Penyebab Menstruasi Pertama Terlambat Datang

Dipublish tanggal: Agu 31, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Okt 25, 2019 Waktu baca: 3 menit
Penyebab Menstruasi Pertama Terlambat Datang

Saat seorang anak gadis mendapatkan haid pertamanya, itu tandanya ia sudah puber dan memasuki usia remaja. Biasanya anak perempuan memperoleh menstruasi pertamanya ketika usia 10-15 tahun. 

Pada usia tersebut, ia juga akan mengalami gejala pubertas seperti tumbuhnya payudara serta rambut halus di area kemaluan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Penyebab menstruasi pertama terlambat datang

Sayangnya, ada beberapa penyebab mengapa menstruasi pertama terlambat datang. Apa sajakah itu? Mari kita simak detailnya berikut ini.

  • Stres berat

Ternyata stres berat dapat memperlambat datangnya menstruasi pertama. Bagi anak remaja, urusan PR hingga masalah keluarga atau dengan teman, bisa jadi penyebab utama stres.

  • Faktor genetik

Nah kalau yang satu ini mungkin agak sulit menanganinya. Bila dulunya, entah ibu atau anggota keluarga lain juga haid meski sudah berusia 15 tahun, maka itu bisa menurun pada anak. 

Pada umumnya, anak gadis akan mulai menstruasi 2-3 tahun setelah payudaranya mulai berkembang, dan 6-12 bulan setelah keluar cairan dari vaginanya. Semua gejala pubertas ini dapat muncul belakangan pada beberapa keluarga. 

  • Berat badan tidak ideal

Kondisi underweight (terlalu kurus) atau sebaliknya overweight (kegemukan) juga bisa jadi faktor penyebab datang bulan tak kunjung tiba. Alasannya karena berat badan memiliki dampak besar pada hormon kesuburan. 

Karena itu, tak heran kalau penderita gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia biasanya terlambat datang bulan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36
  • Olahraga ekstrim

Tak ada salahnya gemar berolahraga karena itu dapat menyehatkan tubuh dan juga mental. Tapi bila latihan dilakukan secara berlebihan, maka itu juga bisa memicu turunnya kadar lemak dan kalori sehingga lagi-lagi hormon kesuburan yang terkena imbasnya.

Konsumsi obat seperti antidepresan, alergi, tekanan darah tinggi, kanker, serta ramuan herbal seperti jamu misalnya, ternyata juga memiliki pengaruh besar terhadap hormon kesuburan. 

  • Kelainan fisik

Pada kasus yang jarang terjadi, penyebab haid terlambat datang juga dapat disebabkan karena adanya kelainan pada saluran reproduksi, baik itu vagina, ovarium, saluran tuba falopi, atau rahim. 

  • Penyakit tertentu

Beberapa gangguan kesehatan seperti di bawah ini juga dapat jadi tersangkanya:

  • Gangguan hipotalamus, atau kelenjar pituitari - keduanya bekerja bersama-sama untuk mengontrol hormon dalam tubuh
  • Sindrom ovarium polikistik - menyebabkan hormon tidak seimbang
  • Penyakit genetik seperti sindrom Fragile X, sindrom Turner, atau Sindrom Insensitivitas Androgen

Cara mengatasi haid pertama yang terlambat datang

Untungnya ada cara untuk mendorong agar datang bulan pertama segera datang, seperti misalnya:

  • Rutin olahraga tapi tidak berlebihan

Untuk anak gadis yang sebelumnya tidak aktif bergerak, sarankan agar ia mulai rutin berolahraga. Olahraga tak hanya baik untuk kesehatan fisik, namun juga dapat mengatasi stres pada anak. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Tapi jangan juga berlebihan melakukannya supaya aktivitas menyehatkan tersebut tidak jadi bumerang bagi hormon kesuburan.

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa terlalu kurus atau kegemukan itu ada efeknya. Karenanya, dorong buah hati agar mulai diet sehat atau mengonsumsi makanan bergizi supaya berat badannya kembali ideal.

Kalsium merupakan mineral yang bisa memperlancar datang bulan sekaligus mencegah nyeri haid. Jadi tak ada salahnya selalu menyediakan sumber kalsium rutin di atas meja makan seperti susu, yogurt, tahu, jus jeruk, hingga bayam.

  • Konsultasi sebelum memberikan obat/ ramuan herbal

Tanyakan pada dokter soal efek obat yang beliau resepkan untuk buah hati, apakah kira-kira itu bisa membuat siklus haidnya terganggu atau tidak. Selain itu, Anda juga disarankan berkonsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum memberikan jamu tertentu ke buah hati. 

  • Periksakan ke dokter

Bawalah anak ke dokter bila ia belum juga menstruasi padahal usianya sudah menginjak 16 tahun. Biarkan dokter melakukan pemeriksaan untuk mencari tahu apa penyebab haid pertama sampai tertunda. 

Hal terakhir yang perlu diketahui adalah, normal kalau kemudian datang bulan tiba-tiba berhenti beberapa bulan setelah menstruasi pertama. Biasanya siklus datang bulan akan normal dengan sendirinya dalam 2 tahun sejak haid pertama. 

25 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Stopped or missed periods. (2016). (https://www.nhs.uk/conditions/stopped-or-missed-periods/)
Shim U, et al. (2011). Long menstrual cycle is associated with type 2 diabetes mellitus in Korean women. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21977458)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app