengobati stroke lacunar. Arteri yang terlibat dalam stroke lacunar terlalu kecil.

Seseorang yang menderita stroke lacunar biasanya dirawat di rumah sakit sehingga ia dapat diamati jika gejala memburuk. Seseorang dengan stroke parah mungkin memerlukan bantuan perawatan diri atau makan. 

Di rumah sakit, terapis okupasi dan terapi fisik dapat membantu orang tersebut mengatasi kecacatan baru dan mendapatkan kembali kekuatan setelah cedera otak

Biasanya, rawat inap diikuti dengan masa tinggal di pusat rehabilitasi, di mana terapi intensif tambahan dapat diberikan. Tujuan rehabilitasi adalah untuk memaksimalkan pemulihan. 

Untuk mencegah stroke di masa depan, sangat penting bagi Anda untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Selalu ingat untuk mengonsumsi obat rutin guna menstabilkan tekanan darah atau gula darah.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini