Menstruasi Tidak Teratur Penyebab,Gejala,dan Pengobatannya

Update terakhir: Mar 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 274.286 orang

Siklus Datang Bulan tidak lancar? ini penjelasannya!

Datang bulan memang sangat menyebalkan dan mengganggu, tetapi saat siklus datang bulan yang ditunggu tidak kunjung datang, bisa menyebabkan stres juga bagi para wanita. Siklus datang bulan yang tidak lancar bisa menjadi indikasi kesehatan reproduksi seorang wanita. Maka dari itu jika siklus menstruasi seseorang tidak teratur, kemungkinan seorang wanita tersebut memiliki masalah pada sistem reproduksinya.

Siklus menstruasi biasanya terjadi setiap 28-30 hari dan dalam satu siklus, biasanya menstruasi berlangsung selama 7 hari. Siklus menstruasi dikatakan tidak teratur, jika:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01
  • Siklus menstruasi tersebut terjadi setiap kurang dari 21 hari atau lebih dari 45 hari
  • Siklus menstruasi tidak terjadi dalam jenjang waktu 3 siklus berturut-turut
  • Siklus menstruasi berlangsung lebih dari 7 hari
  • Siklus menstruasi disertai dengan volume darah yang berlebih dan terasa nyeri yang lebih nyeri daripada siklus-siklus biasanya.

Penyebab terjadinya siklus menstruasi yang tidak teratur bervariasi dari masalah kesehatan mental seperti stres, kurang berat badan hingga penyakit serius yang mendasarinya. Jika Anda tidak mengalami datang bulan 3 bulan berturut-turut, segera pergi ke dokter ahli ginekologigt;untuk memeriksakan diri Anda dan memastikan bahwa masalah ini bukan disebabkan oleh faktor keganasan.

Tipe dan perbedaan siklus datang bulan yang tidak teratur

Jika Anda mendengar tentang siklus datang bulan yang tidak teratur, mungkin langsung terpikir oleh Anda bahwa gangguan yang dimaksud adalah telat datang bulan. Tetapi secara medis, siklus datang bulan yang tidak teratur tidak hanya telat datang bulan, siklus datang bulan yang tidak teratur bisa berupa :

  • Hypomenorrhea. Periode menstruasi yang ditandai dengangt;pendarahan yang terlalu sedikit. Terkadang seorang perempuan mengira ia tidak datang bulan, padahal sebenarnya ia hanya mengeluarkan sedikit pendarahan, sehingga ia tidak menyadarinya
  • Menorrhagia. Periode menstruasi yang disertai dengan pendarahan yang berat atau panjang. .Menoragia dapat menyebabkan masalah karena perdarahan berat dapat menyebabkan kekurangan zat besi, dan akhirnya menyebabkan anemia
  • Metrorrhagia. Perdarahan menstruasi yang sering terjadi, tetapi dengan interval yang tidak teratur
  • Menometrorrhagia. Periode menstruasi berkepanjangan yang terjadi pada interval yang tidak teratur. Kondisi ini merupakan kombinasi menorrhagia dan metrorrhagia
  • Oligomenore. Periode menstruasi yang jarang. Wanita dengan oligomenore memiliki kurang dari enam hingga delapan periode per tahun
  • Polymenorrhea. Periode menstruasi yang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah normal dari siklus menstruasi orang kebanyakan
  • Pendarahan pascamenopause. Pendarahan vagina yang terjadi lebih dari 12 bulan setelah siklus menstruasi terakhir

Apa yang menyebabkan periode datang bulan yang tidak teratur?

Pertama, menstruasi yang tidak teratur dapat disebabkan oleh penurunan ekstrim dalam indeks massa tubuh (BMI), sering dipicu oleh gangguan makan atau olahraga ekstrim.

Selanjutnya, stres dapat mempengaruhi siklus bulanan Anda. Stres karena akan menghadapi ujian mungkin tidak akan menyebabkan siklus datang bulan yang tidak teratur, tetapi stres yang signifikan dan berkepanjangan yang disebabkan oleh peristiwa seperti kematian, perceraian atau usaha yang bagkrut dalam kehidupan bisa mengakibatkan gangguan menstruasi.

Selain itu mungkin ada ketidakseimbangan hormon yang terjadi di dalam tubuh Anda. Hormon yang mengatur menstruasi Anda diproduksi di bagiangt;otak yang sama dengan hormon yang mengatur tiroid Anda, misalnya, sehingga siklus haid yang tidak teratur bisa disertai dengan masalah tiroid.

Ketidakseimbangan hormon lain yang diakibatkan oleh PCOS, atau sindrom ovarium polikistik. Ini adalah situasi di mana ovulasi jarang terjadi dan mungkin tidak sama sekali, Anda mengalami kerusakan hormonal,sehingga menyebabkan datang bulan yang tidak teratur.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Pada kondisi tertentu, peningkatan kadar prolaktin terjadi di dalam tubuh Anda,prolaktin adalah hormon yang biasanya mengendalikan produksi ASI. Peningkatan kadar prolaktin tanpa disertai dengan aktivitas menyusui bisa dipengaruhi oleh tumor ganas di otak yang menghasilkan hormon prolaktin berlebih.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan: Terkadang datang bulan yang tidak teratur dapat disebabkan oleh penggunaan obat-obatan Kontrasepsi seperti pil, implan, suntikan, dan IUD hormonal dapat membuat menstruasi menjadi sangat ringan atau membuatnya hilang sama sekali.

Yang perlu Anda ketahui adalah, apakah menstruasi yang tidak normal tersebut merupakan masalah yang harus diobati secara khusus atau tidak. Untuk mengetahui secara pasti kondisi apa yang terjadi pada diri Anda, segera pergi ke dokter untuk berkonsultasi apakah kondisi ini berbahay atau tidak.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

malam, kenapa mens saya lambat, apakah efek dr KB apa saya hamil?
Pertanyaan ini telah dijawab oleh seorang ahli medis

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit