Kesehatan Fisik

Kenali Pentingnya Hipotalamus bagi Tubuh

Dipublish tanggal: Okt 22, 2019 Update terakhir: Mei 18, 2020 Tinjau pada Nov 7, 2019 Waktu baca: 3 menit
Kenali Pentingnya Hipotalamus bagi Tubuh

Otak adalah salah satu bagian tubuh yang sangat vital dan memegang kendali luar biasa pada tubuh manusia. Jika seseorang mengalami masalah pada bagian otak, maka kesehatan dan berbagai fungsi tubuh lainnya akan melemah bahkan tidak berfungsi lagi. Otak terdiri dari berbagai bagian dan memiliki fungsinya masing-masing, salah satunya ialah Hipotalamus. 

Apa itu hipotalamus?

Hipotalamus adalah bagian otak yang bertugas untuk memastikan dan mempertahankan semua sistem tubuh manusia berjalan dengan baik dan stabil. Selain itu, hipotalamus juga berperan penting dalam mengeluarkan berbagai bahan kimia, termasuk hormon.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Hormon-hormon yang dihasilkan oleh hipotalamus adalah hormon yang dapat mengendalikan produksi hormon di kelenjar pitutari. Fungsi dari hormon ini sangat penting untuk mempertahankan kesehatan tubuh manusia. Apabila hipotalamus mengalami gangguan, maka hormon yang ada dalam tubuh juga akan ikut terganggu dan menyebabkan kondisi tubuh melemah. 

Apa fungsi hipotalamus?

Hipotalamus memang merupakan bagian otak yang berukuran sangat kecil. Meskipun demikian, fungsi yang dimilikinya sangat penting bagi tubuh.

Fungsi hipotalamus yang paling utama adalah mengontrol suhu tubuh, rasa haus, serta lapar. Selain itu, bagian otak ini juga mengambil peran penting dalam berbagai proses sistem tubuh. 

Hipotalumus ternyata juga memiliki hubungan yang erat untuk mengendalikan berbagai hal, diantaranya: 

  • Suasana hati
  • Denyut jantung 
  • Dorongan seks 
  • Kualitas tidur
  • Pelepasan hormon

Segala fungsi tersebut dilakukan oleh hipotalamus dengan bekerja sama dengan kelenjar pituitari. Kerja sama ini menghasilkan berbagai hormon yang bisa membuat tubuh bekerja lebih baik lagi. 

Hormon-hormon yang dihasilkan oleh hipotalamus

1. Hormon antidiuretik

Hormon pertama yang dihasilkan oleh hipotalamus ialah hormon antidiuretik. Hormon antidiuretik berfungsi untuk mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh, manusia termasuk volume darah. Kadar cairan yang terlalu sedikit maupun berlebih dapat membuattubuh manusia menjadi lemah. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

2. Hormon oksitosin

Hormon oksitosin berperan penting bagi manusia, terutama bagi ibu hamil dan menyusui karena mempengaruhi sistem reproduksi. Selain itu, hormon ini juga mampu mengendalikan rasa cemas serta membangun hubungan dan ikatan emosi ibu dan bayi dalam proses menyusui.

3. Somatostatin

Hormon somatostatin adalah hormon yang sangat penting karena bekerja di sistem pusat saraf. Fungsi hormon somatostatin adalah untuk menghambat dan membatasi produksi hormon lain yang ada dalam tubuh. 

Somastostatin juga mengatur produksi hormon pertumbuhan dan TSH. 

4. Hormon pelepas hormon pertumbuhan 

Hormon yang dikenal dengan growth hormone-releasing hormone atau GHRH ini adalah hormon yang sangat penting bagi manusia, terutama dalam masa pertumbuhan. Hormon ini juga sangat penting bagi metabolisme orang dewasa serta merangsang pelepasan hormon pertumbuhan. 

5. Hormon pelepas gonadotropin (GRH)

Gonadotropin-releasing hormone atau GRH adalah hormon yang berfungsi untuk melepaskan hormon yang berkaitan dengan fungsi reproduksi, seperti pematangan organ seksual dan juga pubertas

6. Hormon pelepas kortikotropin

Hormon ini berfungsi untuk mengontrol respon tubuh saat mengalami stres fisik maupun emosional. Selain itu, hormon pelepas kortikotropin juga bertanggung jawab untuk menekan kecemasan dan mengontrol nafsu makan. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Baca Juga: Fungsi Dopamin, Efek Kekurangan dan Kelebihan

Gejala gangguan fungsi hipotalamus

Sama seperti bagian tubuh lainnya, hipotalamus juga bisa terganggu atau menurun fungsinya. Hal ini disebut dengan disfungsi hipotalamus.

Penyebab disfungsi hipotalamus bisa karena berbagai hal, diantaranya cedera kepala yang berat, radiasi, tumor otak, dan kanker otak. Selain itu, beberapa hal ini juga dapat menurunkan fungsi hipotalamus, antara lain: 

Gangguan pada hipotalamus terjadi ketika hormon yang diproduksi melebihi batas normal atau terdapat gangguan komunikasi pada sel otak. Oleh karena itulah, hipotalamus harus dijaga agar kondisi tubuh Anda dapat bekerja dengan baik. Jika Anda mengalami gangguan pada kepala maupun saraf, segera hubungi dokter.

Kunci terpenting untuk menjaga pikiran ialah dengan mengonsumsi makanan sehat, terutama yang mengandung asam lemak omega-3, dan latihan fisik. Mendengarkan musik dan bersosialisasi juga bisa membuat Anda bisa menjadi lebih sehat dan otak Anda bekerja lebih baik. 

Baca Juga: 6 Cara Jitu Menjaga Kesehatan Otak

28 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app