Pembengkakan Kelenjar Getah Bening- Definisi, Gejala dan Pengobatan

Update terakhir: Mar 6, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 920.447 orang

Apa itu Pembengkakan Kelenjar Getah Bening?

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening (KGB), biasa dikenal juga dengan Lymphadenopathy. Pembengkakan KGB adalah ketika kelenjar ini mengalami pembesaran karena reaksi terhadap sel imun yang dihasilkan. 

Kelenjar getah bening ini juga berfungsi sebagai salah satu sistem kekebalan tubuh manusia, yang apabila ada suatu infeksi masuk ke dalam tubuh kita, maka KGB ini akan membesar, dan sekaligus memberi tanda kepada kita akan adanya infeksi yang masuk. Apabila infeksi tersebut sudah diatasi serta tubuh kita alami pemulihan, maka seiring berjalannya juga pembengkakan dari KGB akan mereda. 

Pada umumnya, pembengkakan dari kelenjar getah bening ini dapat ditemui pada bagian bawah dagu, leher,gt;ketiak, dan pangkal paha. Namun, perlu diketahui bahwa sebenarnya kelenjar ini ada di seluruh tubuh kita.

Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Kondisi dari pembengkakan KGB ini biasanya terkait dengan adanya infeksi bakteri atau infeksi virus pada tubuh manusia. Ada beberapa kasus kesehatan terkait dari kondisi pembengkakan KGB, yaitu:
Radang amandel
Infeksi telinga
Infeksi area gigi
Selulitis
Demam kelenjar (Mononukleosus)
Campak
Penyakit autoimun seperti lupus, rheumatoid arthritis
Tuberkulosis
Sarcoidosis
Rubella
Kanker (kanker nasofaring)
HIV – AIDS
Toxoplasmosis
Pilek dan pengaruh obat-obatan 

Pembengkakan KGB yang terkait dengan suatu keganasan, biasanya muncul secara perlahan – lahan, dan tidak terlihat mengempis, kelenjar dapat sangat keras saat diraba, namun tidak ada nyeri pada suatu penekanan. Umumnya pun, dapat disertai adanya tanda dan gejala yang mengarah pada suatu keganasan, mulai dari penurunan berat badan, keringat malam hari muncul padahal udara sekitar tidak panas, misalnya pada kasus limfoma non-Hodgkin.

Tanda dan Gejala Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Perlu diketahui, tanda dan gejala yang dapat timbul dari pembengkakan KGB biasanya terkait dengan adanya suatu sumber penyebab terjadinya suatu pembengkakan itu sendiri. Tanda dan gejala kondisi ini secara umum antara lainnya, seperti:
Teraba adanya pembengkakan yang berukuran kacang polong atau kacang merah, atau bahkan lebih besar lagi, kondisi seperti ini juga dapat menyebabkan komplikasi seperti gangguan depresi bagi penderitanya, dan bisa juga menimbulkan permasalahan dalam sosialisasi dengan lingkungan dan masyarakat sekitarnya, serta isolasi sosial terkait dengan kondisinya.
Sakit tenggorokan
Hidung berair
Demam, pilek
Berkeringat malam hari, penurunan berat badan 
Dapat muncul juga gangguan kekebalan tubuh manusia
Bisa saja menimbulkan suatu kondisi sulit bernapas karena besarnya pembengkakan menekan area sekitar leher terkait jalan napas

Tanda dan gejala yang dirasakan terkait pembengkakan KGB ini masuk ke dalam suatu pemeriksaan anamnesa. Pemeriksaan anamnesa sendiri bersifat subjektif, yaitu hanya pasien yang dapat merasakannya. Sehingga, dalam penegakkan suatu diagnosa tetap memerlukan pemeriksaan bersifat objektif, yaitu berdasarkan hasil pemeriksaan dan bukti nyata keterkaitan tanda – gejala dengan penilaian dokter, adalah dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang terkait.

Pemeriksaan Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Pembengkakan KGB merupakan kondisi yang harus diperiksakan secara langsung ke dokter untuk dapat memastikan apakah sumber penyebab penyakit yang mendasarinya. 

Berikut adalah beberapa pemeriksaan yang mungkin dapat dilakukan seorang dokter bila Anda mengalami kondisi pembengkakan KGB ini, yaitu:
Pemeriksaan fisik. Pemeriksaan fisik yang biasa dilakukan adalah tanda – tanda vital, termasuk pemeriksaan fisik terkait benjolan, yaitu keras atau lembek, kecil atau besar, dapat bergeser atau tidak dapat digeser, apakah bergerak bersamaan dengan menelan, apakah saat dilakukan auskultasi terdengan bruit, dan apakah terasa sakit atau tidak sakit.
Pemeriksaan darah rutin. Pemeriksaan ini berguna dalam membantu mencari sumber penyebab pembengkakan KGB serta menganalisa kesehatan pasien secara keseluruhan.
Computerized tomography (CT) scan, Magnetic resonance imaging (MRI). Bertujuan untuk dapat membantu mencari lokasi pembengkakan dari KGB.
Lymph node biopsy. Pemeriksaan ini mungkin saja direkomendasikan. Yaitu dengan cara pengambilan sample dari sebagian atau keseluruhan bagian nodus limfa untuk pemeriksaan mikroskopik.

Anda tidak perlu khawatir dulu mengenai pemeriksaan apa dan mana sajakah yang akan dijalani. Tentunya, pemeriksaan yang nantinya direkomendasikan pada saat pemeriksaan langsung dengan dokter akan disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Pengobatan Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Pengobatan kondisi pembengkakan KGB biasanya disesuaikan juga dengan kondisi dasar yang menyebabkan timbulnya suatu pembengkakan, jenis kasusnya, serta disesuaikan juga dengan tingkat keparahan dari sumber penyebab tersebut. Contohnya, bila pembengkakan disebabkan oleh suatu infeksi dari bakteri, maka biasanya dokter akan meresepkan obat antibiotik untuk Anda. 

Bila disebabkan oleh suatu keganasan / kanker, maka penganjuran melakukan kemoterapi, operasi, dan terapi radiasi bisa saja dilakukan. Namun, sebenarnya pembengkakan dari KGB ini dapat sembuh dengan sendirinya, bilamana sumber penyebab dari terjadi kondisi ini masih tergolong kasus ringan, seperti pilek, atau mononukleosus.

Pencegahan Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Belum ditemukan suatu cara pencegahan untuk mencegah pembengkakan kelenjar getah bening. Hanya saja, bagi para penderita kondisi ini, sebaiknya perlu memperhatikan:
Bila KGB dirasa mengeras saat ditekan.
Adanya demam terus menerus.
Selalu berkeringat malam hari.
Penurunan berat badan drastis.
Nyeri tenggorokan hingga sulit untuk menelan atau bahkan bernapas.
KGB membengkak tanpa adanya sebab yang jelas.
Kelemahan tubuh terus menerus.

Jangan ragu untuk menemui dokter atau rumah sakit terdekat jika kondisi tidak membaik atau menyebabkan rasa ketidak-nyamanan dalam diri Anda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit