Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR. VINA SETIAWAN
Seks dan Hubungan

Apa itu Masa Puber?

Dipublish tanggal: Mar 4, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 1, 2019 Waktu baca: 4 menit
Apa itu Masa Puber?

Apakah anak Anda atau Anda sendiri sudah memasuki masa puber? Bagaimana cara mengetahui seseorang telah atau sedang mengalami masa puber? Perlu Anda ketahui bahwa masa puber setiap anak akan berbeda-beda baik laki-laki maupun perempuan.

Ada anak yang mengalami masa puber lebih cepat, ada pula yang lambat mengalami masa pubernya. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh banyak faktor. Berikut artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai masa pubertas yang perlu Anda ketahui.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Apa itu Masa Puber?

Masa puber adalah periode di mana anak laki-laki atau perempuan yang sedang tumbuh menjalani proses pematangan seksual. 

Pubertas melibatkan serangkaian tahapan fisik atau langkah-langkah yang mengarah pada pencapaian kesuburan dan pengembangan karakteristik seks sekunder, ciri-ciri fisik yang berhubungan dengan pria dewasa dan wanita (seperti pertumbuhan rambut kemaluan). 

Sementara pubertas melibatkan serangkaian transformasi biologis atau fisik, proses ini juga dapat memiliki efek pada perkembangan psikososial dan emosional pada remaja.

Kapan terjadinya Masa Puber?

Pubertas adalah waktu dalam hidup ketika seorang anak laki-laki atau perempuan menjadi dewasa secara seksual. Ini adalah proses yang biasanya terjadi antara usia 10 dan 14 untuk anak perempuan dan usia 12 dan 16 untuk anak laki-laki. 

Proses ini menyebabkan perubahan fisik, dan mempengaruhi anak laki-laki dan perempuan secara berbeda.

Pada anak perempuan:

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku
  • Tanda pertama pubertas biasanya adalah perkembangan payudara.
  • Lalu rambut tumbuh di daerah kemaluan dan ketiak.
  • Menstruasi (atau menstruasi) biasanya terjadi terakhir.

Di anak laki-laki:

  • Pubertas biasanya dimulai dengan testis dan penis semakin membesar.
  • Lalu rambut tumbuh di daerah kemaluan dan ketiak.
  • Otot tumbuh, suara semakin dalam atau berubah, dan rambut wajah seperti kumis dan janggut berkembang saat pubertas berlanjut.

Anak laki-laki dan perempuan bisa terkena jerawat. Mereka juga biasanya mengalami percepatan pertumbuhan (peningkatan tinggi yang cepat) yang berlangsung selama sekitar 2 atau 3 tahun. Hal ini membawa mereka lebih dekat ke puncak tinggi dewasa mereka, yang mereka capai setelah pubertas.

Apa yang menentukan kapan dan penyebab Pubertas dimulai?

Penyebab munculnya pubertas adalah hormon yang dipengaruhi oleh hipofisis (pusat dari seluruh sistem kelenjar penghasil hormon tubuh). Berkat kerja hormon ini, remaja memasuki masa pubertas sehingga mulai muncul lah ciri-ciri kelamin sekunder yang dapat membedakan antara perempuan dan laki-laki.

Dengan kata lain, pubertas terjadi karena tubuh mulai memproduksi hormon-hormon seks sehingga alat reproduksi telah berfungsi dengan baik dan tubuh mengalami perubahan.

Hormon seks yang memengaruhi perubahan pada perempuan adalah hormon estrogen dan progesteron yang diproduksi di indung telur, sedangkan hormon pada laki-laki yang diproduksi oleh testis dinamakan hormon testosteron

Hormon-hormon tersebut ada di dalam darah dan memengaruhi alat-alat dalam tubuh sehingga terjadilah beberapa pertumbuhan.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Leptin, hormon yang diproduksi oleh sel-sel lemak (adipocytes) dalam tubuh, telah dianggap sebagai salah satu mediator yang mungkin memicu terjadinya waktu pubertas. Dalam penelitian, hewan percobaan yang kekurangan leptin tidak mengalami masa pubertas, tetapi masa pubertas dimulai ketika leptin diberikan kepada hewan yang lainya. 

Selanjutnya, anak perempuan dengan konsentrasi hormon leptin yang lebih tinggi diketahui memiliki persentase lemak tubuh yang meningkat dan sebagai pemicu terjadinya masa pubertas lebih awal dibandingkan anak perempuan dengan kadar leptin yang lebih rendah. 

Konsentrasi leptin dalam darah biasanya meningkat tepat sebelum masa pubertas pada anak laki-laki dan perempuan.

Hormon leptin mungkin hanya salah satu dari beberapa faktor hormon yang dipengaruhi oleh hipotalamus. Hipotalamus adalah area otak yang melepaskan hormon yang dikenal sebagai hormon gonadotropin-releasing (GnRH), yang pada gilirannya memberikan sinyal ke kelenjar pituitari untuk melepaskan hormon luteinizing (LH) dan folikel. -stimulating hormone (FSH). 

Sekresi LH dan FSH oleh hipofisis bertanggung jawab untuk perkembangan seksual.

Apa perubahan lain di tubuh yang terjadi selama masa Pubertas Pada Anak Laki-laki dan Perempuan?

"Percepatan pertumbuhan"

Peningkatan tinggi yang cepat, disebut sebagai percepatan pertumbuhan, biasanya menyertai masa pubertas. Peningkatan tinggi yang cepat ini biasanya berlangsung selama dua hingga tiga tahun. 

Sekitar 17% -18% dari tinggi dewasa dicapai saat pubertas. Percepatan pertumbuhan secara karakteristik terjadi lebih awal pada anak perempuan daripada anak laki-laki, dengan anak perempuan mengalami percepatan pertumbuhan sekitar dua tahun lebih awal dibandingkan dengan anak laki-laki. 

Pada anak perempuan, percepatan pertumbuhan biasanya mendahului awal permulaan terjadinya menstruasi.

Pertumbuhan tulang dan mineralisasi tulang

Masa pubertas disertai dengan pertumbuhan tulang dan peningkatan kepadatan tulang pada anak laki-laki dan perempuan. Pada anak perempuan, mineralisasi tulang (proses penempatan kalsium ke dalam jaringan tulang) memuncak sekitar waktu permulaan periode menstruasi, setelah waktu percepatan pertumbuhan.

Perubahan berat badan

Perubahan berat badan terjadi pada anak laki-laki dan perempuan. Perempuan mengembangkan proporsi lemak tubuh yang lebih besar daripada anak laki-laki, dengan redistribusi lemak ke arah bagian atas dan bawah tubuh, yang mengarah ke penampilan yang lebih berbentuk. 

Sementara anak laki-laki juga mengalami peningkatan pertumbuhan lemak tubuh, dan pertumbuhan otot mereka lebih cepat. Pada akhir masa pubertas, anak laki-laki memiliki massa otot sekitar satu setengah kali lebih besar daripada anak perempuan.

Perubahan emosi

Anak laki-laki dan perempuan dapat mengalami perubahan emosional selama masa pubertas. Perubahan ini tidak sama pada setiap remaja yang mengalami masa puber. Perubahan ini dapat terjadi dalam cara remaja merespons keluarga atau teman dan memandang dirinya sendiri. 

Banyak remaja mengalami perubahan suasana hati seperti kecemasan, kebingungan, dan kepekaan. Pubertas juga merupakan waktu di mana anak muda belajar tentang minat dan tujuan dirinya sendiri dan belajar untuk berhubungan dengan orang lain dengan cara yang lebih dewasa. 

Sementara beberapa perubahan emosional adalah sesuatu yang normal terjadi pada masa pubertas, penting untuk mencari pertolongan medis jika perubahan emosional ini menjadi lebih parah, mempengaruhi fungsi sehari-hari, atau merugikan diri sendiri atau orang lain.

Apa yang dimaksud dengan masa puber yang terjadi lebih awal atau lambat?

  • Pubertas sebelum waktunya
    Gejala pubertas sebelum waktunya mirip dengan tanda-tanda pubertas normal tetapi mereka bermanifestasi lebih awal biasanya sebelum usia 8 tahun pada anak perempuan dan sebelum usia 9 tahun pada anak laki-laki.
  • Pubertas Tertunda
    Pubertas yang tertunda ditandai dengan kurangnya pubertas dalam rentang usia normal.

Semoga setelah membaca artikel ini Anda atau orang tua bisa lebih mengerti mengenai perubahan yang terjadi pada diri atau anak-anak sebelum memasuki masa-masa pubertas.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Stages of Puberty Explained in Pictures. WebMD. (https://www.webmd.com/children/ss/slideshow-puberty-stages)
Puberty: Stages and first signs. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/327299.php)
Stages of Puberty: A Guide for Girls and Boys. Healthline. (https://www.healthline.com/health/parenting/stages-of-puberty)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit