​Infark Lakunar: Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Apr 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.066.557 orang

Kenali gejala Infark Lakunar

Infark Lakunar atau stroke lakunar adalah salah satu jenis stroke yang menyeranggt;pembuluh darah di otak sehingga suplai aliran darah di otak menjadi terhambat. Kondisi ini menyerang 20% dari banyak jenis stroke yang terjadi dalam lingkup kesehatan. Infark Lakunar dapat memicu kerusakan otak secara permanen dan meningkatkan resiko stroke berat.

Apa itu infarksi? Infark adalah suatu kerusakan dari sistem sirkulasi darah yang tersumbat sehingga menimbulkan terhambatnya aliran darah yang membawa oksigen dan memicu kerusakan organ. Infark dapat terjadi pada beberapa organ penting seperti otak, jantung, usus, serta ginjal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Infark pada organ otak dipicu akibat tersumbatnya pembuluh darah akibat trombus atau emboli yang menimbulkan penyempitan pembuluh darah sehingga aliran darah ke organ tubuh tidak berjalan dengan lancar.

Penyebab Infark Lakunar

Pada infark lakunar, ini terjadi akibat blokade daripadagt;kolesterol yang menupuk menjadi plak di dinding dalam pembuluh darah. Kondisi ini dapat memicu terjadinya trombosis karena darah tersumbat pada aliran.

Infark Lakunar paling sering terjadi pada pria daripada wanita, terlebih dengan riwayat stroke berulang tanpa pengobatan yang tepat. Infark lakunar biasanya dipicu oleh beberapa faktor risiko antara lain:

  • Penderita hipertensi berat
  • Penderita diabetes melitus
  • Gangguan jantung
  • Merokok
  • Konsumsi alkohol berlebihan
  • Pola makan yang salah
  • Kolesterol tinggi

Gejala Infark Lakunar

Tersumbatnya pembuluh darah di otak akibat trombus dapat menimbulkan gejala apabila penumpukan semakin banyak dan menghambat aliran darah. Rusaknya sistem organ secara perlahan juga dapat merusak sistem saraf di sekitar otak sehingga gejala yang timbul tidak hanya berpusat pada kepala saja, tetapi juga dari beberapa anggota tubuh. Gejala yang dapat dirasakan antara lain:

  • Sulit berbicara
  • Nyeri kepala
  • Kebingungan
  • Sering lupa
  • Terasa kesemutan
  • Kesulitan berjalan
  • Mati rasa pada telapak tangan hingga kaki
  • Kesulitan mengangkat anggota tubuh
  • Hilang kesadaran hingga koma

Infark lakunar dalam jangka waktu yang lama dapat menimbukan stroke, salah satunya yaitu pure motor strokes. Kondisi ini menimbulkan rasa kelemahan pada satu sisi tubuh sehingga anggota tubuh sama sekali tidak dapat digerakkan. 

Pure motor stroke mencahkup bagian penting di dalam organ otak antara lin korona raidata, pons, kapsula interna, dan piramida medulla. Sistem saraf tidak lagi dapat mengaktifkan otot-otot pergerakan karena rusaknya aliran saraf.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Selain itu, pure sensory strokes memiliki konsep yang sama dengan sebelumnya, tetapi area yang tercakup adalah thalamus. Maka apabila terkena stroke ini maka mereka tidak dapat merasakan nyeri, suhu, sentuhan, tekanan, serta hilangnya respon panca indera seperti penglihata dan pendengaran. Kelainan ini hanya dirasakan pada satu sisi tubuh saja.

Diagnosis Infark Lakunar

Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk menentukan apakah seseorang dapat divonis mengalami Infark Lakunar. Pemeriksaan tersebut antara lain:

  • Pemeriksaan respon saraf sensori dan motorik
  • Pemindaian CT atau Computed Tomography
  • Pemindairan MRI (Magnetic Resonance Imaging untuk melihat lebih detil sumber penyumbatan pembuluh darah di otak
  • Doppler Ulrasound untuk mengukur aliran darah pada pembuluh darah

Tatalaksana Infark Lakunar

Tatalaksana utama pada Infark Lakunar yaitu membuka jalan bagi aliran darah, mencegah perburukan sistem organ, serta mencegah stroke. Pemberian aspirin sebagai tatalaksana awal di emergensi membantu mencegah resiko stroke. Obat lainnya juga bermanfaat untuk mencegah koagulasi atau pembekuan darah akibat penyumbatan. 

Apabila kondisi ini ditangani dengan cepat, persentase kehidupan dapat meningkat hampir 50%, keterlambatan pada penanganan dapat menyebabkan stroke yang memicu kerusakan otak secara permanen. Penanganan segera juga dapat memberikan peluang perbaikan aliran darah lebih cepat. Kondisi ini juga dapat memicu silent stroke dan menyebabkan kematian.

Selain terapi di rumah sakit, terapi lainnya seperti terapi bicara, terapi rehabilitasi dilakukan dengan latihan pergerakan muskular yang diperlukan  untuk memperbaiki sistem saraf sensori dan motorik agar dapat membaik paska pemulihan.

Aktivitas berat sebaiknya ditunda hingga kondisi benar-benar pulih agar mencegah terjadinya spasme otot dan trauma tulang akibat pergerakan otot belum maksimal.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit