Makanan dan Diet Sehat

Manfaat Sayur Bayam (Spinach) Yang Terbukti Secara Ilmiah

Update terakhir: Mar 20, 2019 Waktu baca: 8 menit
Telah dibaca 949.609 orang

Anda pasti tidak asing dengan tokoh animasi Popeye yang selalu mengonsumsi bayam untuk membangun otot-ototnya. Hal tersebut ternyata benar adanya, karena ada banyak sekali manfaat sayur bayam untuk kesehatan kita, mulai dari kesehatan tubuh, kulit, hingga rambut.

Bayam merupakan sayuran hijau yang sangat familiar di Indonesia. Tak heran, karena sayur bayam sangat mudah didapat dan ditemukan di pasar tradisional maupun modern. Sayuran yang dikenal kaya akan zat besi dan vitamin ini juga sangat digemari oleh semua kalangan baik tua maupun muda.

Ternyata, tidak hanya rasanya yang lezat, berbagai manfaat sayur bayam juga sangat baik untuk kesehatan kita. Namun, sebelum kita mengetahui berbagai manfaat sayur bayam yang menakjubkan, sebaiknya kita ketahui dulu berbagai kandungan vitamin dan nutrisi yang ada di dalamnya.

Nilai Gizi dan Kandungan Sayur Bayam

Bayam (Amaranthus spp.) merupakan salah satu jenis tanaman yang dikonsumsi sebagai sayuran hijau. Tanaman ini berasal dari Amerika, namun sekarang sudah tersebar di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Sayuran hijau ini merupakan golongan tanaman sehat. Selain kaya akan zat besi, bayam juga merupakan salah satu sumber utama pigmen, vitamin, mineral dan fitonutrien.

Manfaat sayur bayam dalam rangka untuk menjaga kesehatan tentunya tidak terlepas dari kandungan zat-zat nutrisi yang terdapat di dalamnya. Dalam 100 gram bayam setidaknya terkandung beberapa zat gizi serta nutrisi sebagaimana dijelaskan dalam tabel berikut :

Prinsip Nilai Gizi Persentase RDA
Energi 23 Kcal 1%
Karbohidrat 3,63 g 3%
Protein 2,86 g 5%
Lemak total 0,39 g 1,5%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat makanan 2.2 g 6%
VITAMIN
Folat 194 mcg 48,5%
Niasin 0,724 mg 4,5%
Asam pantotenat 0,065 mg 1%
Piridoksin 0,199 mg 15%
Riboflavin 0,199 mg 14,5%
Thiamin 0,078 mg 6,5%
Vitamin A 9377 IU 312%
Vitamin C 28,1 mg 47%
Vitamin E 2,03 mg 13,5%
Vitamin K 482,9 mg 402%
ELEKTROLIT
Sodium 79 mg 5%
Kalium 558 mg 12%
MINERAL
Kalsium 99 mg 10%
Tembaga 0.130 mg 14%
Besi 2,71 mg 34%
Magnesium 79 mg 20%
Mangan 0,897 mg 39%
Seng 0,53 mg 5%
PHYTO-NUTRISI
Carotene-ß 5626 mcg -
Crypto-xanthin-ß 0 mcg -
Lutein-zeaxanthin 12198 mcg -

(Sumber: USDA National Nutrient database)

Manfaat Sayur Bayam untuk Kesehatan

Berdasarkan kandungan nutrisi dalam sayur bayam yang tertera pada tabel serta didasarkan pada pengalaman orang yang telah mengonsumsinya, maka dapat dirumuskan beberapa manfaat buah sayur bayam sebagai berikut:

1. Menurunkan Berat Badan

Sayur bayam bermanfaat dalam menurunkan berat badan karena rendah kalori dan lemak. Selain bergizi, sayur bayam juga mengandung serat makanan yang larut dalam lemak.

Serat makanan tersebut membantu proses pencernaan, mencegah sembelit, menjaga gula darah normal, dan mengurangi nafsu makan berlebih. Itulah sebabnya, sayur bayam sering dianjurkan sebagai menu untuk diet menurunkan berat badan.

2. Mencegah Kanker

Manfaat sayur bayam yang sangat menakjubkan adalah mampu mencegah penyakit kanker. Siapa sangka? bahwa sayuran hijau ini mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Hal tersebut dikarenakan, bayam mengandung banyak flavonoid dan fitonutrien yang memiliki sifat anti-kanker. Terlebih lagi, bayam terbukti efektif untuk mencegah terjadinya kanker prostat yang agresif.

Baca juga: Makanan Pencegah Kanker Serviks

3. Baik untuk Kesehatan Mata

Manfaat sayur bayam tidak hanya berguna bagi penderita kanker, tetapi juga bagi penderita gangguan penglihatan. Bayam mengandung banyak antioksidan , lutein, dan  zeaxanthin yang berfungsi melindungi mata dari katarak dan degenerasi makula terkait usia (ARMD).

Zeaxanthin  adalah karotenoid penting yang diserap ke dalam makula lutea retina di mata dan berfungsi menyaring cahaya yang masuk ke mata. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin A yang mampu menjaga selaput lendir agar tetap sehat dan penting untuk menjaga penglihatan tetap normal.

4. Menjaga Kesehatan Tulang 

Bayam mengandung 482,9 mg vitamin K yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Semangkuk sayur bayam menyediakan sekitar 1000% RDA vitamin K yang menurunkan dan mengendalikan Osteoklas atau sel yang dapat mengikis struktur tulang dalam waktu singkat.

Vitamin K juga mendorong sintesis osteocalcin, yaitu protein penting yang berfungsi menjaga kekuatan dan kepadatan tulang.

Bagi Anda yang memiliki hipersensitif atau alergi susu, bayam merupakan makanan pengganti susu yang sangat baik karena dapat memenuhi kebutuhan kalsium tubuh yang didapat dari susu dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Sayur bayam juga merupakan menu makanan yang penting bagi vegetaraian karena membantu membangun jaringan otot serta meningkatkan pertumbuhan kolagen.

Baca juga: Penyebab kanker tulang yang perlu diwaspadai

5. Mengatasi Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit ginjal, penyakit jantung, dan stroke. Mengonsumsi sayur bayam bermanfaat dalam menurunkan hipertensi karena beberapa nutrisi pada bayam memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan kadar Na- K dengan menurunkan kadar Kalium (potassium) dalam tubuh.

Kandungan vitamin C nya  juga berperan penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, mengonsumsi sayur bayam juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

6. Membuat Tubuh dan Pikiran Rileks

Manfaat sayur bayam yang selanjutnya adalah dapat membuat tubuh dan pikiran tetap rileks sehingga terhindar dari stres. Hal tersebut dikarenakan, bayam banyak mengandung magnesium dan zinc.

Kandungan tersebut membantu Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dengan membuat tidur lebih nyenyak di malam hari. Dengan kualitas tidur yang baik, maka akan membuat tubuh Anda terhindar dari kelelahan.

Selain itu, magnesium juga membantu mengembalikan energi tubuh yang hilang dengan cepat, sehingga membuat tubuh Anda lebih bersemangat.

7. Meningkatkan Kesehatan Gastrointestinal

Banyak mengonsumsi bayam dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan gastrointestinal. Kandungan beta-karoten dan vitamin C yang terdapat di dalamnya mampu melindungi sel-sel usus besar dari serangan radikal bebas yang berbahaya.

Selain itu, kandungan asam folat juga mampu mencegah kerusakan DNA dan mutasi pada sel usus besar.

8. Mempertahankan Fungsi Otak

Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, manfaat sayur bayam juga dapat membantu mempertahankan fungsi otak, khususnya pada lansia. Dengan mengonsumsi bayam setiap hari dapat membantu otak Anda tetap aktif, sehingga dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Bayam mengandung asam folat, vitamin K, dan vitamin C yang membantu dalam memodulasi produksi hormon sistem saraf. Vitamin K meningkatkan sistem saraf dan fungsi otak dengan memfasilitasi sintesis sphingolipid, yaitu lemak penting yang membentuk selubung Myelin di sekitar saraf manusia.

Dengan demikian, bayam juga dapat bermanfaat untuk memperbaiki masalah yang berhubungan dengan perilaku dan kognitif.

9. Pencegahan Aterosklerosis dan Serangan Jantung

Penumpukan lemak yang berlebihan dapat menyebabkan penebalan dinding arteri manusia sehingga terjadi aterosklerosis bahkan serangan jantung. Namun, Anda dapat mencegah terjadinya kondisi medis tersebut dengan mengonsumsi sayur bayam.

Bayam mengandung banyak Lutein yang mencegah penebalan dinding arteri, sehingga mengurangi risiko serangan jantung. Selain itu, bayam juga mengandung nitrit berkualitas tinggi yang tidak hanya membantu dalam mencegah serangan jantung, tetapi juga menyembuhkan penyakit jantung yang berhubungan dengan pengendapan lemak.

10. Menurunkan Tekanan Darah

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa manfaat sayur bayam dapat membantu mengatasi hipertensi dan menurunkan tekanan darah. Hal tersebut dikarenakan, kandungan peptida yang terdapat dalam bayam dapat menghambat enzim angiotensin I-converting sehingga efektif menurunkan tekanan darah.

11. Memiliki Sifat Anti-inflamasi

Sayur bayam mengandung Neoxanthin dan violaxanthin, dua anti-inflammatory epoxyxanthophylls yang mengatur peradangan. Itulah sebabnya, manfaat sayur bayam dapat mencegah penyakit inflamasi seperti artritis, osteoporosis, sakit kepala migrain, dan asma.

12. Mencegah Pengapuran

Bayam mengandung banyak vitamin K, sehingga wajar saja apabila sayuran ini dapat membantu mencegah terjadinya pengapuran.

Hal ini dikarenakan vitamin K merupakan komponen penting dalam proses karboksilasi yang menghasilkan protein GLA matriks. Protein ini secara langsung mencegah terbentuknya kalsium di jaringan, sehingga mencegah penyakit aterosklerosis, kardiovaskular, dan stroke.

Baca juga: Osteoarthritis: Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

13. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat sayur bayam juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal itu dikarenakan, bayam mengandung banyak vitamin A yang dapat melindungi dan memperkuat bagian-bagian yang rentan terkena infeksi seperti selaput lendir, saluran pernafasan, dan saluran kemih.

Vitamin A juga melindungi usus yang menjadi komponen kunci limfosit (sel darah putih).

14. Mencegah Anemia

Sering mengonsumsi bayam dapat membantu Anda mencegah penyakit anemia, karena bayam banyak mengandung zat besi. Mineral ini sangat penting bagi wanita yang sedang menstruasi, anak-anak dan remaja yang sedang tumbuh.

Zat besi juga dibutuhkan tubuh untuk energi karena merupakan komponen hemoglobin yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, mengonsumsi sayur bayam jauh lebih baik daripada daging merah, karena lebih rendah kalori dan juga bebas kolesterol serta lemak jahat.

 15. Mengatasi Jerawat

Manfaat sayur bayam juga berkhasiat untuk kesehatan kulit Anda. Semua orang pasti menginginkan kulit yang sehat dan cerah. Sayur bayam sangat baik untuk kesehatan kulit karena mengandung banyak vitamin penting seperti Vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Salah satu masalah kulit yang dapat diatasi dengan menggunakan bayam adalah jerawat. Cara menggunakannya pun sangat mudah, cukup dengan mencampurkan bayam dengan sedikit air, aduk hingga menjadi seperti masker dan oleskan pada wajah, lalu diamkan selama 20 menit.

Hal tersebut akan membantu menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit serta membuat kulit segar dan meremajakannya dari dalam.

Anda juga dapat meminum jus sayuran dengan mencampurkan ½ tomat, ¼ timun, 1 wortel, 1 seledri, ½ paprika merah, ½ cangkir kubis, 1 bawang hijau, dan bayam. Minumlah jus tersebut setiap hari mengobati dan mencegah timbulnya jerawat.

Baca juga: Cara membuat masker lidah buaya untuk kulit berjerawat

16. Melindungi dari Sinar UV

Manfaat sayur bayam lainnya adalah mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Hal tersebut dikarenakan bayam kaya akan vitamin B sehingga mampu melindungi kulit dari bahaya sinar ultra violet yang dapat menyebabkan kanker kulit dan penuaan dini.

17. Sebagai Anti-Aging

Bayam mengandung banyak sekali antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas di tubuh Anda. Radikal bebas dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini. Dengan sering mengonsumsi bayam, maka akan menjaga memperlambat degenerasi kulit sehingga membuat kulit Anda terlihat lebih muda.

18. Menghilangakan Noda Hitam dan Bekas Jerawat

Manfaat sayur bayam bagi kesehatan kulit selanjutnya adalah dapat membantu menghilangkan noda hitam dan bekas jerawat. Adanya noda hitam dan bekas jerawat pada kulit terkadang menurunkan rasa percaya diri.

Sayur bayam kaya akan vitamin K dan folat yang dapat menghilangkan noda hitam dan bekas jerawat. Kandungan vitamin dan mineral tersebut juga membantu mengatasi masalah kulit lainnya seperti kulit gatal. kering, dan kusam.

19. Mencerahkan Kulit

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, sayur bayam merupakan sumber vitamin A dan vitamin C. Vitamin A berfungsi meningkatkan kecerahan kulit, sedangkan vitamin C berperan penting dalam perbaikan serta pertumbuhan sel kulit.

Selain itu, antioksidan dan nutrisi yang terkandung pada bayam juga dapat mengeluarkan sel mati pada kulit sehingga membuat kulit terlihat lebih bercahaya.

20. Meningkatkan Kesuburan Rambut

Selain kesehatan tubuh dan kulit, ternyata manfaat sayur bayam juga berguna bagi kesehatan rambut. Hal itu dikarenakan, bayam mengandung banyak nutrisi dan antioksidan penting yang membnatu meningkatkan kesehatan rambut.

Kandungan vitamin B, C, dan E, serta nutrisi penting seperti kalium, kalsium, zat besi, magnesium, dan asam lemak omega-3 sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pertumbuhan dan menjaga kesehatan rambut.

Selain itu, zat besi juga membantu sel darah merah dalam membawa oksigen ke folikel rambut yang penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat.

21. Mengurangi Rambut Rontok

Rambut rontok sering disebabkan karena kekurangan zat besi. Mineral tersebut mampu memperkuat helai rambut dengan membantu sel darah membawa oksigen ke folikel rambut. Kekurangan zat besi juga dapat menyebabkan anemia yang berakibat pada kerontokan rambut.

Bayam mengandung zat besi yang tinggi untuk membantu mengurangi rambut rontok. Selain itu, kandungan folat dalam sayur bayam membantu pembentukan sel darah merah.

So, bagi Anda yang tidak suka memakan sayuran terutama sayur bayam, kini saatnya bagi Anda untuk meninggalkan kebiasaan tersebut, karena ada banyak sekali manfaat sayur bayam yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya sesering mungkin.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit