Seks dan Hubungan

Menghadapi Haid Pertama

Dipublish tanggal: Feb 24, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Jul 16, 2019 Waktu baca: 3 menit
Menghadapi Haid Pertama

Bagi kebanyakan orang Indonesia, berbicara hal-hal yang menyangkut seksualitas, munngkin dianggap tabu. Banyak anak-anak perempuan yang tidak mengerti sama sekali tentang menstruasi

Saat menstruasi terjadi, mereka hanya bisa terkejut dan bahkan mencoba menyembunyikannya dari orang tua mereka. Padahal hal ini sangat wajar untuk dibicarakan oleh anak perempuan dengan ibunya. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Untuk itu, pengetahuan tentang menstruasi penting diberikan untuk anak-anak perempuan agar mereka dapat mempersiapkan diri mereka untuk menghadapi datang bulan untuk pertama kalinya. 

Jika seorang anak perempuan mengetahui apa yang akan terjadi pada dirinya selama masa transisi tersebut, ia akan lebih siap dan merasa tenang saat menstruasi terjadi untuk pertama kalinya. 

Jika Anda ingin mengetahui apa saja yang perlu dilakukan menjelang menstruasi untuk pertama kalinya, Anda datang ke tempat yang tepat. Untuk lebih jelasnya, mari luangkan waktu Anda sejenak untuk membaca artikel ini.

Apa yang harus dilakukan pada haid pertama Anda?

  • Berbicara dengan orang-orang terdekat Anda
  • Sediakan perlengkapan yang Anda butuhkan untuk menghadapi menstruasi
  • Kenali perubahan yang akan terjadi pada tubuh Anda
  • Mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk menghadapi datang bulan di kemudian hari

Bicaralah dengan ibu atau kakak perempuan Anda. Mereka mungkin dapat memberi Anda gambaran tentang tanda-tanda Anda mengalami datang bulan. 

Walaupun ibu atau kakak perempuan Anda tidak dapat mengetahui secara pasti kapan Anda akan mengalami datang bulan, tetapi seringkali para gadis mendapatkan haid pertama mereka di sekitar usia seperti yang dialami ibu atau saudara perempuan mereka.

Jika Anda tidak dapat berbicara dengan ibu atau kakak perempuan, bicaralah dengan perawat sekolah atau teman dekat Anda yang sudah pernah menstruasi.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Pada umumnya, seorang gadis akan mengalami haid untuk pertama kali pada usia 11-12 tahun, tetapi perkembangan tiap anak berbeda-beda. 

Walaupun pada banyak kasus, seorang anak pasti mengalami “kebocoran” saat menghadapi haid pertama mereka, penting untuk Anda mempersiapkan pembalut yang mungkin akan berguna jika pada saat yang tidak diduga, Anda mengalami menstruasi untuk pertama kali.

Menstruasi adalah tanda bahwa Anda akan memasuki masa-masa dewasa. Oleh karena itu, saat Anda mengalami menstruasi, Anda mungkin akan menyadari adanya perubahan pada tubuh Anda. Salah satu hal yang akan Anda sadari adalah perut kram dan puting payudara yang mengeras. 

Hal ini normal, karena hal ini terjadi karena pengaruh hormon saat Anda mengalami menstruasi dan akan hilang dengan sendirinya saat menstruasi selesai. Jika rasa sakit karena kram sangat mengganggu, Anda dapat mengompres perut bagian bawah Anda dengan air hangat untuk meringankan gejalanya.

Obat-obatan anti nyeri umumnya tidak diperlukan mengingat setiap obat memiliki efek sampingnya masing-masing, tetapi pada beberapa kasus yang parah, mungkin Anda dapat mengkonsumsi obat-obatan yang melancarkan haid dan mengurangi gejala yang ditimbulkannya.

Hal apa saja yang perlu dilakukan saat mengalami haid?

Nantinya, banyak sekali komplikasi yang akan ditimbulkan dari datang bulan. Mulai dari haid yang terlambat, hingga gejala anemia yang ditimbulkan. Oleh karena itu, beberapa hal harus dipersiapkan agar seorang anak mengerti kondisi mereka nantinya. Beberapa hal yang bisa mereka lakukan adalah

  • Mengurangi makanan dan minuman dingin
    Untuk meningkatkan sirkulasi darah di punggung bagian bawah dan perut bagian bawah, disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman dingin.
  • Mengkonsumsi suplemen penambah darah
    Pada beberapa orang dengan penyakit darah rendah, mereka akan merasa lemas sekali saat datang bulan. Untuk itu, suplemen penambah darah mungkin dibutuhkan untuk mengatasi gejala ini.
  • Mengkonsumsi suplemen zat besi
    Saat seseorang mengalami haid, maka akan terjadi kehilangan darah, hal ini akan memicu gejala anemia, khususnya anemia karena kekurangan zat besi. Oleh karena itu, suplemen zat besi mungkin diperlukan untuk memenuhi kebutuhan zat besi tubuh.
  • Hindari stres
    Jika ada masalah, diskusikan dengan kepala dingin.
  • Hubungi dokter 
    Jika Anda merasakan nyeri perut, sakit di payudara, atau merasa tidak nyaman selama haid.

Haid pertama anak adalah hal yang sangat penting, karena hal ini menjadi penanda masa transisi dari anak-anak menjadi dewasa. Perawatan kesehatan yang benar selama menstruasi pertamanya bisa memberikan dampak positif bagi kesehatannya di masa depan.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Debra Sullivan, PhD, MSN, RN, CNE, COI, Menstruation (https://www.healthline.com/health/facts-statistics-menstruation#1), 28 November 2018.
Cynthia Cobb, APRN, Menstruation (https://www.medicalnewstoday.com/articles/154699.php), 20 February 2018.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app